KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DALAM MERANCANG KEGIATAN PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI BERDASARKAN KURIKULUM
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kompetensi pedagogik guru penting dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Maka penelitian ini mempunyai maksud dan tujuan untuk 1) menganalisis kompetensi guru PAUD dalam mengisi program pengembangan anak berdasarkan tema dan kebutuhan anak usia dini pada berbagai aspek perkembangan, dan . 2) menganalisis kompetensi guru PAUD dalam membuat rancangan kegiatan bermain. Metode yang digunakan dalam penelitin adalah deskriptif kuantitatif. Sampel sebanyak 24 guru dari 8 TK Aisyiyah di Kecamatan Bandongan. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Analisis data menggunakan deskriptif presentase. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru PAUD di TK Aisyiyah se-Kecamatan Bandongan memiliki kategori kompetensi pedagogik dalam merancang kegiatan pengembangan anak usia dini yang sangat tinggi dengan skor rata-rata 2.85% dari 3%. Semua aspek indikator kompetensi pedagogik point (c) yaitu menyusun rancangan kegiatan pengembangan berdasarkan kurikulum memperoleh predikat sangat baik.
Kata kunci : pedagogik, rancangan kegiatan, anak usia dini
Rincian Artikel
Referensi
- DPR RI. (2005). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN. In Materia Japan (Vol. 5, Issue 1, pp. 1–12). http://joi.jlc.jst.go.jp/JST.Journalarchive/materia1994/44.24?from=CrossRef%250Ahttps://www.bertelsmann-stiftung.de/fileadmin/files/BSt/Publikationen/GrauePublikationen/MT_Globalization_Report_2018.pdf%250Ahttp://eprints.lse.ac.uk/43447/1/India_globalisation%25
- Farwan, R. M. A. & L. (2017). Pemahaman Guru Paud Terhadap Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(6), 1–17.
- Hikmah, N. (2016). PENGARUH TRANSFORMASIONAL LEADERSHIP, SKILL COMPETENCE DAN KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KINERJA KARYAWAN PBMTI JEPARA (Vol. 15, Issue 2). http://repository.iainkudus.ac.id/1777/1/1.Cover.pdf
- Permen. (2005). PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (pp. 1–46).
- Purwasih, T. (2015). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam. Fenomena, 7(1), 17–28.
- Pusdatin. Kemendikbud. (2021). Statistik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 2020/2021. In Kemendikbud (1st ed.). Pusdatin Kemendikbud Jl. RE Martadinata Km. 15.5, Ciputat Kota Tangerang Selatan Tromol Pos 7/CPA Banten 15411.
- Sugiyono, D. (2013). Metode Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
- Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
- Tjahyanti, S., & Chairunnisa, N. (2021). Kompetensi, Kepemimpinan, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Human Resources and Facilty Management Directorate. Media Bisnis, 12(2), 127–132. https://doi.org/10.34208/mb.v12i2.917
- Yuliariatiningsih, M. S. & T. S. (2007). tan profesional. Jabatan profe. Cakrawala Dini - Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–18. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10325/6363
- Yulita. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Picture and Picture Sekolah Dasar Artikel Penelitian Oleh : Yulita Nim F 1082151142 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Picture and P.
- Depdikbud, 2014. Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Depdikbud
- Anshori, Muslich & Iswati. Sri, 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press
- Purwasih, Tati, 2020. Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran di Raudhatul Athfal Nurul Hikmah Kota Palangka Raya. (http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/3270/), 24 Januari 2022