Pengaruh Komunikasi, Sikap, Dan Motivasi Perawat Terhadap Perencanaan Pulang Pasien COVID-19 Di RSDC Wisma Atlet Kemayoran
DOI:
https://doi.org/10.30651/jkm.v8i3.18605Keywords:
Kata Kunci, Komunikasi, Sikap, Motivasi Perawat, Perencanaan PulangAbstract
Perencanaan pulang pasien merupakan proses pelayanan keperawatan yang dimulai dari pasien masuk rumah sakit dengan tahapan asesmen, diagnosis, intervensi, implementasi dan evaluasi sampai pasien kembali. Proses discharge planning pasien belum maksimal mengakibatkan kurangnya informasi yang dilakukan oleh perawat sehingga perlu adanya komunikasi yang baik agar informasi lebih jelas dan dapat dipahami oleh pasien dan keluarga, sikap dan motivasi perawat menjadi kunci keberhasilan dalam menyampaikan informasi sesuai dengan kebutuhan
Metode: Desain Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang dilakukan dengan uji korelasi dengan desain penelitian cross sectional. Lokasi penelitian di Wisma Atlet Kemayoran RSDC pada bulan Oktober 2022 sampai dengan Januari 2023 dengan sampel sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dengan wawancara dan pengisian kuesioner. Variabel bebas komunikasi, sikap, dan motivasi perawat. Variabel dependen adalah Pelaksanaan Discharge Planning. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perencanaan pulang pasien Covid-19 di RS Wisma Atlet Kemayoran, sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap perencanaan pulang pasien Covid-19 di RSDC Wisma Atlet Kemayoran , motivasi perawat berpengaruh positif dan signifikan terhadap perencanaan pulang pasien Covid -19 di RS Wisma Atlet Kemayoran dan Komunikasi, sikap dan motivasi perawat secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap perencanaan pulang pasien Covid-19 di RS Wisma Atlet Kemayoran. Artinya semakin baik komunikasi, sikap dan motivasi perawat yang dimiliki oleh pegawai, maka semakin baik perencanaan kepulangan pasien Covid-19. Begitu juga sebaliknya.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh komunikasi, sikap, dan motivasi terhadap discharge planning pasien Covid-19 di pelayanan keperawatan.
Â
Â
References
Darmawan, I. (2009). Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Klien Dalam Mendapatkan Pelayanan Keperawatan Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Dr. Soedarso Pontianak Kalimantan Barat. Keperawatan Gawat Darurat, 1–16.
Mustikaningsih, D., Fatmawati, A., & Suniati, N. (2020). Pelaksanaan Perencanaan Pulang Oleh Perawat. Jurnal Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan, 3(2), 45. https://doi.org/10.32584/jkmk.v3i2.524
Nitisemito, A. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia, Pustaka setia. Bandung.
Pieter, H. Z. (2017). Dasar-dasar komunikasi bagi perawat. Prenada Media.
Rezkiki, F., & Fardilah, V. N. (2019). Deskripsi Pelaksanaan Discharge Planning Di Ruang Rawat Inap. REAL in Nursing Journal, 2(3), 126. https://doi.org/10.32883/rnj.v2i3.566
Shelby, (2019). Discharge Planning Pada Pasien di Rumah Sakit (Vol. 1). http://eprints.undip.ac.id/80675/
Syuhada, F. A., Rad, S. T. K., & Id, M. T. (2022). Korelasi Cycle Threshold Value Pada RT-PCR Terhadap Hasil Rontgen Thorax Pasien COVID-19.
Yanti, A. (2012). PASIEN PASCA STROKE DI RUANG NEUROLOGI RSUP . DR . M . DJAMIL PADANG TAHUN 2012 AFRIYANTI. 2, 10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yohana Teodosia Setu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:Â Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)