LEGAL REPRESENTASIONAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NILAI ASET EKSTRALEGAL PELAKU USAHA EKONOMI KREATIF SEKTOR PARIWISATA

Penulis

  • Rhido Jusmadi Faculty of Law, Trunojoyo University Madura
  • Sumriyah Faculty of Law, University of Trunojoyo Madura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30651/justitia.v7i2.18828

Abstrak

Keberadaan pelaku usaha ekonomi kreatif sektor pariwisata sebagai salah satu unit usaha ekonomi rakyat telah memberikan kontribusi yang nyata dalam proses pembangunan perekonomian Indonesia khususnya dalam upaya pemberantasan kemiskinan. Aset-aset sederhana yang selama ini dimiliki oleh pelaku usaha ekonomi kreatif sektor pariwisata ternyata menyimpan potensi nilai ekonomis yang cukup besar, namun keberadaan potensi besar tersebut terabaikan karena keberadaannya sebagai sebuah aset yang tidak masuk pada sistem perlindungan hukum yang ada (ekstralegal), sehingga mengakibatkan sistem yang ada tidak mengakui legitimasi dari aset tersebut dan menyebabkan keberadaannya saat ini tidak memilik landasan strategis secara ekonomis karena tidak bisa menjadi jaminan (agunan) untuk mendapatkan modal. Berdasarkan kondisi tersebut dibutuhkan adanya pendekatan berupa model legal representasional sebagai sebuah alternatif kebijakan maupun regulasi untuk bisa merubah potensi aset-aset ekstralegal yang dimiliki pelaku usaha ekonomi kreatif sektor pariwisata agar bisa menjadi modal (capital) yang produktif, dapat memberikan nilai tambah untuk pengembangan kapasitas produksi (kapitalisasi aset) dan dilindungi dalam sistem hukum formal yang berlaku. Model legal representasional tersebut dapat dijadikan solusi untuk melakukan peningkatan potensi sumber daya yang dimiliki oleh pelaku usaha ekonomi kreatif sektor pariwisata dalam rangka meningkatkan kapasitas perekonomian daerah agar tercapai kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di daerah.

Referensi

Agustianto, 2008, Strategi Baru Pemberdayaan UMKM, Sumber: http://agustianto.niriah.com/

Arief Rahmana, 2009, Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Yogyakarta.

Bahan Paparan Pada Rapat Koordinasi Teknis Nasional Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, 2010, Program Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil.

Bank Indonesia, 2005, Resultso of Study of Micro, Small, and Medium Businesses (MSMEs) Profile.

Berry, A., E. Rodriquez, dan H. Sandeem. 2001. “Small and Medium Enterprises Dynamics in Indonesia.†Bulletin of Indonesian Economic Studies 37 (3): 363-384. http://www.ekonomirakyat.org.

Hasil Penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur, 2006, Pengembangan Lembaga Keuangan Non Bank Untuk Pemberdayaan UKM, Jurnal Pengkajian Koperasi dan UKM Nomor 2 Tahun I.

Hernando de Soto, 1991, Masih Ada Jalan Lain: Revolusi Tersembunyi Di Negara Dunia Ketiga, Terjemahan dari: The Other Path, the Invisible Revolution in the Third World, Oleh: Masri Maris, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

, 2006, The Mystery of Capital: Rahasia Kejayaan Kapitalisme Barat, Terjemahan dari: The Mystery of Capital: Why Capitalism Triumph the West and Fails Everywhere Else, Oleh: Pandu Aditya K., Cetakan I, Bandung: Penerbit Qalam.

Jhingan, M.L. 2000. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Cetakan Kedelapan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Stephenson, K Arinaitwe. 2006. Factors Constraining the Growth and Survival of Small Scale Businesses. A Developing Countries Analysis. Journal of American Academy of Business, Cambridge. http://.proquest.com/ pqdweb/

Tambunan, Tulus. 2006. The Performance of Small Enterprises during economic Crisis: Evidence Indonesia. Journal of Small Business Management. Milwaukee. http://.proquest.com/pqdweb/

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Lembarana Negara Republik Indonesia Tahun 2008, Nomor 93.

Wahyudiyono, Peran Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Usaha Di Lingkungan UKM Dan Koperasi Di Jatim, NTB dan NTT (Survey), KomMTi – Volume: 3, No. 9, Desember 2009.

Diterbitkan

2023-11-01

Cara Mengutip

Jusmadi, R., & Sumriyah. (2023). LEGAL REPRESENTASIONAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NILAI ASET EKSTRALEGAL PELAKU USAHA EKONOMI KREATIF SEKTOR PARIWISATA. JUSTITIA JURNAL HUKUM, 7(2). https://doi.org/10.30651/justitia.v7i2.18828