Peran Serta Manager Pelayanan Pasien (MPP) Dengan Tingkat Kepuasan Perawat Di IPIT RSUD Dr. Saiful Anwar Malang

Penulis

  • Dwi Nurhayati Stikes Maharani Malang

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v9i2.21826

Kata Kunci:

Manager pelayanan pasien, Peran serta Manager Pelayanan Pasien, Tingkat kepuasan perawat

Abstrak

Rumah sakit organisasi dengan sistem kompleks dan adaptif. Produk yang dihasilkan melibatkan input, proses, dan ekosistem beragam, saling terhubung dan berkesinambungan. Studi panel ekspert menyepakati sebuah model keperawatan Manager Pelayanan Pasien (MPP) sebagai upaya yang mampu memujudkan preference ataupun hak pasien untuk menentukan pilihan perawatan sesuai kebutuhan dan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan peran serta Manager Pelayanan Pasien (MPP) terhadap tingkat kepuasan perawat dalam pemberian pelayanan perawatan di Instalasi Pelayanan Infeksi Terpadu RSUD dr. Saiful Anwar Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 40 perawat dengan teknik sampling menggunakan non probability sampling pendekatan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden yaitu 27 orang (67,5%) perawat menyatakan puas dalam keikutsertaan Manager Pelayanan Pasien (MPP) dalam pemberian pelayanan keperawatan di Instalasi Pelayanan Infeksi Terpadu RSUD dr. Saiful Anwar Malang serta peran serta MPP menunjukkan sebagian besar 27 responden (67,5%) menyebutkan peran serta MPP kategori kadang-kadang. Hasil uji analisis spearmans rho menunjukkan nilai signifikan p-value 0,000 (p<0,05 yang artinya terdapat hubungan antara peran serta MPP dengan tingkat kepuasan perawat, dengan tingkat keeratan 0,762 bersifat positif/searah dengan tingkat korelasi kuat. Semakin sering MPP berperan serta semakin tinggi kepuasan perawat. Peran serta MPP dalam menyelesaikan permasalahan yang menjadi kelolaan MPP dapat diketahui lebih awal, sehingga perawat tidak mendapat tugas tambahan dan lebih fokus terhadap pelayanan peran serta MPP dapat meningkatkan kerjasama, melakukan koordinasi sehingga kesalahan informasi, keterlambatan informasi, dan pelayanan tidak terjadi.

Referensi

Aeni, W. N. (2014). Pengembangan case manager dalam patient centered care. Jurnal Manajemen Keperawatan, 2(2), 126-134.

Aini, Z., Suprapto, E., Rokhmadi, K., & Supriyanto. (2021). Peran Manager Pelayanan Pasien dalam Pelayanan Berfokus pada Pasien di RSUD Dr. . Iskak Tulungalgung. 03, 46–51.

Anggrainy, D., Setiawan, H., Rizany, I., Studi, P., Keperawatan, I., Kedokteran, F., Mangkurat, L., Yani, J. al, & 36, K. M. (2022). Peran Manager Pelayanan Pasien (MPP) Di Rawat Inap: Literature Review. 48–54.

Arikunto, S., (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pengantar Praktik, Jakarta:Rineka Cipta Armstrong, M; Taylor, S. 2014. Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice: 13th Edition

Audi, S. (2019). Efektivitas peran case manager dalam upaya meningkatkan kendali mutu dan kendali biaya pelayanan rawat inap intensif peserta program Jaminan Kesehatan Nalsional (JKN) di RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung. Universitas Pasundan, 224(11), 122–130.

Aziz, H. (2016) . Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknik Analisis Data.Jakarta: Salemba Medika

Bahrudin, M., & Zuhro, S. Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 3(1), 1-17.

Case Management Society of America (CMSAL). (2015). Standards of practice for case management. Little Rock: Arkansas. diakses dari www.cmsa.org pada tanggal 20 Desember 2022.

Creswel, J. W. (2015). Qualitaltive Inquiry & Research Design: Choosing among Five Approaches (3rd ed.). Thousand Oaks, CAL: SALGE.

Devi, N. L. P. L., Swarjana, I. K., Sastamidhyani, N. P. AL. J., & Wicaksana, I. G. AL. T. (2021). Determinan persepsi perawat tentang peran case manager. Jurnal Kepemimpinan daln Manajemen Keperawatan, 4(2), 102-109.

Garcia, G.R, et all. (2021) Assessing Nurses’ Satisfaction with Continuity of Care alnd the Case Management Model as an Indicator of Quallity of Care in Spain. Int.

Maijala, V., Tossavainen, K., & Turunen, H. (2015). Identifying nurse practitioners' required case management competencies in heallth promotion practice in municipal public primary health cale. A two‐stage modified Delphi study. Journal of clinical nursing, 24 (17-18), 2554-2561.

Marquis., & Huston. (2015). Kepemimpinan dan manajemen keperawatan. Teori dan Aplikasi. Jakarta: EGC.

Sunaringtyas, W., & Sulisno, M. (2015). Strategi Manager Pelayanan Pasien (MPP) dalam Mengelola Kasus Pasien Rawat Inap di RS B Kediri. The Indonesian Journal of Health Science.

Suratman, E. (2022). Korelasi antara Peran Manager Pelayanan Pasien (MPP) dengan Tingkat Kepuasan Customer Internal dan External di RSUD dr. Saliful Anwar Malang.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-02