EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 06 SURABAYA

Isi Artikel Utama

Indra indra

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan sosial anak melalui Ekstrakurikuler Tapak Suci di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal 06 Surabaya. Penelitian dalam tugas akhir ini menggunakan penelitian kualitatif. Yang menjadi subjek dalam penelitian adalah anak-anak TK Aisyiyah 06 Surabaya dan guru kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian yang telah dilakukan di TK Aisyiyah 06 Surabaya mengenai ekstrakurikuler tapak suci yang telah di amati dan di emplementasikan oleh peneliti dapat menghasilakan adanya peningkatatan kemampuan sosial anak dengan adanya ekstrakurikuler tapak suci dapat meningkatkan kemampuan sosial anak. Tapak suci juga merupakan salah satu ekstrakurikuler yang di emplementasikan oleh peneliti sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler guna meningkatkan kemampuan sosial anak di TK Aisyiyah 06 Surabaya tersebut. 

This study aimed to determine the social abilities of children through the Tapak Suci extracurricular at Aisyiyah Bustanul Atfhal Kindergarten 06 Surabaya. This final project research used a qualitative method with the children at Aisyiyah Kindergarten 06 Surabaya and their classroom teachers as the subject. The data collection was by observation, documentation, and interviews. The data validity was examined by source and technique triangulation. The research resulted in an increase in childrens social abilities with the presence of the Tapak Suci extracurricular that can improve childrens social skills. Tapak Suci is one of the extracurricular activities was implemented by researchers to increase childrens social ability at TK Aisyiyah 06 Surabaya.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Abidin, R. (n.d.). PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MEMALUI METODE BERMAIN PERAN DRAMA PADA SISWA KELOMPOK B DI TK AISYIYAH
  2. BUSTANUL ATHFAL 58 SURABAYA. In Jurnal Pedagogi (Vol. 2, Issue 3).
  3. Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
  4. Fakultas, E. M., Tarbiyah, I., Keguruan, D., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2018). Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). In Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Vol. 3, Issue 2).
  5. Henricus Suparlan, Marce, T. D., Purbonuswanto, W., Sumarmo, U., Syaikhudin, A., Andiyanto, T., Imam Gunawan,
  6. Yusuf, A., Nik Din, N. M. M., Abd Wahid, N., Abd Rahman, N., Osman, K., Nik Din, N. M. M., Pendidikan, I., Koerniantono2, M. E. K., Jannah, F., Stmik, S., Tangerang, R., No, J. S., … Supendi, P. (2015). METODE PENELITIAN KUALITATIF. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 59–70. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/sls/article/viewFile/1380/1342%0Ahttp://mpsi.umm.ac.id/files/file/55-58 Berliana Henu Cahyani.pdf
  7. Hidayat, B., Kuswono, K., Agustono, R., & Hartati, U. (2020). TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal Tertua Dan Terbaik di Provinsi Lampung: Sebuah Tinjauan Awal. HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 7(2), 215. https://doi.org/10.24127/hj.v7i2.2228
  8. Iii, B. A. B. (2002). Jurnalmetode Penelitina Kualitatif. 50–61.
  9. Izza, H. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 951. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483
  10. Mulyani, N. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 3(1), 133–147. https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i1.1013
  11. Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184
  12. Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.
  13. RIZQINA, A. L. (2020). Manajemen
  14. Ekstrakurikuler Pada Peserta Didik Di Paud It Alhamdulillah Yogyakarta. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 116–123. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i1.214
  15. Rohayati, T. (2018). Pengembangan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Cakrawala
  16. Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 131–137. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10392
  17. Strauss, A., & Corbin, J. (2007). Teknologi, Badan Pengkajian dan Penerapan. Pengolahan Air Limbah Domestik Individual Atau Semi Komunal, 189–232.
  18. Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong Tugas Resume Ujian Akhir Semester (UAS). INA-Rxiv, 1–22