Fadillah Tus Sholihah
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA
Farah Fauzia Rosyida
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA
Islamiyah Nur Fadhillah
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA
Luthfiyah Zahrotun Thoyyibah
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA
Mega Putri Pangestika
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA
Putri Chusnul Indrawati
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA
Sikhatul Afiyah
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA
Aminatur Roisa
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO
Erika Laila Rosyida
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO
Nur Saida
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA
Abstrak
Dalam proses pembelajaran yang mendasari bagaimana terjadinya evaluasi terhadap berjalannya suatu proses pembelajaran merupakan hasil dari adanya penilaian. karena penilaian merupakan proses pengukuran terhadap hasil dari kegiatan belajar anak, yang dalam artian lain penilaian pembelajaran merupakan suatu rekapan atau pengumpulan informasi dan data tentang sebuah hasil/capaian pembelajaran peserta didik. Perlu di lakukannya penilaian yang berupa pengamatan yang di lakukan oleh seorang pendidik atau guru, karena pada dasarnya selain guru memfasilitasi dalam proses berjalannya pengajaran peserta didik, guru juga perlu melakukan pengamatan yang di mana dalam hal tersebut guru mengamati hal – hal apa saja yang sudah di ketahui anak, apa yang sudah bisa di lakukan anak dalam segi kebiasaan atau tindakan dari sebuah perintah. Akan tetapi, dalam hal ini bukan suatu hal yang harus di lakukan hanya pembelajaran secara tatap muka saja, Proses berjalannya pembelajaran secara daring juga perlu adanya penilaian yang di mana sebagai acuan untuk guru dalam mengamati setiap peserta didiknya. Untuk itu, perlu adanya pemahaman bagi guru terkait upaya dalam menerapkan penilaian pembelajaran yang terjalin secara daring dengan menggunakan sebuah perangkat yang dapat membantu bahkan memudahkan untuk kelancaran proses pembelajaran secara daring yang salah satunya perangkat lunak seperti Zoom