Efektifitas Terapi Easy Emotional Freedom Technique (Easy EFT) Terhadap Kecemasan Pada Mahasiswa Keperawatan

Penulis

  • cucu Rokayah Universitas Bhakti Kencana

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v9i2.21819

Kata Kunci:

EFT, Kecemasan

Abstrak

Pada konteks pendidikan kecemasan terkait dengan situasi khusus yang merujuk  kondisi  dialami selama proses studi dan bisa menjadi gangguan kinerja akademik. Respon kecemasan pada mahasiswa dapat mempengaruhi kemampuan daya tangkap berkurang, mengamhhu hubungan sosial, penurunan konsentrasi, kebingungan , pemecahan masalah yang buruk dan frustasi  sehingga dibutuhkan intervensi salah satunya dengan menggunakan easy EFT.  Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi pengaruh terapi easy EFT pada mahasiswa keperaawatan.  Design penelitian menggunakan eksperimen pre-post test  menggunakan kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa fakultas keperawatan universitas Bhakti Kencana dengan tehnik simple ramdom menggunakan aplikasi G*Power didapatkan jumlah sample 36 responden. Instrument yang digunakan yaitu panduan pelaksanaan easy EFT dan instrument online test anxiety inventori untuk mengukur kecemasan.  Analisis yang digunakan adalah analisis univariat untuk melihat gambaran kecemasan dan analisis bivariat menggunakan paired t-test untuk melihat keefektifan easy EFT. Hasil penelitian nilai mean kesemasan sebelum dilakukan intervensi sebesar 26,7 dan setelah diberikan intervensi sebesar 13,1 selanjutnya perbedaan kecemasan pada kelompok control dan kelompok intervensi dengan nilai p-value 0.00 sehingga dapat didimpulkan secara statistic ada pengaruh yang signifikan.

Referensi

Badyal DK, Lata H, Dadhich AP. Animal models of hypertension and effect of drugs. Indian Journal of Pharmacology. 2003;35(6):349-362.

Lawhead JB, Baker MC. Introduction to veterinary science. Clifton Park (NY): Thomson Delmar Learning; 2005.

Meltzer PS, Kallioniemi A, Trent JM. Chromosome alterations in human solid tumors. In: Vogelstein B, Kinzler KW, editors. The genetic basis of human cancer. New York: McGraw-Hill; 2002. p. 93-113.

Agustin P. Pengaruh Pemberian Nanokristal Kuersetin terhadap Gagal Ginjal Akut yang Diinduksi dengan Gentamisin [skripsi]. Padang: Fakultas Farmasi Universitas Andalas; 2017.

Pullen LC. Antibiotic Resistance Continues to be a Problem in Children [Internet]. Medscape. 2017 [cited 29 December 2017]. Available from: https://www.medscape.com/viewarticle/860801.

Alibak, M., & Talebi, H. (2016). Development and Validation of a Test Anxiety.

Bach, D., Groesbeck, G., Stapleton, P., Sims, R., Blickheuser, K., & Church, D. (2019). Clinical EFT (Emotional Freedom Techniques) Improves Multiple Physiological Markers of Health. Journal of Evidence-Based Integrative Medicine, 24, 2515690X1882369. https://doi.org/10.1177/2515690X18823691

Badr, A. F., & Binmahfouz, L. S. (2020). Impact of COVID-19 Pandemic on Mental Health Among Pharmacy Students at King Abdulaziz University, Jeddah, Saudi Arabia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 11(6), 12. https://doi.org/10.36941/mjss-2020-0059

Biber, D. D., Melton, B., & Czech, D. R. (2020). The impact of COVID-19 on college anxiety, optimism, gratitude, and course satisfaction. Journal of American College Health, 1–6. https://doi.org/10.1080/07448481.2020.1842424

Cabýoglu, M. T., Ergene, N., & Tan, U. (2006). The mechanism of acupuncture and clinical applications. The International Journal of Neuroscience, 116(2), 115–125. https://doi.org/10.1080/00207450500341472

Chruch, D. (2013). eft Emotional Freedom Technique. In Tampa Bay Wellness (Vol. 28, Issue 9). https://login.liboff.ohsu.edu/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=awh&AN=82073449&site=ehost-live

Church, D., Yount, G., Rachlin, K., Fox, L., & Nelms, J. (2018). Epigenetic Effects of PTSD Remediation in Veterans Using Clinical Emotional Freedom Techniques: A Randomized Controlled Pilot Study. American Journal of Health Promotion, 32(1), 112–122. https://doi.org/10.1177/0890117116661154

Dangal, M. R., & Bajracharya, L. S. (2020). Students Anxiety Experiences during COVID-19 in Nepal. Kathmandu University Medical Journal, 18(2), 53–57. https://doi.org/10.3126/kumj.v18i2.32957

Diepold, J. H., & Goldstein, D. M. (2009). Thought field therapy and QEEG changes in the treatment of trauma: A case study. Traumatology, 15(1), 85–93. https://doi.org/10.1177/1534765608325304

Feinstein, D., & Church, D. (2010). Modulating Gene Expression through Psychotherapy: The Contribution of Noninvasive Somatic Interventions. Review of General Psychology, 14(4), 283–295. https://doi.org/10.1037/a0021252

İnangil, D., Irmak Vural, P., Doğan, S., & Körpe, G. (2020). Effectiveness of Music Therapy and Emotional Freedom Technique on Test Anxiety in Turkish Nursing Students: A Randomised Controlled Trial. European Journal of Integrative Medicine, 33(July 2019), 101041. https://doi.org/10.1016/j.eujim.2019.101041

König, Steber, Seebacher, von Prittwitz, Bliem, Rossi, Prittwitz, von, Bliem, & Rossi. (2019). How Therapeutic Tapping Can Alter Neural Correlates of Emotional Prosody Processing in Anxiety. Brain Sciences, 9(8), 206. https://doi.org/10.3390/brainsci9080206

Li, H. Y., Cao, H., Leung, D. Y. P., & Mak, Y. W. (2020). The psychological impacts of a covid-19 outbreak on college students in China: A longitudinal study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(11). https://doi.org/10.3390/ijerph17113933

Moore-Hafter, B., Barbee, J., Zacharias-Miller, C., & Lynne Shaner, P. D. (2020). Free Tapping Manual A Comprehensive Introductory Guide to EFT (Emotional Freedom Techniques) (Update Ver). EFT International. https://eftinternational.org/discover-eft-tapping/free-eft-manual/

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-02