Mindfulness-Based Therapy dalam Penanganan Depresi Remaja: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.30651/jkm.v10i2.26426Kata Kunci:
Mindfulness, Depresi, Remaja, Kesehatan Mental, Literature ReviewAbstrak
Tujuan: untuk mengeksplorasi efektivitas terapi berbasis mindfulness dalam mengurangi gejala depresi pada remaja melalui tinjauan pustaka.
Metode: Artikel ini menggunakan desain kualitatif deskriptif dengan metode tinjauan pustaka, menganalisis 12 artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2018 dan 2023 yang memenuhi kriteria inklusi. Data dikumpulkan dari basis data EBSCO, ProQuest, PubMed, dan Google Scholar dan dianalisis menggunakan pendekatan tematik.
Hasil: Dari total 84 artikel yang ditemukan pada penelusuran awal, dilakukan proses penyaringan berdasarkan judul, abstrak, dan ketersediaan teks lengkap. Setelah melalui proses seleksi, 30 artikel dipelajari secara mendalam, dan total 12 artikel memenuhi semua kriteria inklusi untuk remaja berusia 10-19 tahun sebagai partisipan utama dan diterbitkan dalam periode 2018-2023. Artikel yang tidak memenuhi kriteria, seperti tajuk rencana, opini, tinjauan nonilmiah, dan studi yang tidak secara eksplisit mencantumkan hasil atau intervensi MBT, dikecualikan dari analisis akhir. Hasil sintesis menunjukkan bahwa Terapi Berbasis Perhatian Penuh (MBT) secara konsisten memiliki dampak positif dalam mengurangi gejala depresi pada remaja
Kesimpulan: MBT merupakan intervensi yang menjanjikan dan adaptif untuk mengatasi depresi remaja secara holistik. Mengintegrasikan MBT ke dalam program sekolah dan konseling berbasis masyarakat direkomendasikan sebagai strategi kesehatan mental preventif dan promotif.
Referensi
Arifiyani, I., & Setijanti, P. (2022). Ruang Publik Sebagai Optimalisasi Pengembangan Diri Remaja dengan Pendekatan Psikologi Arsitektur: Surabaya Youthcenter. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 10(2). https://doi.org/10.12962/j23373520.v10i2.69399
Bukhori, A., Yanti, A. R., & Rahmawati, A. (2023). Penerapan Mindfulness Training sebagai Upaya dalam Mengurangi Psychological Distress pada Generasi Z. Proceedings of Annual Guidance and Counseling Academic Forum.
Erina Altarika Asran. (2021). Pengaruh Dukungan Teman Sebaya terhadap Tingkat Depresi pada Korban Perundungan. Bandung Conference Series: Psychology Science, 1(1). https://doi.org/10.29313/bcsps.v1i1.77
Johannsen, M., Nissen, E. R., Lundorff, M., & O’Toole, M. S. (2022). Mediators of acceptance and mindfulness-based therapies for anxiety and depression: A systematic review and meta-analysis. Clinical Psychology Review, Vol. 94. https://doi.org/10.1016/j.cpr.2022.102156
Lala, L., Sianturi, R., Chaerunisa, M., Anggreini, N. F. N., Lestari, P., Farida, R. V., Pratywie, S. Z. (2020). Pemanfaatan Audiovisual Dalam Penanganan Depresi Pada Remaja. Jurnal Mitra Kesehatan, 3(1). https://doi.org/10.47522/jmk.v3i1.52
Lau, N., & Hue, M. (2011). Preliminary outcomes of a mindfulness-based programme for Hong Kong adolescents in schools: well-being, stress and depressive symptoms. International Journal of Children’s Spirituality, 16(4), 315–330. https://doi.org/10.1080/1364436X.2011.639747
Lekatompessy, R. (2023). Pengaruh Mindfulness Terhadap Depresi Remaja. Indonesian Journal of Nursing Scientific, 3(1). https://doi.org/10.58467/ijons.v3i1.62
Miller, L., & Campo, J. V. (2021). Depression in Adolescents. New England Journal of Medicine, 385(5). https://doi.org/10.1056/nejmra2033475
Musa, Z. A., Kim Lam, S., Binti Mamat @ Mukhtar, F., Kwong Yan, S., Tajudeen Olalekan, O., & Kim Geok, S. (2020). Effectiveness of mindfulness-based cognitive therapy on the management of depressive disorder: Systematic review. International Journal of Africa Nursing Sciences, Vol. 12. https://doi.org/10.1016/j.ijans.2020.100200
Kim et al. (2023). Online Mindfulness-Based Cognitive Therapy in Depressed Sample. Https://Clinicaltrials.Gov/Show/NCT05919875.
Oh, V. K. S., Sarwar, A., & Pervez, N. (2022). The study of mindfulness as an intervening factor for enhanced psychological well-being in building the level of resilience. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1056834
Pamungkas, B. A., & Kamalah, A. D. (2021). Gambaran Tingkat Depresi Pada Remaja : Literature Review. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, 1. https://doi.org/10.48144/prosiding.v1i.832
Pangerapan, R. V., Munayang, H., & Kairupan, B. H. R. (2023). Hubungan antara Aktivitas Fisik dan Depresi pada Remaja Sekolah Menengah Pertama. Medical Scope Journal, 5(1). https://doi.org/10.35790/msj.v5i1.45123
Prameswari, A., & Yudiarso, A. (2021). Efektivitas Mindfulness-Based Cognitive Therapy untuk Menurunkan Depresi : Meta-Analisis. Psycho Idea, 19(2). https://doi.org/10.30595/psychoidea.v19i2.9943
Rahmayanty, D., Pebrianto, A., Waroh, M., Putriansyah, E., & Yollanda, Y. (2023). Literatur Review : Pola Asuh Orang Tua Untuk Menunjang Perkembangan Anak Terhadap Identitas Remaja. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2). https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1172
Shomaker, L. B., Pivarunas, B., Annameier, S. K., Gulley, L., Quaglia, J., Brown, K. W., … Bell, C. (2019). One-Year Follow-Up of a Randomized Controlled Trial Piloting a Mindfulness-Based Group Intervention for Adolescent Insulin Resistance. Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01040
Thapar, A., Collishaw, S., Pine, D. S., & Thapar, A. K. (2012). Depression in adolescence. The Lancet, 379(9820), 1056–1067. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(11)60871-4
Widakdo, G., Balqis, A., Hidayatulloh, F., Adelia, A., Mahmudah, A., & Ilmu Keperawatan, F. (2023). Mindfullness dan Resiliensi terhadap Depresi Remaja. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1).
World Health Organization. (2020). WHo- HealthyAtHome - Mental health. Campaigns.
Wulandari, L. P., & Suwarjo, S. (2022). The Effectiveness Of Person Center Counseling To Reduce Anxiety In Children. European Journal of Education Studies, 9(12). https://doi.org/10.46827/ejes.v9i12.4589
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Paramitha Amelia Kusumawardani, Saowaros Pungzup, Evi Rinata, Effy Wardati Maryam, Krisjayanti Soekarno, Alfisyar Agmar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:Â Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)







