PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENGETAHUAN SOSIAL DI TAMAN KANAK-KANAK

Isi Artikel Utama

Endah hendarwati

Abstrak

Endah Hendarwati

1Dosen Program Studi Pendidikan Guru PAUD- FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya

  email: endah_hen@yahoo.com

 

ABSTRAK

 

Tahapan berpikir pada anak usia dini adalah tahap berpikir konkrit. Anak usia dini lebih mudah memahami suatu situasi dan materi secara konkrit. Demikian juga dengan pembelajaran pengetahuan sosial di Taman Kanak-Kanak harus dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat konkrit.Pengetahuan sosial  di Taman kanak-kanak  merupakan penyederhanaan, adaptasi, seleksi, dan modifikasi disiplin ilmu-ilmu sosial. Materi pengetahuan sosial diambil atau dipilih dari bagian konsep-konsep ilmu-ilmu sosial yang telah disederhanakan, disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan usia anak. Oleh karena itu pembelajaran Pengetahuan Sosial pada di Taman Kanak-Kanak harus menggunakan media sesuai dengan tema dan agar anak dapat mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dengan media anak juga dapat menghubungkan berbagai situasi yang berkaitan dengan Pengetahuan Sosial.

 

Kata Kunci: Media, Pengetahuan Sosial, Taman Kanak-kanak

 

ABSTRACT

Stages of thinking in early childhood are the stage of concrete thinking. Early childhood is easier to understand a situation and in a concrete material. As well as social science learning in kindergarten must be associated with things that are concrete. Social knowledge in kindergarten is a simplification, adaptation, selection, and modification of the social sciences disciplines. The material was taken or selected social knowledge of the concepts of the social sciences that have been simplified, adapted to the rate of growth and development of the child's age. herefore, the Social Sciences learning in kindergarten must be used in accordance with the theme and the media so that children can easily understand the material presented by the teacher. Using the child media can also connect a variety of situations related to Social Sciences.

 

Keywords: Media, Social Science, Kindergarten

Rincian Artikel

Referensi

  1. Anitah,Sri.2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
  2. Arief Sadiman, Dkk.2009. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  3. Arikunto, Suharsimi, 1988. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta. Depdikbud
  4. Biggs, John B & Telfer, Roos. 1987. The Process of Learning.Sydney. Prentice-Hall of Australia Pty Ltd.
  5. Bloom, Benjamin S., et. Al. 1961. Evaluation to Improve Learning. New York.Inc., Graw-Hill Book Company.
  6. Dick, carey, 1990. The Systematic Design of Instruction. United State of America,
  7. Dientje Boman Rumampak. 1998. Media Instrusional IPS. Jakarta. Depdikbud Dirjen Dikti. PPLPTK.
  8. Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
  9. Sholihatin, Dkk. 2008. Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta. Bumi Akasara.