MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI MEDIA PAPAN TEMPEL "EMOTIONAL CHECK UP" UNTUK ANAK KELOMPOK A TK ABA 39 MALANG

Isi Artikel Utama

Neny Wargiantiningsih
Usep Kustiawan
Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak melalui media papan tempel "Emotional Check Up" untuk anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Malang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK ABA 39 Malang sejumlah 20 orang Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media papan tempel "Emotional Check Up" dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK ABA 39 Malang, yang sebelum kegiatan penggunaan media papan tempel "Emotional Check Up" dilaksanakan nilai rata-rata kemampuan sosial emosional anak sebesar 42,19% dan setelah melakukan kegiatan dengan media papan tempel "Emotional Check Up" mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 82,81%.

Kata kunci: Sosial emosional, Media papan tempel "Emotional Check Up", Anak kelompok A.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Agustina, N. 2018. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.
  2. Al-Faruq, S. S., & Sukatin. 2020. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Deepublish.
  3. Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Ayuningtyas, M., & Simatupang, N. D. 2022. Pengembangan Alat Permainan Edukatif Sospoly (Sosem Monopoli) Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Cikal Cendekia, 2(2), 12–23.
  5. Dewi, K. 2017. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. UIN Raden Fatah Palembang, 1(10, 81–96.
  6. Fitria, F., Utomo, H. B., & Dwiyanti, L. 2020. Pembentukan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Melalui Permainan Kooperatif. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 123–132.
  7. Gottman, J., & Declaire, J. 2008. Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. Jakarta: Gramedia.
  8. Izzaty, R. E., Suardiman, S. P., & Ayriza. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY.
  9. Kustiawan, U. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].
  10. Manizar HM, E. 2016. Mengelola Kecerdasan Emosi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 198–213.
  11. Mashar, R. 2015. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana.
  12. Mutiah, D. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  13. Nadhiroh, Y. F. 2017. Pengendalian Emosi. Jurnal Kajian Keislaman, 2(1), 53–62.
  14. Nisa, A. R., Patonah, P., Prihatiningrum, Y., & Rohita, R. 2021. Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Pada Aspek Kesadaran Diri Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.696
  15. Nurjanah, V. 2019. Pengaruh Penerapan Bermain Tebak Ekspresi Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Ummi Erni Percut Kota Medan T.A. 2018-2019. Skripsi tidak diterbitkan. Sumatera Utara: UIN Sumatera Utara.
  16. Nurmalitasari, F. 2015. Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103–111.
  17. Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD. n.d. Repositori Kemdikbud (online). http://repositori.kemdikbud.go.id/. diakses 5 Desember 2021
  18. Priyanti, I., & Setiyowati, N. 2017. Optimalisasi Kecerdasan Emosi Melalui Musik Feeling Band Pada Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 3(1).
  19. Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
  20. Sudijono, A. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  21. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alpabeta.
  22. Suyanto, S. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
  23. Wahyuni, L. 2020. Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Kartu Bergambar Di Tk Al Hamidy Mataram. Jurnal Pedagogy, 7(1), 3–51.
  24. Wina, S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
  25. Yanti, N. N. P., Jampel, I. N., & Tegeh, I. M. 2014. Penerapan Metode Bermain Tebak Mimik Berbantuan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
  26. Yulisetyaningrum, Y. 2019. Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221–228.
  27. Yusuf, L. N. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  28. Zaini, H., & Dewi, K. 2017. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.
  29. Zwagery, R. V. 2021. Permainan “Tebak Aku†Untuk Menstimulasi Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 59–65.