Hubungan Perilaku Penggunaan Gadget Dengan Miopia Pada Anak Usia Sekolah Di SDN Sukaraja 2

Penulis

  • Resta Firdawati Juvitha Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v9i3.22404

Kata Kunci:

Perilaku penggunaan gadget, Miopia, Anak usia sekolah

Abstrak

Miopia adalah kelainan refraksi yang terjadi ketika sinar cahaya yang masuk ke mata sejajar dengan sumbu optik menjadi fokus di depan retina ketika akomodasi mata rileks. Diperkirakan pada tahun 2050 sekitar 49,8% masyarakat global menderita miopia dan miopia tinggi sebanyak 9,8%. Pengenalan gadget pada anak usia sekolah masih terlalu awal dimana anak-anak lebih baik beraktivitas fisik atau bermain secara langsung dalam kelompok daripada mengenal gadget. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku penggunaan gadget dengan miopia pada anak usia sekolah di SDN Sukaraja 2. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan penelitian survey desain korelasi dan pendekatan cross-sectional. Instrument penelitian ini menggunakan kuesioner dan Snellen chart yang terdapat pada buku pendoman SDIDTK yang dikeluarkan Kemenkes (2016). Sampel penelitian 43 siswa kelas 5 di SDN Sukaraja 2. Analisis data di uji menggunakan uji korelasi chi-square. Hasil penelitian ini menemukan tidak ada hubungan antara perilaku penggunaan gadget dengan miopia pada anak usia sekolah di SDN Sukaraja 2 (Asimp.Sig 0,077 > 0,05). Dapat disimpulkan bahwa perilaku penggunaan gadget termasuk kategori baik dengan skor tertinggi adalah perilaku baik sebanyak 29 (67,44%). Miopia pada anak termasuk normal dengan hasil skor tingkat daya lihat yang paling banyak yaitu normal sebanyak 37 (86.05%) dan tidak ada hubungan yang signifikan antara perilaku penggunaan gadget dengan miopia.

Referensi

Azamiah, M. Z. K., Agustiani, H., & Pebriani, L. V. (2023). Program Psikoedukasi Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 234–244. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.197

Azizah, R. S. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Akhlak Siswa MTs sunan kalijogo Mojo kediri. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27625

Fadilah, F. (2022). Pendampingan Orang Tua Dalam Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah. Repository.Stikes-Adc.Ac.Id. https://repository.stikes-adc.ac.id/file/mahasiswa/2013704179.pdf

Ginting, A. S. (2022). Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Kejadian Miopia Siswa-Siswi Man 2 Langkat Tahun 2022. 1–47.

Haruna, S. R., Haerani, H., Palayukan, safira S., Ponseng, N. A., Ramadhani, S., & Mondjil, R. (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Gadget Addicted Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Uwais Inspirasi Indonesia, 2022. https://books.google.co.id/books?id=1UehEAAAQBAJ&lpg=PA1&ots=Ai-WHSnlmU&dq=definisi gadget &lr&hl=id&pg=PA6#v=onepage&q=definisi gadget&f=false

Nisaussholihah, N., Faradis, H., Roesbiantoro, A., Muhammad, D. A., & Salim, H. M. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kejadian Miopia Pada Anak Usia Sekolah (4-17 Tahun) Di Poli Mata Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Jurnal Kesehatan Islam : Islamic Health Journal, 9(2), 55. https://doi.org/10.33474/jki.v9i2.8872

Permana, G. A. R., Sari, K. A. K., & Aryani, P. (2020). Hubungan perilaku penggunaan gadget terhadap miopia pada anak sekolah dasar kelas 6 di Kota Denpasar. Intisari Sains Medis, 11(2), 763–768. https://doi.org/10.15562/ism.v11i2.694

Rini, M. K., & Huriah, T. (2020). Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja: Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 185–194. https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.4609

Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1161

Sankaridurg, P., Tahhan, N., Kandel, H., Naduvilath, T., Zou, H., Frick, K. D., Marmamula, S., Friedman, D. S., Lamoureux, E., Keeffe, J., Walline, J. J., Fricke, T. R., Kovai, V., & Resnikoff, S. (2021). IMI impact of myopia. Investigative Ophthalmology and Visual Science, 62(5). https://doi.org/10.1167/iovs.62.5.2

Solikah, S. N., Hasnah, K., & Marni. (2022). Monograf Senam Mata untuk Pencegahan Miopia (M. Nasrudin (ed.)). PT. Nasya Expanding Management. https://www.google.co.id/books/edition/_/SYFbEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&pg=PA14&dq=definisi+ketajaman+penglihatan+mata

Supit, F., & Winly. (2021). Miopia: Epidemiologi dan Faktor Risiko. Cermin Dunia Kedokteran, 48(12), 741. https://doi.org/10.55175/cdk.v48i12.1583

Wati, D. R. (2021). Gadget Dan Pengaruhnya Pada Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kesehatan Tujuh Belas, 2(2), 228–233.

Yulaihah, A. (2018). Hubungan perilaku penggunaan gadget dengan tingkat daya lihat anak usia prasekolah di TK ABA Tegalrejo Yogyakarta. Naskah Publikasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ’Aisyiyah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-03