The Relationship between Family Support and Personal Hygiene Independence among Children with Intellectual Disabilities
DOI:
https://doi.org/10.30651/jkm.v10i3.27311Keywords:
Family Support, Intellectual disabilities, IndependenceAbstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dukungan keluarga dengan kemandirian kebersihan pribadi pada anak tunagrahita usia 6-12 tahun di SLBN Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan pendekatan potong lintang. Populasi penelitian terdiri dari 45 responden, dengan sampel akhir sebanyak 41 partisipan, yang dipilih secara acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner tertutup untuk mengukur dukungan keluarga dan tingkat kemandirian higiene pribadi pada anak penyandang disabilitas intelektual. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Spearman di SPSS 23.
Hasil: Temuan menunjukkan bahwa 22 responden (84,6%) menunjukkan dukungan keluarga yang kuat, yang berkorelasi dengan praktik kebersihan diri mandiri anak-anak mereka. Analisis statistik menunjukkan nilai signifikansi p = 0,000 (p < 0,05), dengan Rs = 0,639, yang menunjukkan hubungan yang kuat antara dukungan keluarga dan tingkat kemandirian kebersihan diri anak penyandang disabilitas intelektual usia 6-12 tahun.
Kesimpulan: Tingkat dukungan keluarga yang lebih tinggi dikaitkan dengan kemandirian kebersihan pribadi yang lebih baik, menyoroti pentingnya memberikan stimulasi perkembangan yang tepat untuk mendukung pertumbuhan keterampilan perawatan diri pada anak-anak dengan disabilitas intelektual.
References
Ahmad, A. N. (2025). The relationship between communication patterns in the family and children ’ s expressive language skills at the age of 5-6 years. 2024, 150–161.
Andriyani, S., & Ramadhani, H. S. (2023). Adanya Keterkaitan Antara Perhatian Orangtua Dengan Kemandirian Belajar Anak. Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 380–387.
Anisa, S. N., Kep, S., Wahyurianto, Y., Surabaya, P. K., & Tunagrahita, A. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Toilet Training. 6(2), 33–41.
Asnur, W. S. (2022). Peranan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/20605/1/Peranan Orang Tua dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini.pdf
Damastuti, E., Pratomo, A., Widodo, A., & Selatan, K. (2020). Pendidikan Anak Dengan Hambatan Intelektual (edisi 1).
Darmadi. (2018). MENDIDIK ADALAH CINTA: “Menjelajah Pendidikan Ramah Anak di Rumah dan Sekolah.” CV Kekata Group. https://books.google.co.id/books?id=rPCzDwAAQBAJ
Farah, A., Agustiyawati, Rizki, A., Widiyanti, R., Wibowo, S., Tulalessy, C., Herawati, F., & Maryanti, T. (2022). Panduan Pendidikan Inklusif. Kepala Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 3. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/08/Panduan-Pelaksanaan-Pendidikan-Inklusif.pdf
Indrajit, P. R. E. (2023). CERDAS BERKARAKTER: Menyongsong Generasi Emas 2045. Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?id=_KCvEAAAQBAJ
Irna, S. (2024). Kreativitas Anak Usia Dini. 13(2), 405–416.
Iwal, I., Elliya, R., & Pribadi, T. (2023). Dukungan keluarga terhadap kemandirian anak usia dini dengan retardasi mental. Holistik Jurnal Kesehatan, 17(3), 262–268. https://doi.org/10.33024/hjk.v17i3.9228
Kartika, Y. E., Nurhidayah, I., & Hendrawati. (2020). Dukungan Keluarga Dalam Kemandirian Perawatan Diri Anak Retradasi Mental Ringan di SLB-C YKB Garut. Jurnal Kesehatan Saelmakers, 3, 214–221.
Maghfuroh, L. (2020). Pengaruh Permainan Melempar dan Menangkap Bola terhadap Perkembangan Motorik Kasar pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 16(1), 7–18.
Maidartati, Sri Haryati, E. S. A. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kemandirian Perawatan Diri Pada Anak Usia 6-13 Tahun Di SLB Cicalengka.
Makaminan, F. M., Sari, T. H., & Suci, W. P. (2023). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Kemandirian Anak Tunagrahita Ringan di SLBN Kota Pekanbaru. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 1(2), 248–255. https://doi.org/10.57235/jerumi.v1i2.1297
Mandasaari, S., Agrina, & Zukhra, R. (2022). Gambaran Kemampuan Personal Hygiene Anak Retardasi Mental Menurut Orang Tua. Jurnal Medika Hutama, 02(01), 402–406.
Novianty, S., Nurjanah, N., Widyastuti, T., Ridwan Chaerudin, D., & Kesehatan Kemenkes Bandung Jurusan Keperawatan Gigi, P. (2020). Di Slb X Kota Bandung. JURNAL KESEHATAN SILIWANGI No, 1(1), 2020.
Nurlina. (2023). Perkembangan Psikososial Masa Kanak-Kanak. In Psikologi Perkembangan Peserta Didik.
Putra, G. J. (2019). Buku Dukungan Keluarga Pada Pasien Luka Kaki Diabetik (pp. 12–16).
Rakhmania, A. (2020). Orangtua Anak Tunagrahita Dalam Memaknai Stigma Masyarakat Kepada Anak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ramawati, D., Allenidekania, A., & Besral, B. (2017). Kemampuan Perawatan Diri Anak Tuna Grahita Berdasarkan Faktor Eksternal dan Internal Anak. Jurnal Keperawatan Indonesia, 15(2), 89–96. https://doi.org/10.7454/jki.v15i2.32
Sugiyono, F. X. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.
Supena, A. (2020). Model Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Tunagrahita Di Sekolah Dasar. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2), 145–155. https://doi.org/10.21009/parameter.292.03
Wahyudi, M. R., Yulianti, A., & Multazam, A. (2024). Analisis Perbandingan Kekuatan Otot Tungkai Bawah Berdasarkan Jenis Kelamin Dan Anak Usia 10-12 Tahun Di SD Muhammadiyah 08 Dau Comparative Analysis of Lower Limb Muscle Strength Based on Gender and Children Aged 10-12 Year at Muhammadiyah Elementary Scho. c, 69–76.
Wahyuni, N., & Fitriani, W. (2022). Relevansi Teori Belajar Sosial Albert Bandura dan Metode Pendidikan Keluarga dalam Islam. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 60–66. https://doi.org/10.33506/jq.v11i2.2060
Yuliyanti, S., Lestari, S., & Sari, R. I. (2023). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kemampuan Perawatan Diri ( Self Care ) Pada Anak Retardasi Mental Di SLB. 2(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Likha Nur Faizah, Lilis Maghfuroh, Harnina Samantha Aisyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:Â Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)







