Pengaruh Pemberian Modul Asuhan Persalinan Kala II Terhadap Keterampilan Mahasiswa DIII Kebidanan
DOI:
https://doi.org/10.30651/jkm.v5i2.3951Kata Kunci:
Modul Asuhan Persalinanan Kala II, keterampilan mahasiswa, kala II persalinanAbstrak
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian modul terhadap keterampilan asuhan persalinan kala II pada mahasiswa DIII Kebidanan. Metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimental (pre-post test design). Pengambilan Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian mahasisiswa tingkat II semester III yang aktif di sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Program Studi D III Kebidanan Pelamonia Kesdam VII Wirabuana Makassar sebanyak 46 responden. Penelitian dilaksanakan mulai mulai bulan november sampai desember 2019.
Hasil: Penelitian olah data dengan menggunakan Uji wilcoxon dengan menggunakan SPSS 24 didapatkan bahwa keterampilan mahasiswa sebelum pemberian modul tergolong kurang terampil (100%) dan setelah pemberian modul terdapat 45.7% yang terampil melakukan asuhan persalinan kala II sebanyak dan hasil uji statistik menunjukkan adanya perbedaan keterampilan sebelum dan sesudah pemberian modul (p<0.05). Dapat Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa pemberian modul pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan persalinan kala II.
Referensi
Agus Susilo, Siswandari, B. 2016, ‘Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas Xii Sma N I Slogohimo 2014’, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, vol. 26, no. 1.
Arief Rahman Hakim 2019, ‘The Influence of Task Based Language Teaching and Learning Motivation Toward Writing Achievement’, journal of english teachin, linguistics and literatur, vol. 1,No.1, p. 3.
Kementrian-Kesehatan-RI 2011, Kurikulum inti Pendidikan D-III Kebidanan .BPPSDM, bakti husada, Jakarta:
Kowitlawakul, Y., Chan, M.F., Tan, S.S.L., Soong, A.S.K. & Chan, S.W.C. 2017, ‘Development of an e-Learning research module using multimedia instruction approach’, CIN - Computers Informatics Nursing, vol. 35, no. 3, pp. 158–66.
Lisa, U.F., Hernowo, B.S. & Anwar, R. 2016, Pengaruh Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Praktikum terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa dalam Penanganan Distosia Bahu di Universitas Ubudiyah Indonesia The Effect of Using Video Media in Skill Laboratory f or Student ’ s Knowledge and, vol. 2, no. 1, pp. 46–58.
Muhaimin Yaumi 2018, Media Teknologi pembelajaran, Predana Media.
Murphy, P.A. 2016, ‘The Importance of Preceptors: Midwifing the Next Generation’, Journal of Midwifery and Women’s Health, vol. 61, pp. 5–6.
Mushawwir, A., Tahir, T., Kadar, K., Khalid, N. & Ahmar, H. 2019, ‘Jurnal Keperawatan Muhammadiyah’, Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Alamat, pp. 60–8.
Nurmala, C. 2018, Pengaruh penerapan Model pembelajaran Keterampilan Laboratorium Asuhan Persalinan Terintegrasi Terhadap Peningkatan Kompetensi Mahasiswa D-III Kebidanan, vol. 2 No 1, p. 23.
Rillero, P. & Chen, Y. n.d., The Use of a Digital Problem-Based Learning Module in Science Methods Courses Peter Rillero and Ying-Chih Chen *, no. c.
Sawyer, J.A.G. authorRebekah F.K. 2019, Fostering creative performance in art and design education via self-regulated learning, vol. 47, no. pp127-149.
Sinatra, Gale M. Taasoobshirazi, G. 2019, The self-regulation of learning and conceptual change in science: Research, theory, and educational applications.
Sumarah, S. & Widyasih, H. 2017, ‘Effect of Vaginal Hygiene Module to Attitudes and Behavior of Pathological Vaginal Discharge Prevention Among Female Adolescents in Slemanregency, Yogyakarta, Indonesia.’, Journal of family & reproductive health, vol. 11, no. 2, pp. 104–9.
Suwisi, M.M. 2015, Pengaruh penggunaan media visual dan audio visual dalam pembelajaran terhadap minat belajar mahasiswa pada mata kuliah Askeb II di Akademi kebidanan Wira Husada Nusantara., vol. 3, pp. 1–9.
Tsakitzidis, G., Timmermans, O., Callewaert, N., Truijen, S., Meulemans, H. & Van Royen, P. 2015, ‘Participant evaluation of an education module on interprofessional collaboration for students in healthcare studies’, BMC Medical Education, vol. 15, no. 1, pp. 1–8.
UNDP 2015, Konvergensi Agenda Pembangunan Nawacita, RPJMN dan SDGs.
Usep Kurniawan 2016, Pengembangan media pembelajaran anak usia Dini, 1st edn, Gunung Samudra, Malang.
Wahyuningsih, S., Susiarno, H., Setiawan, S., Husin, F., Abdulhak, I. & Wirakusumah, F.F. 2017, ‘Peran Penerapan Model Pembelajaran Asuhan Persalinan Kala I dan II Terintegrasi Terhadap Motivasi dan Kompetensi Mahasiswa serta Kepuasan Pasien pada Praktik Klinik Kebidanan’, Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia, vol. 2, no. 4, p. 9.
Yankey, F.W.-M., Dankwah, D.A., Adu-Aboagye, L., Asempah, A., Prempeh, E.B.A., Forkuo, S. & Doe, G.A. 2017, ‘Stress among Nursing and Midwifery Students Offering a Top-Up Module in the University of Health and Allied Health Sciences, Ho’, OALib, vol. 04, no. 01, pp. 1–13.
Agus Susilo, Siswandari, B. 2016, ‘Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas Xii Sma N I Slogohimo 2014’, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, vol. 26, no. 1.
Arief Rahman Hakim 2019, ‘The Influence of Task Based Language Teaching and Learning Motivation Toward Writing Achievement’, journal of english teachin, linguistics and literatur, vol. 1,No.1, p. 3.
Kementrian-Kesehatan-RI 2011, Kurikulum inti Pendidikan D-III Kebidanan .BPPSDM, bakti husada, Jakarta:
Kowitlawakul, Y., Chan, M.F., Tan, S.S.L., Soong, A.S.K. & Chan, S.W.C. 2017, ‘Development of an e-Learning research module using multimedia instruction approach’, CIN - Computers Informatics Nursing, vol. 35, no. 3, pp. 158–66.
Lisa, U.F., Hernowo, B.S. & Anwar, R. 2016, Pengaruh Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Praktikum terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa dalam Penanganan Distosia Bahu di Universitas Ubudiyah Indonesia The Effect of Using Video Media in Skill Laboratory f or Student ’ s Knowledge and, vol. 2, no. 1, pp. 46–58.
Muhaimin Yaumi 2018, Media Teknologi pembelajaran, Predana Media.
Murphy, P.A. 2016, ‘The Importance of Preceptors: Midwifing the Next Generation’, Journal of Midwifery and Women’s Health, vol. 61, pp. 5–6.
Mushawwir, A., Tahir, T., Kadar, K., Khalid, N. & Ahmar, H. 2019, ‘Jurnal Keperawatan Muhammadiyah’, Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Alamat, pp. 60–8.
Nurmala, C. 2018, Pengaruh penerapan Model pembelajaran Keterampilan Laboratorium Asuhan Persalinan Terintegrasi Terhadap Peningkatan Kompetensi Mahasiswa D-III Kebidanan, vol. 2 No 1, p. 23.
Rillero, P. & Chen, Y. n.d., The Use of a Digital Problem-Based Learning Module in Science Methods Courses Peter Rillero and Ying-Chih Chen *, no. c.
Sawyer, J.A.G. authorRebekah F.K. 2019, Fostering creative performance in art and design education via self-regulated learning, vol. 47, no. pp127-149.
Sinatra, Gale M. Taasoobshirazi, G. 2019, The self-regulation of learning and conceptual change in science: Research, theory, and educational applications.
Sumarah, S. & Widyasih, H. 2017, ‘Effect of Vaginal Hygiene Module to Attitudes and Behavior of Pathological Vaginal Discharge Prevention Among Female Adolescents in Slemanregency, Yogyakarta, Indonesia.’, Journal of family & reproductive health, vol. 11, no. 2, pp. 104–9.
Suwisi, M.M. 2015, Pengaruh penggunaan media visual dan audio visual dalam pembelajaran terhadap minat belajar mahasiswa pada mata kuliah Askeb II di Akademi kebidanan Wira Husada Nusantara., vol. 3, pp. 1–9.
Tsakitzidis, G., Timmermans, O., Callewaert, N., Truijen, S., Meulemans, H. & Van Royen, P. 2015, ‘Participant evaluation of an education module on interprofessional collaboration for students in healthcare studies’, BMC Medical Education, vol. 15, no. 1, pp. 1–8.
UNDP 2015, Konvergensi Agenda Pembangunan Nawacita, RPJMN dan SDGs.
Usep Kurniawan 2016, Pengembangan media pembelajaran anak usia Dini, 1st edn, Gunung Samudra, Malang.
Wahyuningsih, S., Susiarno, H., Setiawan, S., Husin, F., Abdulhak, I. & Wirakusumah, F.F. 2017, ‘Peran Penerapan Model Pembelajaran Asuhan Persalinan Kala I dan II Terintegrasi Terhadap Motivasi dan Kompetensi Mahasiswa serta Kepuasan Pasien pada Praktik Klinik Kebidanan’, Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia, vol. 2, no. 4, p. 9.
Yankey, F.W.-M., Dankwah, D.A., Adu-Aboagye, L., Asempah, A., Prempeh, E.B.A., Forkuo, S. & Doe, G.A. 2017, ‘Stress among Nursing and Midwifery Students Offering a Top-Up Module in the University of Health and Allied Health Sciences, Ho’, OALib, vol. 04, no. 01, pp. 1–13.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:Â Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)