Analisis Keterampilan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun di Pemukiman Kumuh Sedang

Isi Artikel Utama

Fitria Millati Dewi
Amelia Vinayastri

Abstrak

Keterampilan sosial merupakan suatu tindakan dan sikap yang muncul pada seseorang saat berinteraksi dengan orang lain, baik secara verbal ataupun non verbal. Lima aspek keterampilan sosial yang dikembangkan pada anak usia dini, yaitu: kerjasama, ketegasan, kemampuan bertanggung jawab, empati, pengendalian diri. Penelitian dilaksanakan di wilayah kelurahan Pondok Kopi Jakarta Timur yang berdasarkan Badan Pusat Statistik DKI Jakarta 2017 termasuk kedalam pemukiman kumuh sedang. Subjek penelitian ialah orang tua yang mempunyai anak berusia 4-6 tahun sejumlah 60 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan analisis data menggunkan statistik deskriptif. Hasil ditemukan sejumlah 43% anak usia 4-6 tahun belum memiliki keterampilan sosial yang baik dan 57% anak usia 4-6 tahun sudah memiliki keterampilan sosial yang baik.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Adkins, B. P. M., & Cooley, M. E. (2019). Examining individual †level academic risk and protective factors for foster youth : School engagement , behaviors , self †esteem , and social skills. 1–11. https://doi.org/10.1111/cfs.12681
  2. Aghniarrahmah, C., Fridani, L., & Supena, A. (2022). Perkembangan Kemandirian dan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun dalam Pengasuhan Dual Career Family. 6(1), 389–400. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1319
  3. Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini: Teori dan Metode Pengembangan. Edu Publisher.
  4. Agustriana, N. (2018). PENGARUH METODE EDUTAINMENT DAN IDENTITAS DIRI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK. 2(1).
  5. Ahaliki, B. (2020). Pemetaan Kawasan Permukiman Kumuh Perkotaan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. 2(2). https://doi.org/10.37905/jji.v2i9.7308
  6. Asyraf, M. F. A., Astriningtyas, M., Yaqin, M. A., Firdaus, M. F., Samith, M., Azmi, A., & Abiyyi, N. (2022). Pengembangan Alat Ukur Kesejahteraan Psikologis pada Remaja Muslim. 3441(117).
  7. Atika, A. N., & Rasyid, H. (2018). Dampak Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(2), 111–120. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1601
  8. Avcarina, N. I., Pudjawan, K., & Ujianti, P. R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA KELOMPOK B GUGUS VI KECAMATAN BULELENG. 7(2), 150–160.
  9. Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. (2017). Pendataan RW Kumuh DKI Jakarta 2017.
  10. Diswantika, N. (2022). Efektifitas Internalisasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. 6(5), 3817–3824. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2389
  11. Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2009). UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA.
  12. Gresham, F. M. (1990). Assessment of Social Skills in Children and Adolescents. In Handbook of Psychoeducational Assessment: Ability, Achievement, and Behavior in Children. ACADEMIC PRESS. https://doi.org/10.1016/B978-012058570-0/50013-6
  13. Hasanah, A. (2019). Stimulasi Keterampilan Sosial Untuk Anak Usia Dini. Fascho : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(1), 1–14.
  14. Hasanah, J., Achdiani, Y., & Widiaty, I. (2018). Upaya Ibu Dalam Menstimulasi Ketermpilan Sosial Anak Usia Sekolah Di Kelurahan Kebon Lega Kota Bandung. IV(2).
  15. Islamy, I. (2019). Penelitian Survei dalam Pembelajaran & Pengajaran Bahasa Inggris. August.
  16. Istianti, T. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Untuk Membentuk Prilaku Sosial Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 32–38. https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10515
  17. Kusuma, L. (2022). Perhatian Orang tua dalam Mendukung Keterampilan Sosial Anak selama Pandemi Covid-19. 6(1), 473–491. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.959
  18. Machmud, H. (2018). PENGARUH POLA ASUH TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK(PENELITIAN EXPOST FACTO PADA PAUD RINTISAN DI KENDARI). 2, 127–145.
  19. Maresha, O. D., & Stanislaus, S. (2012). KEEFEKTIFAN PERMAINAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK PRA SEKOLAH DI TK KEMALA BHAYANGKARI 81 MAGELANG. 4(1).
  20. Meidina, P., Sofia, A., & Anggraini, G. F. (2018). PENGEMBANGAN EMPATI ANAK USIA DINI. 1.
  21. Mustamin, S. H. (2013). Faktor-faktor pengaruh tingkat pendidikan anak di pemukiman kumuh kota makassar. 151–165.
  22. Pasaribu, T. M., & Jeumpa, K. (2021). Analisis Karakteristik Lingkungan Permukiman Kumuh Di Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan. Jurnal Engineering Development, 1(1), 31–39.
  23. Pratiwi, C. R., Vinayastri, A., Chaeri, M., & Masykuroh, K. (2019). PENDAHULUAN Perkembangan kognitif merupakan perkembangan pada anak usia dini yang berkaitan dengan kemampuan berpikir anak , pengetahuan terhadap angka dan huruf , serta pola dan pengelompokkan . Kemampuan-kemampuan tersebut merupakan kemampuan dasar yang. 571–586.
  24. Prayojana, T. W., Fazri, A. N., & Saputra, B. (2020). DAMPAK URBANISASI TERHADAP PEMUKIMAN. 13–22.
  25. Puspa, S., Rachman, D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini.
  26. Ramadini, K. T. (n.d.). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini dengan Orang Tua yang Otoriter Social Skills with Authoritarian Parents Khairunnisa Tri Ramadini. 1–10.
  27. Relita, H., Sekarningrum, V., Nugrahanta, G. A., & Kurniastuti, I. (2021). PENGEMBANGAN MODUL PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK KARAKTER KONTROL DIRI ANAK USIA 6-8 TAHUN. 8, 207–218.
  28. Suryani, W. S., Noviana, E., & Alpusari, M. (2019). POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK (STUDI KASUS KELUARGA SARIFUDIN, JL. SUKA KARYA PERUMAHAN KARYA PESONA MANDIRI BLOK S 21 RT 01 RW 27 PANAM PEKANBARU). 2, 162–176.
  29. Susanti, S., & Nugraha, A. (2019). KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KELOMPOK B TK AISYIYAH 2. 3(1), 89–100.
  30. Suud, F. M. (2017). Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Volume 6, Nomor 2, Desember 2017 227. 6, 227–253.
  31. Tri Andini, Y., & Ramiati, E. (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran Guna Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Anak. 5(1), 8–15.
  32. Zakiya, & Mayar, F. (2020). MENSTIMULASI KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI SENI PERMAINAN TRADISIONAL. 2(2), 28–33.
  33. Zentner, K. E., Lee, H., Dueck, B. S., & Masuda, T. (2022). Cultural and gender differences in social anxiety: The mediating role of self-construals and gender role identification. Current Psychology. https://doi.org/10.1007/s12144-022-03116-9