PENANAMAN SERTA PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SCRAP BOOK BEREDISI INTERNALISASI NILAI ISLAMI

Isi Artikel Utama

Hana Pertiwi

Abstrak

Menanamkan nilai-nilai karakter sejak usia dini merupakan tanggung jawab bersama antara orang tua, pendidik, pengasuh, masyarakat, dan pemerintah. Untuk itu kebersamaan, keselarasan, dan kemitraan dalam menanamkan nilai-nilai karakter sejak usia dini harus digalang dan dioptimalkan bersama. Kerjasama dengan orang tua dapat dilakukan melalui sosialisasi agar nilai karakter yang sudah dibiasakan di lembaga PAUD juga dapat dilakukan di rumah. Media scrap book menjadi media bahan ajar yang bisa digunakan dalam cerita ber-edisi dengan berbagai macam cerita bergambar. Media scrap book dibuat dengan disetiap edisinya berisi cerita yang menjadi bagian dari internalisasi nilai-nilai Islami seperti nilai kejujuran, bertanggung jawab, keadilan, mengutamakan kerja keras, ikhlas dan kesabaaran. Dalam media scrap book ini selain berisi nilai-nilai islami juga sebagai penanaman dan pembetukan karakter sejak dini sebagai implementasi dari pendidikan karakter. Cara menggunakan media scrap book ini adalah dengan metode bercerita, tanya jawab dan berdiskusi. Penerapan media scrap book ini dapat diterapkan oleh guru disetiap sekolahnya ataupun pengajar terutama di daerah rawan di setiap kota. Seperti daerah bekas lokalisasi, warga yang tinggal dibantaran sungai, ataupun anak jalanan lainnya. Sehingga mereka bisa menerapkan nilai-nilai islami sebagai penanaman dan pembentukan karakter anak sejak dini.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Hana Pertiwi, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Mahasiswa PGPAUD UMSurabaya

Referensi

  1. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak
  2. Usia Dini. (2011). Pedoman Pendidikan Karakter pada
  3. Pendidikan Anak Usia Dini.
  4. Jakarta
  5. Nurdin, Muhammad 2014. Pendidikan
  6. Anti Korupsi. Yogyakarta. Ar
  7. Ruzz Media
  8. Permendiknas RI No.58 Tahun 2009.
  9. tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
  10. Sayudi, M.Pd.I. Januari 2013.
  11. Strategi Pembelajaran
  12. Pendidikan Karakter.
  13. Ali Ramdhani, Muhammad. 2014.
  14. Jurnal Pendidikan Universitas
  15. Garut Ramdhani Vol. 08; No. 01; 2014; 28-37. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter.