Mindfulness-Based Therapy dalam Penanganan Depresi Remaja: Literature Review

Penulis

  • Paramitha Amelia Kusumawardani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Saowaros Pungzup Faculty of Nursing, Mahidol University, Thailand
  • Evi Rinata Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
  • Effy Wardati Maryam Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Krisjayanti Soekarno Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
  • Alfisyar Agmar Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v10i2.26426

Kata Kunci:

Mindfulness, Depresi, Remaja, Kesehatan Mental, Literature Review

Abstrak

Tujuan: untuk mengeksplorasi efektivitas terapi berbasis mindfulness dalam mengurangi gejala depresi pada remaja melalui tinjauan pustaka.

Metode: Artikel ini menggunakan desain kualitatif deskriptif dengan metode tinjauan pustaka, menganalisis 12 artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2018 dan 2023 yang memenuhi kriteria inklusi. Data dikumpulkan dari basis data EBSCO, ProQuest, PubMed, dan Google Scholar dan dianalisis menggunakan pendekatan tematik.

Hasil: Dari total 84 artikel yang ditemukan pada penelusuran awal, dilakukan proses penyaringan berdasarkan judul, abstrak, dan ketersediaan teks lengkap. Setelah melalui proses seleksi, 30 artikel dipelajari secara mendalam, dan total 12 artikel memenuhi semua kriteria inklusi untuk remaja berusia 10-19 tahun sebagai partisipan utama dan diterbitkan dalam periode 2018-2023. Artikel yang tidak memenuhi kriteria, seperti tajuk rencana, opini, tinjauan nonilmiah, dan studi yang tidak secara eksplisit mencantumkan hasil atau intervensi MBT, dikecualikan dari analisis akhir. Hasil sintesis menunjukkan bahwa Terapi Berbasis Perhatian Penuh (MBT) secara konsisten memiliki dampak positif dalam mengurangi gejala depresi pada remaja

Kesimpulan: MBT merupakan intervensi yang menjanjikan dan adaptif untuk mengatasi depresi remaja secara holistik. Mengintegrasikan MBT ke dalam program sekolah dan konseling berbasis masyarakat direkomendasikan sebagai strategi kesehatan mental preventif dan promotif.

Biografi Penulis

Saowaros Pungzup, Faculty of Nursing, Mahidol University, Thailand

Department of Obstetric and Gynecological Nursing, Faculty of Nursing, 

  University Mahidol, Thailand

Effy Wardati Maryam, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan, Universitas    

  Muhammadiyah Sidoarjo.

Referensi

Arifiyani, I., & Setijanti, P. (2022). Ruang Publik Sebagai Optimalisasi Pengembangan Diri Remaja dengan Pendekatan Psikologi Arsitektur: Surabaya Youthcenter. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 10(2). https://doi.org/10.12962/j23373520.v10i2.69399

Bukhori, A., Yanti, A. R., & Rahmawati, A. (2023). Penerapan Mindfulness Training sebagai Upaya dalam Mengurangi Psychological Distress pada Generasi Z. Proceedings of Annual Guidance and Counseling Academic Forum.

Erina Altarika Asran. (2021). Pengaruh Dukungan Teman Sebaya terhadap Tingkat Depresi pada Korban Perundungan. Bandung Conference Series: Psychology Science, 1(1). https://doi.org/10.29313/bcsps.v1i1.77

Johannsen, M., Nissen, E. R., Lundorff, M., & O’Toole, M. S. (2022). Mediators of acceptance and mindfulness-based therapies for anxiety and depression: A systematic review and meta-analysis. Clinical Psychology Review, Vol. 94. https://doi.org/10.1016/j.cpr.2022.102156

Lala, L., Sianturi, R., Chaerunisa, M., Anggreini, N. F. N., Lestari, P., Farida, R. V., Pratywie, S. Z. (2020). Pemanfaatan Audiovisual Dalam Penanganan Depresi Pada Remaja. Jurnal Mitra Kesehatan, 3(1). https://doi.org/10.47522/jmk.v3i1.52

Lau, N., & Hue, M. (2011). Preliminary outcomes of a mindfulness-based programme for Hong Kong adolescents in schools: well-being, stress and depressive symptoms. International Journal of Children’s Spirituality, 16(4), 315–330. https://doi.org/10.1080/1364436X.2011.639747

Lekatompessy, R. (2023). Pengaruh Mindfulness Terhadap Depresi Remaja. Indonesian Journal of Nursing Scientific, 3(1). https://doi.org/10.58467/ijons.v3i1.62

Miller, L., & Campo, J. V. (2021). Depression in Adolescents. New England Journal of Medicine, 385(5). https://doi.org/10.1056/nejmra2033475

Musa, Z. A., Kim Lam, S., Binti Mamat @ Mukhtar, F., Kwong Yan, S., Tajudeen Olalekan, O., & Kim Geok, S. (2020). Effectiveness of mindfulness-based cognitive therapy on the management of depressive disorder: Systematic review. International Journal of Africa Nursing Sciences, Vol. 12. https://doi.org/10.1016/j.ijans.2020.100200

Kim et al. (2023). Online Mindfulness-Based Cognitive Therapy in Depressed Sample. Https://Clinicaltrials.Gov/Show/NCT05919875.

Oh, V. K. S., Sarwar, A., & Pervez, N. (2022). The study of mindfulness as an intervening factor for enhanced psychological well-being in building the level of resilience. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1056834

Pamungkas, B. A., & Kamalah, A. D. (2021). Gambaran Tingkat Depresi Pada Remaja : Literature Review. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, 1. https://doi.org/10.48144/prosiding.v1i.832

Pangerapan, R. V., Munayang, H., & Kairupan, B. H. R. (2023). Hubungan antara Aktivitas Fisik dan Depresi pada Remaja Sekolah Menengah Pertama. Medical Scope Journal, 5(1). https://doi.org/10.35790/msj.v5i1.45123

Prameswari, A., & Yudiarso, A. (2021). Efektivitas Mindfulness-Based Cognitive Therapy untuk Menurunkan Depresi : Meta-Analisis. Psycho Idea, 19(2). https://doi.org/10.30595/psychoidea.v19i2.9943

Rahmayanty, D., Pebrianto, A., Waroh, M., Putriansyah, E., & Yollanda, Y. (2023). Literatur Review : Pola Asuh Orang Tua Untuk Menunjang Perkembangan Anak Terhadap Identitas Remaja. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2). https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1172

Shomaker, L. B., Pivarunas, B., Annameier, S. K., Gulley, L., Quaglia, J., Brown, K. W., … Bell, C. (2019). One-Year Follow-Up of a Randomized Controlled Trial Piloting a Mindfulness-Based Group Intervention for Adolescent Insulin Resistance. Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01040

Thapar, A., Collishaw, S., Pine, D. S., & Thapar, A. K. (2012). Depression in adolescence. The Lancet, 379(9820), 1056–1067. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(11)60871-4

Widakdo, G., Balqis, A., Hidayatulloh, F., Adelia, A., Mahmudah, A., & Ilmu Keperawatan, F. (2023). Mindfullness dan Resiliensi terhadap Depresi Remaja. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1).

World Health Organization. (2020). WHo- HealthyAtHome - Mental health. Campaigns.

Wulandari, L. P., & Suwarjo, S. (2022). The Effectiveness Of Person Center Counseling To Reduce Anxiety In Children. European Journal of Education Studies, 9(12). https://doi.org/10.46827/ejes.v9i12.4589

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-07