Karakteristik Penggunaan Smartphone (Gadget) Pada Balita Usia 1 – 5 Tahun Di Desa Dukuhmaja Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes
DOI:
https://doi.org/10.30651/jkm.v0i0.5601Kata Kunci:
Characteristics, smartphone, toddlersAbstrak
Objective: To determine the characteristics of the use of smartphones (gadgets) in infants aged 1-5 years in the Dukuh Maja village, Songgom, Brebes.
Method: This type of research is descriptive. The population in this study were toddlers aged 1-5 years in Dukuh Maja village as many as 418. The sample in this study was 81 respondents with a sampling technique that is cluster random sampling.
Results: The results showed that the characteristics of the use of smartphones (gadgets) which include frequency in the medium category were 63 respondents (77.8%), the duration of the majority in the moderate category were 61 respondents (75.3%), egocentric behavior had a good category of 53 respondents (65.4%), the majority of emotional behavior in the good category were 43 respondents (53.1%), social interaction had a good category of 56 respondents (69.1%), the type of content had a good category of 52 respondents (64, 2%).
Conclusion: The use of smartphones (gadgets) in infants in the medium category, but should be a concern for all parents of their children.
Keywords: Characteristics, smartphone, toddlers
Referensi
Ameliola, Nugraha.(2013).Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi. Diakses dari http://icssis.files.wordpress
Chikmah AM, Fitrianingsih D, 2018. Pengaruh Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Masalah Mental Emosional Anak Pra Sekolah di TK Pembina Kota Tegal. Jurnal Siklus Vol.07 No.02 Juni 2018
Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Fadilah, Ahmad. (2011). Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi (Hp) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Smp Negeri 66 Jakarta Selatan. Skripsi, Program Studi ilmu Tabiyah. FKIP. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Hartati, sofia. (2005). Perkembangan belajar pada anak usia dini. Jakarta : Dikti Depdiknas
Hidayati, Tutik et all. 2019. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kemandirian Dan Kematangan Sosial Anak Pra Sekolah. Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol. 6, No. 2
Iswidharmanjaya D & Agency B.(2014).Panduan Bagi Orangtua untuk memahami Faktor-faktor Anak Kecanduan Gadget.Bisakimia
Maulida, Hidayahti. 2013. Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 2013. FKIP Universitas Negeri Semarang.
Middlebrook, H. 2016. New Screen Time Rules for Kids, by Doctors. CNN.Tersedia online: http://edition.cnn.com/2016/10/21/health/screen-time-media-rules-children-aap/index.html. Diakses tanggal 15 Juni 2020
Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Novitasari, W., Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Universitas Negeri Surabaya. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id /article/21231/19/article.pdf. Diakses 2 November 2019
Prianggoro, Hastro. (2013). Anak dan Gadget: yang Penting Aturan Main. http://nakita.id/Balita/Anak-Dan-Gadget-Yang-Penting-Aturan-Main. Diakses 15 Mei 2020
Sari, TP.(2016).Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al Mukmin. Jurnal Profesi Prodi DIII Kebidanan Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta, volume 13, nomor 2
Sujianti. (2018). Hubungan lama dan frekuensi penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak pra sekolah di tk islam al irsyad 01 cilacap. Jurnal kebidanan Stikes Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap, volume 8, nomor 1.
Trinika, Yulia et all. 2015. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3- 6 Tahun) Di Tk Swasta Kristen Immanuel. Jurnal Ilmu Keperawatan Universitas Tanjungpura
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:Â Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)