Hubungan teman sebaya dengan tingkat pengetahuan bullying di MI Daroyissalam kertosono Kecamatam Sidayu Kabupaten Gresik

Hubungan Teman Sebaya Dengan Tingkat Pengetahuan Bullying Di MI Daroyissalam Kertosono Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik

Penulis

  • Rif Jannah Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v10i2.26602

Kata Kunci:

Enter

Abstrak

Bullying merupakan perilaku agresif atau mengancam yang dilakukan secara sengaja oleh seseorang atau kelompok yang dapat disebut dengan pelecehan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hubungan teman sebaya dengan tingkat pengetahuan tentang bullying di MI Daroyissalam Desa Kertosono Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 48 responden, dengan menggunakan teknik total sampling diperoleh 48 responden. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner teman sebaya dan tingkat pengetahuan tentang bullying. Setelah ditabulasi data dianalisis dengan menggunakan uji Spearman rho’ dengan p ˂ 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh siswa (93,75%) memiliki kategori teman sebaya baik dan sebagian besar siswa (62,5%) sudah memiliki tingkat pengetahuan tentang bullying baik. Berdasarkan hasil hubungan teman sebaya dengan tingkat pengetahuan tentang bullying di atas diperoleh nilai p = 0,006 (p ˂ 0,05). Artinya, ada hubungan antara teman sebaya dan tingkat pengetahuan mereka tentang bullying. Rekomendasi: Petugas kesehatan harus menyediakan layanan kesehatan, terutama yang terkait dengan perilaku tentang bullying dan pentingnya memiliki hubungan yang baik dan sehat dengan teman sebaya.

Referensi

Andriati Reny H, A, D, N, A. (2020). Hubungan Harga Diri Dan Pengetahuan Tentang Bullying Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Keperawatan Altruisti, 3.

Andriati Reny H, A. D. N. A. (2020). Hubungan Harga Diri Dan Pengetahuan Tentang Bullying Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Keperawatan Altruistik, 3(2), 28–37. doi.org/10.48079/vol3.iss2.57

Arikunto. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Ceilindri, R. A., & Budiani, M. S. 2016. Harga diri dan konformitas dengan perilakubullying pada siswa sekolah menengah pertama Program Studi PsikologiUniversitas Negeri Surabaya. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 6(2), 64–70

Donsu, J. (2017). Psikologi Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.Effendi, M. A. (2016). “The Power of Good Corporate Governance: Teori dan Implementasi.” Jakarta

Egger, M., Ley, M., & Hanke, S. (2019). Emotion Recognition from Physiological Signal Analysis: A Review. Electronic Notes in Theoretical Computer Science.

Fajrin, A.N. (2017). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja Di SMK PGRI Semarang. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang

Febriana, B. (2017). Penurunan Kecemasan Remaja Korban Bullying Melalui Terapi Kognitif. IJNP (Indonesian Journal of Nursing Practices), 1(2), 1-8.

Hermalinda, Deswita, & O. E. (2017). Hubungan Karakteristik Remaja Dengan Perilaku Bullying pada Siswa SMP di Kota Padang. 12(1), 1–11.

Hidayat, A. (2020). Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan (2nd ed.). Jakarta: Salemba Medika.

Joseph, M. O. (2019). Gambaran Perilaku Bullying pada Siswa di SMU Negeri 8 Makassar. Universitas Hassanudin.

Khairunisa, K., Neviyarni, N., Marjohan, M., Ifdil, I., & Afdal, A. (2022). Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Eklektik Untuk Menurunkan Tingkat Stress Pada Peserta Didik Korban Bullying. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 104-111.

Lestari, T. (2017). Kumpulan teori untuk kajian pustaka penelitian kesehatan. Nuha medika.

Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT. Rineka Cipta.

Notoatmodjo. (2018). Konsep Pengetahuan. Jurnal Pengetahuan.

Nurdin, Ismail dan Sri Hartati. (2019). Metodologi Penelitian Sosial.Surabaya: Media Sahabat Cendekia

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 5. Jakarta Selatan: Salemba Medika

Mardiastuti, A. (2022). Pengertian Bullying Adalah: Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasinya. Diakses dari pengertian bullying adalah jenis, penyebab, dan cara-mengatasinya

Masturina, D. (2018). Pengaruh Kompetensi Diri Dan Kepercayaan Diri Terhadap Perencanaan Karir. Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2).

Permata, J. T., & Nasution, F. Z. (2022). Perilaku Bullying Terhadap Teman Sebaya Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 614–620. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.83

Pratiwi, Ni Putu Ari Trisna, Sang Ayu Eka Putri Wahyuni, and Ni Made Dian Sulistiowati. 2023. “Gambaran Tingkat Pengetahuan Bullying Pada Remaja Di Desa Gunaksa Klungkung.” Jurnal Peduli Masyarakat 5(September):819– 26.

Rahmayanti, R. V.-8. (2017). Konformitas Teman Sebaya Dalam Perspektif Multikultural. Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 1, 71-82.

Reny H, Andriati, and Anissa Duwi Nur A’ini. 2020. “Hubungan Harga Diri Dan Pengetahuan Tentang Bullying Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja.” Jurnal Ilmiah Keperawatan Altruistik 3(2):28–37. doi: 10.48079/vol3.iss2.57

Sonang, S., Purba, A. T., & Pardede, F. O. (2019). Pengelompokan Jumlah Penduduk Berdasarkan Kategori Usia dengan Metode K-Means. Jurnal TEKINKOM, II(II), 166-172. doi:DOI 10.37600/tekinkom.v2i2.115

Sapitri A, W. (2020). Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini.

Seftyani, S. S., Widyaningsih, O., & Ulfa, M. (2020). Hubungan perilaku bullying dengan sikap interaksi sosial siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 271-280.

Shears, D. .., J. .. Freedman, and L. .. Peplau. 2014. Psikologi Sosial Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga. Simamora, Asnil Adli, and Nanda Suryani Sagala. 2022. “Efektifitas Pendidikan Kesehatan Melalui Teman Sebaya Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Tentang Bullying Pada Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.” Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) 5(11):1465–72. doi: 10.56338/mppki.v5i11.3012.

Sulfemi, Wahyu Bagja, and Okti Yasita. 2020. "Dukungan sosial teman sebaya terhadap perilaku bullying" jurnal pendidikan 21(2)

Sulistiyana, Ali Rachman, Eklys Cheseda Makaria, M. N. A. (2020). Konribusi Komunikasi Verbal dan Kontrol Sosial Terhadap Perilaku Bullying Verbal Siswa SMA Negeri 2 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar- Rahman, 6(1), 1-7.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. CV Alfabet Suhaida , Putri & Mardison, Safri. 2019. Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Konsep Dii Siswa Kelas VIII di MTsN Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bmbingan dan Konseling Islami. Padang: UIN imam Bonjol (Vol.5 No 3).

Siyoto, S., & Sodiq, A. (2015). Dasar metodologi penelitian (Ayup (ed.)). Literasi Media Publishing

Tarigan, S., & Azizah, P. T. (2016). Gambaran Tingkat Pengetahuan. Jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, 2(2), 33–37.

Tumon, Matraisa Bara Asie. 2014. “Studi Deskriptif Perilaku Bullying Pada Remaja.” Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 3(1):1– 17.

Ulfiah, Ulfiah (2020) Psikologi konseling

Usman, I. (2013). Perilaku Bullying Ditinjau Dari Peran Kelompok Teman Sebaya Dan Iklim Sekolah Pada Siswa Sma Di Kota Gorontalo. Gorontalo: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Widiasavitri, P. N. (2019). Hubungan dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi berprestasi pada remaja awal di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(02), 261.

Yulia, et.,all. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. 1(1), 39– 48.

Yuliani, N. (2019). Fenomena kasus bullying di sekolah

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-20