PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP UP TERHADAP PROSES PERKEMBANGAN BAHASA (MENYIMAK) ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK ABA TLOGOSADANG

Isi Artikel Utama

Nurul Afifah Afifah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Pop Up terhadap proses perkembangan bahasa (menyimak) anak kelompok A dimasa pandemi. Penelitian dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tlogosadang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental dengan jenis  one-group pre test-post test design, dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan satu kelompok kelas yang berjumlah 15 orang. Tahapan dalam penelitian ini meliputi pre-test, treatment (pemberian perlakuan), dan post-test. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan Uji Wilcoxon Match Pairs Test untuk mengetahui jumlah selisih nilai sebelum dan sesudah diberikan treatment (perlakuan) untuk mengetahui tingkat signifikansi. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu T hitung (T-) = 0 dan T tabel (T+) = 91, karena 0<91 maka Hα diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran Pop Up terhadap proses perkembangan bahasa (menyimak) anak pada masa pandemic covid-19 kelompok A di TK ABA Tlogosadang.

Kata kunci: Anak Usia Dini, Menyimak, Pop Up

 

Rincian Artikel

Referensi

  1. Arikunto, S. (2013). Prosedure Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
  2. Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.
  3. Devi, A. S. M. S. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP-UP WAYANG TOKOH PANDHAWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V SD. JURNAL PGSD INDONESIA, 3(2).
  4. Dhieni Nurbiana dkk. (2014). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas terbuka.
  5. Doludea, A., & Nuraeni, L. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas Di Tk Makedonia. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i1.p1-5
  6. Hanifah, T. U. (2014). PEMANFAATAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK ANAK USIA 4-5 TAHUN (STUDI EKSPERIMEN DI TK NEGERI PEMBINA BULU TEMANGGUNG). BELIA, 3(2), 46–54.
  7. Hendarwati, E. (2014). PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENGETAHUAN SOSIAL DI TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Pedagogi, 1(1), 1–30.
  8. Mulyati, Yeti, dkk. (2017). Bahasa Indonesia. Universitas terbuka.
  9. Nabila, Z., Isnain, A. R., Permata, & Abidin, Z. (2021). ANALISIS DATA MINING UNTUK CLUSTERING KASUS COVID-19. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 100–108.
  10. Nurrita. Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
  11. Otto, B. (2015). perkembangan bahasa pada anak usia dini. prenadamedia group.
  12. Riyana, C. (2012). Media Pembelajaran. Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.
  13. Siregar, A., & Rahmah, E. (2016). Model Pop Up Book Keluarga Untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 5(1), 10–21.
  14. Tarigan, H. G. (2015). Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahas. CV Angkasa.
  15. Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasa, 1(2), 1–11.
  16. Usman Muhammad. (2015). Perkembangan Bahasa dalam Bermain dan Permainan. deepublish.
  17. Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana.