Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kemandirian Personal Hygiene pada anak tunagrahita

Penulis

  • Likha Nur Faizah Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Lilis Maghfuroh Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Harnina Samantha Aisyah Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v10i3.27311

Kata Kunci:

Dukungan Keluarga, Tunagrahita, Kemandirian personal hygiene

Abstrak

Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara dukungan keluarga dengan kemandirian personal hygiene pada anak tunagrahita usia 6-12 tahun di SLBN Cerme, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik.

Metode: Desain penelitian ini menggunakan korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 45 responden, dengan jumlah sampel sebanyak 41 orang yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner tertutup yang mengukur dukungan keluarga dan tingkat kemandirian personal hygiene anak tunagrahita. Analisis data dilakukan dengan uji statistik Spearman menggunakan SPSS 23.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sekitar 22 (84,6%) responden memberikan dukungan baik dengan kemampuan personal hygiene anak mandiri, berdasarkan hasil diatas dengan nilai signifikansi p value = 0,000 (p<0,05) dengan Rs 0,639 artinya ada hubungan kuat antara dukungan keluarga dengan tingkat kemandirian personal hygiene pada anak tunagrahita usia 6-12 tahun.

Kesimpulan : Dukungan keluarga yang lebih tinggi cenderung berhubungan dengan tingkat kemandirian yang lebih baik dalam menjaga personal hygiene, adapun upaya yang dapat dilakukan bagi keluarga untuk perkembangan anak tunagrahita dengan memberikan stimulasi sesuai dengan perkembangannya

 

Referensi

Ahmad, A. N. (2025). The relationship between communication patterns in the family and children ’ s expressive language skills at the age of 5-6 years. 2024, 150–161.

Andriyani, S., & Ramadhani, H. S. (2023). Adanya Keterkaitan Antara Perhatian Orangtua Dengan Kemandirian Belajar Anak. Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 380–387.

Anisa, S. N., Kep, S., Wahyurianto, Y., Surabaya, P. K., & Tunagrahita, A. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Toilet Training. 6(2), 33–41.

Asnur, W. S. (2022). Peranan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/20605/1/Peranan Orang Tua dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini.pdf

Damastuti, E., Pratomo, A., Widodo, A., & Selatan, K. (2020). Pendidikan Anak Dengan Hambatan Intelektual (edisi 1).

Darmadi. (2018). MENDIDIK ADALAH CINTA: “Menjelajah Pendidikan Ramah Anak di Rumah dan Sekolah.” CV Kekata Group. https://books.google.co.id/books?id=rPCzDwAAQBAJ

Farah, A., Agustiyawati, Rizki, A., Widiyanti, R., Wibowo, S., Tulalessy, C., Herawati, F., & Maryanti, T. (2022). Panduan Pendidikan Inklusif. Kepala Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 3. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/08/Panduan-Pelaksanaan-Pendidikan-Inklusif.pdf

Indrajit, P. R. E. (2023). CERDAS BERKARAKTER: Menyongsong Generasi Emas 2045. Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?id=_KCvEAAAQBAJ

Irna, S. (2024). Kreativitas Anak Usia Dini. 13(2), 405–416.

Iwal, I., Elliya, R., & Pribadi, T. (2023). Dukungan keluarga terhadap kemandirian anak usia dini dengan retardasi mental. Holistik Jurnal Kesehatan, 17(3), 262–268. https://doi.org/10.33024/hjk.v17i3.9228

Kartika, Y. E., Nurhidayah, I., & Hendrawati. (2020). Dukungan Keluarga Dalam Kemandirian Perawatan Diri Anak Retradasi Mental Ringan di SLB-C YKB Garut. Jurnal Kesehatan Saelmakers, 3, 214–221.

Maghfuroh, L. (2020). Pengaruh Permainan Melempar dan Menangkap Bola terhadap Perkembangan Motorik Kasar pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 16(1), 7–18.

Maidartati, Sri Haryati, E. S. A. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kemandirian Perawatan Diri Pada Anak Usia 6-13 Tahun Di SLB Cicalengka.

Makaminan, F. M., Sari, T. H., & Suci, W. P. (2023). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Kemandirian Anak Tunagrahita Ringan di SLBN Kota Pekanbaru. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 1(2), 248–255. https://doi.org/10.57235/jerumi.v1i2.1297

Mandasaari, S., Agrina, & Zukhra, R. (2022). Gambaran Kemampuan Personal Hygiene Anak Retardasi Mental Menurut Orang Tua. Jurnal Medika Hutama, 02(01), 402–406.

Novianty, S., Nurjanah, N., Widyastuti, T., Ridwan Chaerudin, D., & Kesehatan Kemenkes Bandung Jurusan Keperawatan Gigi, P. (2020). Di Slb X Kota Bandung. JURNAL KESEHATAN SILIWANGI No, 1(1), 2020.

Nurlina. (2023). Perkembangan Psikososial Masa Kanak-Kanak. In Psikologi Perkembangan Peserta Didik.

Putra, G. J. (2019). Buku Dukungan Keluarga Pada Pasien Luka Kaki Diabetik (pp. 12–16).

Rakhmania, A. (2020). Orangtua Anak Tunagrahita Dalam Memaknai Stigma Masyarakat Kepada Anak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ramawati, D., Allenidekania, A., & Besral, B. (2017). Kemampuan Perawatan Diri Anak Tuna Grahita Berdasarkan Faktor Eksternal dan Internal Anak. Jurnal Keperawatan Indonesia, 15(2), 89–96. https://doi.org/10.7454/jki.v15i2.32

Sugiyono, F. X. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Supena, A. (2020). Model Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Tunagrahita Di Sekolah Dasar. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2), 145–155. https://doi.org/10.21009/parameter.292.03

Wahyudi, M. R., Yulianti, A., & Multazam, A. (2024). Analisis Perbandingan Kekuatan Otot Tungkai Bawah Berdasarkan Jenis Kelamin Dan Anak Usia 10-12 Tahun Di SD Muhammadiyah 08 Dau Comparative Analysis of Lower Limb Muscle Strength Based on Gender and Children Aged 10-12 Year at Muhammadiyah Elementary Scho. c, 69–76.

Wahyuni, N., & Fitriani, W. (2022). Relevansi Teori Belajar Sosial Albert Bandura dan Metode Pendidikan Keluarga dalam Islam. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 60–66. https://doi.org/10.33506/jq.v11i2.2060

Yuliyanti, S., Lestari, S., & Sari, R. I. (2023). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kemampuan Perawatan Diri ( Self Care ) Pada Anak Retardasi Mental Di SLB. 2(3).

Diterbitkan

2025-09-15