Hubungan Perilaku Penggunaan Gadget Dengan Miopia Pada Anak Usia Sekolah Di SDN Sukaraja 2
DOI:
https://doi.org/10.30651/jkm.v9i3.22404Kata Kunci:
Perilaku penggunaan gadget, Miopia, Anak usia sekolahAbstrak
Miopia adalah kelainan refraksi yang terjadi ketika sinar cahaya yang masuk ke mata sejajar dengan sumbu optik menjadi fokus di depan retina ketika akomodasi mata rileks. Diperkirakan pada tahun 2050 sekitar 49,8% masyarakat global menderita miopia dan miopia tinggi sebanyak 9,8%. Pengenalan gadget pada anak usia sekolah masih terlalu awal dimana anak-anak lebih baik beraktivitas fisik atau bermain secara langsung dalam kelompok daripada mengenal gadget. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku penggunaan gadget dengan miopia pada anak usia sekolah di SDN Sukaraja 2. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan penelitian survey desain korelasi dan pendekatan cross-sectional. Instrument penelitian ini menggunakan kuesioner dan Snellen chart yang terdapat pada buku pendoman SDIDTK yang dikeluarkan Kemenkes (2016). Sampel penelitian 43 siswa kelas 5 di SDN Sukaraja 2. Analisis data di uji menggunakan uji korelasi chi-square. Hasil penelitian ini menemukan tidak ada hubungan antara perilaku penggunaan gadget dengan miopia pada anak usia sekolah di SDN Sukaraja 2 (Asimp.Sig 0,077 > 0,05). Dapat disimpulkan bahwa perilaku penggunaan gadget termasuk kategori baik dengan skor tertinggi adalah perilaku baik sebanyak 29 (67,44%). Miopia pada anak termasuk normal dengan hasil skor tingkat daya lihat yang paling banyak yaitu normal sebanyak 37 (86.05%) dan tidak ada hubungan yang signifikan antara perilaku penggunaan gadget dengan miopia.
Referensi
Azamiah, M. Z. K., Agustiani, H., & Pebriani, L. V. (2023). Program Psikoedukasi Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 234–244. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.197
Azizah, R. S. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Akhlak Siswa MTs sunan kalijogo Mojo kediri. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27625
Fadilah, F. (2022). Pendampingan Orang Tua Dalam Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah. Repository.Stikes-Adc.Ac.Id. https://repository.stikes-adc.ac.id/file/mahasiswa/2013704179.pdf
Ginting, A. S. (2022). Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Kejadian Miopia Siswa-Siswi Man 2 Langkat Tahun 2022. 1–47.
Haruna, S. R., Haerani, H., Palayukan, safira S., Ponseng, N. A., Ramadhani, S., & Mondjil, R. (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Gadget Addicted Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Uwais Inspirasi Indonesia, 2022. https://books.google.co.id/books?id=1UehEAAAQBAJ&lpg=PA1&ots=Ai-WHSnlmU&dq=definisi gadget &lr&hl=id&pg=PA6#v=onepage&q=definisi gadget&f=false
Nisaussholihah, N., Faradis, H., Roesbiantoro, A., Muhammad, D. A., & Salim, H. M. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kejadian Miopia Pada Anak Usia Sekolah (4-17 Tahun) Di Poli Mata Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Jurnal Kesehatan Islam : Islamic Health Journal, 9(2), 55. https://doi.org/10.33474/jki.v9i2.8872
Permana, G. A. R., Sari, K. A. K., & Aryani, P. (2020). Hubungan perilaku penggunaan gadget terhadap miopia pada anak sekolah dasar kelas 6 di Kota Denpasar. Intisari Sains Medis, 11(2), 763–768. https://doi.org/10.15562/ism.v11i2.694
Rini, M. K., & Huriah, T. (2020). Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja: Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 185–194. https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.4609
Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1161
Sankaridurg, P., Tahhan, N., Kandel, H., Naduvilath, T., Zou, H., Frick, K. D., Marmamula, S., Friedman, D. S., Lamoureux, E., Keeffe, J., Walline, J. J., Fricke, T. R., Kovai, V., & Resnikoff, S. (2021). IMI impact of myopia. Investigative Ophthalmology and Visual Science, 62(5). https://doi.org/10.1167/iovs.62.5.2
Solikah, S. N., Hasnah, K., & Marni. (2022). Monograf Senam Mata untuk Pencegahan Miopia (M. Nasrudin (ed.)). PT. Nasya Expanding Management. https://www.google.co.id/books/edition/_/SYFbEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&pg=PA14&dq=definisi+ketajaman+penglihatan+mata
Supit, F., & Winly. (2021). Miopia: Epidemiologi dan Faktor Risiko. Cermin Dunia Kedokteran, 48(12), 741. https://doi.org/10.55175/cdk.v48i12.1583
Wati, D. R. (2021). Gadget Dan Pengaruhnya Pada Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kesehatan Tujuh Belas, 2(2), 228–233.
Yulaihah, A. (2018). Hubungan perilaku penggunaan gadget dengan tingkat daya lihat anak usia prasekolah di TK ABA Tegalrejo Yogyakarta. Naskah Publikasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ’Aisyiyah.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Resta Firdawati Juvitha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:Â Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)