Melatih Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bola Sendok “Bolsen” Di Kelompok Bermaian (KB) Taman-Kanak (TK) Islam Terpadu (IT) Al Ihsan Surabaya Tahun Ajaran 2016-2017

Authors

  • Arina Rihal Jannah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wardah Suweleh Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i1.1251

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah  motorik kasar  anak-anak yang kurang. Hal itu bisa disebabkan oleh metode pembelajaran monoton pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk melatih motorik kasar anak-anak melalui permainan bola dan sendok "Bolsen" di KB TK Islam Terpadu Surabaya dimana dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dan meng-upgrade motorik kasar pada anak-anak.

Para peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif untuk subjek penelitian adalah 13 (tiga belas) anak, kepala sekolah, dan dua (2) guru, yang menjadi sumber informasi lain serta tahap pengamatan kegiatan anak pada saat belajar. Di sekolah Data dan informasi diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi

Hasil penelitiannya adalah Guru dapat menjadi media pengantar kepada anak-anak untuk melatih motor kasar anak-anak di permainan Ball dan sendok "Bolsen". Proses belajar bisa menjadi kegiatan yang menarik, tidak membosankan, dan itu bisa membuat anak lebih antusias dalam belajar sambil bermain.

Kata kunci: kemampuan motorik kasar, scoop permainan bola "bolsen"

Author Biographies

Arina Rihal Jannah, Universitas Muhammadiyah Surabaya

PG PAUD UMSurabaya

Ratno Abidin, Universitas Muhammadiyah Surabaya

FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya

Wardah Suweleh, Universitas Muhammadiyah Surabaya

FKIP UMSurabaya

References

Ardianti, Defi. 2012. Penerapan Permainan Bola Zig-Zag untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar pada Anak Kelompok A di TK Pemata Bunda Malang, Skripsi, Program Studi S1 PG-PAUD, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra-sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Decaprio, Richard. 2013. Aplikasi teori pembelajaran motorik di sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta:Dikmenum. Depdiknas.

Desmita. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung. Remaja Rosdakarya

.

Dwilestari, Ninin dan Nusa Putra, Penelitian Kualitatif Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Fadlillah. 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: prenadamedia

Imam Gunawan. 2015. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik, Jakarta: PT Bumi Aksara

Indrijati Herdiana, dkk. 2016. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Pernadamedia Group

Julia Sarah Rangkuti. 2015. Rumah Main Anak: Cilacap: Sahabat Sejati Publishing

Lasut Wahyu Christian, 2015. 63 Permainan Tematik, Yogyakarta: Cv Andi Offset

Latif Mukhtar, dkk. 2014. Orientasi Baru Pendikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Montalu, B.E.F, dkk. 2008. Bermaian dan Permaian Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Naurina, Vita (2012) Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Loncat Galaksi Dan Lari Zig-Zag Pada Kelompok A Di Tk Pkk 3 Sriharjo. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Penney, Upton. 2012. Psikologi perkembangan. Erlangga : Jakarta.

PERMENDIKBUD nomor 137. 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan kebudayaan

PERMENDIKBUD nomor 146. 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan kebudayaan

Permendiknas no 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 2012

Prasasti, Wiwien Dinar. 2008. Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta: PT.Indeks.

Rinaldi, John. 2014. Ratusan Game Edukatif untuk Anak Usia 0-3 Tahun. Jogjakarta: DIVA Press.

Santrock, John. W. 2012. Perkembangan masa-hidup. Surabaya. Erlangga.

Santrock. W. John. 2007. Perkembangan anak : Edisi ketujuh jilid dua. Jakarta : Erlangga.

Soetjiningsih. IG. N. Gde Ranuh. 2013. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC

Sudarna. 2014. Paud Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter. Genius. Jakarta.

Sujiono, Nurani Yuliani. 2010. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sujiono, Yuliani Nurani dan Sujiono, Bambang. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Tya Marthyana Nurdiny, 2013, Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Melalui Stimulasi Gerak Binatang, Universitas Pendidikan Indonesia. Di akses dari

Umma, M.Kom. 2016. Pojok Bermain Anak: ibu dan anak perenting, Jogjakarta: CV. Diandra Primamitra Media

Published

2018-05-05

How to Cite

Jannah, A. R., Abidin, R., & Suweleh, W. (2018). Melatih Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bola Sendok “Bolsen” Di Kelompok Bermaian (KB) Taman-Kanak (TK) Islam Terpadu (IT) Al Ihsan Surabaya Tahun Ajaran 2016-2017. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i1.1251

Issue

Section

Artikel