Efektifitas Selimut Periksa Berbasis Syar’i Terhadap Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Kesehatan

Penulis

  • Nunik Purwanti universitas nahdlatul ulama surabaya
  • Arif Helmi Setiawan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Eppy Setyowati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v7i1.10865

Kata Kunci:

tingkat kepuasan, selimut syar'i

Abstrak

Peningkatan kepuasaan pasien pada pelayanan kesehatan menjadi indikator keberhasilan pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien dapat dicapai  dengan memberikan pelayanan terbaik salah satunya memberikan perlindungan dan menjaga privacy pasien  selama pemeriksaan agar tubuh pasien terlindungi dan tidak terlihat oleh orang lain. Penggunaaan selimut  berbasis syar’i  merupakan modifikasi yang di gunakan untuk pasien dimana anggota tubuh tetap tertutup selama pemeriksaan. Tujuan penelitian  menganalisis efektifitas selimut periksa berbasis syar’i terhadap peningkatan kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan.  Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh pasien yang berkunjung ke tempat praktek mandiri dokter. Sampel sebagian pasien yang berkunjung ke tempat praktek mandiri dokter. Variabel penelitian tingkat kepuasan pasien. Data penelitian  diambil  menggunakan kuesioner  dengan 15 pernyataan,  kepuasan tinggi skor 36-48, kepuasan sedang skor 30-36, dan kepuasan kurang skor 15-30. Pengukuran tingkat kepuasan dilakukan baik pada kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen  masing-masing ada 15 pasien. Kelompok kontrol diberikan selimut yang biasanya di gunakan sehari-hari,  kelompok eksperimen menggunakan selimut berbasis syar’i . Analisis data menggunakan  mann whitney   dengan α = 0,05. Hasil uji mann whitney Ï= 0,000 (0,000 < 0,05) menunjukkan terdapat pengaruh selimut berbasis syar’i terhadap tingkat kepuasan pasien.  Secara umum penelitian ini membuktikan selimut berbasis syar’i  efektif meningkatkan kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan. 

Biografi Penulis

Nunik Purwanti, universitas nahdlatul ulama surabaya

Fakultas Keperawatan dan Kebinanan Prodi D3 Keperawatan

Arif Helmi Setiawan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Fakultas keperawatan dan kebidanan Prodi S1 Keperawatan

Eppy Setyowati, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Prodi S2 Keperawatan

Referensi

Arif. R dkk. 2020. Persepsi Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Syari’ah. Jurnal Keperawatan Aisyiyah Volume 7 Nomor 1

Arif K & Arih D. 2012. Pengaruh Karakteristik Paien Terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat Tentang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Banyumas. Kesmasindo Volume 2 92) hlm 169-179

Ikbal M (2018). Faktor-faktor yang berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Kesehatan Volume 17 Nomor 3

Junita dkk (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Ners Indonesia Volume 6 No1

Jarliyah & Nadiya. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kpuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Jurnal Balance. Vol. XIV. No 1

Merryani. 2014. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Interna RSUD Noongan

Purwanti dkk. 2017. Hubungan Pelayanan Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawt Jalan di Puskesmas Wisata Dau Malang. Nursing News Volume 2 Nomor 2

Sitti N dan Rochana R. 2020. Analisis Kebutuhan Masyarakat Terhadap Rumah Sakit Berbasis Syariah berdasarkan Sikap. Jurnal JUMANTIK volume 5 Nomer 2.

Suci N dkk. 2020. Efektifitas Pelayanan Kesehatan Islami Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap. Jurnal Ilmu Keperawatan 8:1 ISSN: 2338-6371, e-ISSN 2550-018X

Vera S dkk. 2019. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis(Perintis’s Health Journal) 6 (2) 2019: 116-126

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-21