Efektifitas Selimut Periksa Berbasis Syar’i Terhadap Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Kesehatan
DOI:
https://doi.org/10.30651/jkm.v7i1.10865Kata Kunci:
tingkat kepuasan, selimut syar'iAbstrak
Peningkatan kepuasaan pasien pada pelayanan kesehatan menjadi indikator keberhasilan pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien dapat dicapai dengan memberikan pelayanan terbaik salah satunya memberikan perlindungan dan menjaga privacy pasien  selama pemeriksaan agar tubuh pasien terlindungi dan tidak terlihat oleh orang lain. Penggunaaan selimut berbasis syar’i merupakan modifikasi yang di gunakan untuk pasien dimana anggota tubuh tetap tertutup selama pemeriksaan. Tujuan penelitian menganalisis efektifitas selimut periksa berbasis syar’i terhadap peningkatan kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan.  Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh pasien yang berkunjung ke tempat praktek mandiri dokter. Sampel sebagian pasien yang berkunjung ke tempat praktek mandiri dokter. Variabel penelitian tingkat kepuasan pasien. Data penelitian diambil menggunakan kuesioner dengan 15 pernyataan, kepuasan tinggi skor 36-48, kepuasan sedang skor 30-36, dan kepuasan kurang skor 15-30. Pengukuran tingkat kepuasan dilakukan baik pada kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen masing-masing ada 15 pasien. Kelompok kontrol diberikan selimut yang biasanya di gunakan sehari-hari,  kelompok eksperimen menggunakan selimut berbasis syar’i . Analisis data menggunakan mann whitney   dengan α = 0,05. Hasil uji mann whitney Ï= 0,000 (0,000 < 0,05) menunjukkan terdapat pengaruh selimut berbasis syar’i terhadap tingkat kepuasan pasien. Secara umum penelitian ini membuktikan selimut berbasis syar’i efektif meningkatkan kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan.Â
Referensi
Arif. R dkk. 2020. Persepsi Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Syari’ah. Jurnal Keperawatan Aisyiyah Volume 7 Nomor 1
Arif K & Arih D. 2012. Pengaruh Karakteristik Paien Terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat Tentang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Banyumas. Kesmasindo Volume 2 92) hlm 169-179
Ikbal M (2018). Faktor-faktor yang berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Kesehatan Volume 17 Nomor 3
Junita dkk (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Ners Indonesia Volume 6 No1
Jarliyah & Nadiya. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kpuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Jurnal Balance. Vol. XIV. No 1
Merryani. 2014. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Interna RSUD Noongan
Purwanti dkk. 2017. Hubungan Pelayanan Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawt Jalan di Puskesmas Wisata Dau Malang. Nursing News Volume 2 Nomor 2
Sitti N dan Rochana R. 2020. Analisis Kebutuhan Masyarakat Terhadap Rumah Sakit Berbasis Syariah berdasarkan Sikap. Jurnal JUMANTIK volume 5 Nomer 2.
Suci N dkk. 2020. Efektifitas Pelayanan Kesehatan Islami Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap. Jurnal Ilmu Keperawatan 8:1 ISSN: 2338-6371, e-ISSN 2550-018X
Vera S dkk. 2019. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis(Perintis’s Health Journal) 6 (2) 2019: 116-126
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:Â Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)