Pengaruh Responsiveness Perawat Dalam Praktik Komunikasi Terapeutik Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruangan Interna RSUD Dr. Hasri Ainun Habibie Provinsi Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.30651/jkm.v9i2.21875Kata Kunci:
Komunikasi Terapeutik, Perawat, ResponsivenessAbstrak
Sumber daya yang paling banyak menyumbang sebagai pendukung kepuasan pasien adalah perawat karena frekuensinya yang lebih sering bertemu dengan pasien dalam hal memberikan pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, komunikasi menjadi hal mendasar yang dibutuhkan dalam pelayanan Kesehatan. Tujuan penelitian ini mahasiswa mampu mengetahui pengaruh responsiveness perawat dalam praktik komunikasi terapeutik terhadap kepuasan pasien di RSUD dr. Hasri Ainun Habibie Provinsi Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dalam bentuk studi kasus pada 10 orang responden yang dirawat di ruangan interna RSUD dr. Hasri Ainun Habibie Provinsi Gorontalo. Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar pasien sudah puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh perawat di RSUD dr. Hasri Ainun Habibie Provinsi Gorontalo. Akan tetapi, walaupun sebagian besar pasien sangat puas terhadap responsiveness yang diberikan oleh perawat, didapatkan dari beberapa pernyataan yang terdapat pada kuesioner sebagian besar pilihan jawaban yang diberikan tidak puas yaitu pada pernyataan perawat menawarkan bantuan kepada pasien ketika pasien mengalami kesulitan walau tanpa diminta, perawat selalu menanyakan keluhan pasien, perawat memberikan penjelasan tentang penyakit pasien, perawat segera datang ketika pasien membutuhkan, perawat secara berkala mengunjungi pasien tanpa diminta, perawat bersikap ramah dan sopan saat menangani keluhan pasien.
Referensi
Astuti, & Kustiyah, E. (2020). Analisis Kepuasan Terhadap Pasien Rawat Inap Atas Pelayanan Rumah Sakit Umum Kabupaten Sragen. Jurnal Gema, 26(48), 1356–1371.
Djala, F. L. (2021). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruangan Interna Rumah Sakit Umum Daerah Poso. Journal Of Islamic Medicine, 5(1), 41–47.
Hasan, A. (2021). Pengaruh Tangibles, Empathy, Reliability, Responsiveness Dan Assurance Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Pada Puskesmas Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(1), 85.
Khairani, M., Salviana, D., & Abu Bakar. (2021). Kepuasan Pasien Ditinjau dari Komunikasi Perawat-Pasien. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 9–17.
Lesmana, I. S. (2021). Hubungan caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Studi Kasus, 116.
Nanda, A. S. (2018). Pengaruh Responsiveness Perawat Dalam Praktik Komunikasi Terapeutik Terhadap Kepuasan Pasien Instalasi Rawat Inap Rsu Haji Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 173.
Primadianty, I. (2020). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Massenrempulu Kabupaten Enrekang. Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar, 1–114.
Setiawan, Y., Asmuji, & Komarudin. (2017). Hubungan Responsiveness Tenaga Kesehatan Kabupaten Jember. 30, 1–14.
Suwito, F., & Priyantari, W. (2022). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Pada Pelaksanaan Orientasi Pasien Baru Dengan Kepuasan Pasien Di RS TK . II. Jurnal Indonesia Sehat: Healthy Indonesian Journal, 1(1), 21–28.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Avriliani Sagita Molou
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:Â Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)