Analisis Pengaruh Penggunaan Media Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya

Penulis

  • Nur Hayati Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jses.v3i3.24697

Kata Kunci:

Kahoot, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika, Teknologi Pembelajaran, Media Interaktif

Abstrak

Pembelajaran matematika sering kali dianggap rumit, sehingga membutuhkan strategi yang mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Media pembelajaran berbasis teknologi seperti Kahoot menjadi salah satu solusi yang menjanjikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media Kahoot terhadap motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Dengan menggunakan metode kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot meningkatkan antusiasme dan keaktifan siswa dalam pembelajaran, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta memperkuat interaksi antara siswa dan guru. Kendala yang ditemukan meliputi keterbatasan perangkat dan kestabilan internet. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Kahoot efektif sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa jika didukung oleh infrastruktur yang memadai.

Kata Kunci: Kahoot, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika, Teknologi Pembelajaran, Media Interaktif

Referensi

Assegaf, Z. R., Susanti, W., Esi, N., & Yani, A. (2022). Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Adiba: Journal of Education, 2(4), 507–516. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/196

Azzahra, A. F., Rahmi, N., Sabri, A., & Hidayatullah, R. (2024). TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS. 5(6), 863–878.

Cahyanti, Y. R., Megasari, D. C., & Rofisian, N. (2023). Peran Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Mata Pelajaran IPAS Masa Kini. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 01(01), 160–163.

Erina Hannawita Br Sembiring, & Tanti Listiani. (2023). Game Based Learning Berbantuan Kahoot! dalam Mendorong Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Matematika. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 26–40. https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.5708

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546

Made, N., Wati, S., Wayan, N., & Permana, D. (2024). Widyadari PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME KAHOOT PENDAHULUAN Pendidikan adalah salah satu bidang di mana kemajuan dunia telah berubah secara signifikan sebagai hasil dari kemajuan komunikasi dan teknologi modern . Perkembangan pendidikan di In. 25(2), 303–314. https://doi.org/10.59672/widyadari.v25i2.4132

Marwa, Kresnadi, H., & Pranata, R. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V SD Mujahidin Pontianak. Journal on Education, 06(01), 6760–6769.

Mattawang, M. R., & Syarif, E. (2023). Dampak Penggunaan Kahoot Sebagai Platform Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran. Journal of Learning and Technology, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.33830/jlt.v2i1.5843

Pada, B., Pelajaran, M., Siswa, I. P. S., Viii, K., Smpn, D. I., Salim, H. N., Cyly, Z., Dalu, A., & Utama, A. H. (2022). 1 , 2 , 3 123. 3(2), 20–27.

Pramita, K. N. (2023). Evaluasi Pembelajaran Dalam Ranah Aspek Kognitif Pada Jenjang Pendidikan Dasarpada Mi Assalafiyah Timbangreja. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 403–411.

Rachmawati Prasetiani, D., & Sukirman, S. (2024). Analisis Penggunaan Kahoot! dalam Meningkatkan Keterlibatan, Efektivitas Pembelajaran, dan Pengalaman Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Journal on Education, 6(4), 20783–20794. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6185

Syelfia Dewimarni, Mishbah Ulhusna, & Laila Marhayati. (2022). Penerapan Aplikasi Kahoot Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Dikelas Vii Smp Negeri 38 Padang. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1935–1940. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.1024

Assegaf, Z. R., Susanti, W., Esi, N., & Yani, A. (2022). Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Adiba: Journal of Education, 2(4), 507–516. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/196

Azzahra, A. F., Rahmi, N., Sabri, A., & Hidayatullah, R. (2024). TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS. 5(6), 863–878.

Cahyanti, Y. R., Megasari, D. C., & Rofisian, N. (2023). Peran Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Mata Pelajaran IPAS Masa Kini. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 01(01), 160–163.

Erina Hannawita Br Sembiring, & Tanti Listiani. (2023). Game Based Learning Berbantuan Kahoot! dalam Mendorong Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Matematika. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 26–40. https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.5708

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546

Made, N., Wati, S., Wayan, N., & Permana, D. (2024). Widyadari PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME KAHOOT PENDAHULUAN Pendidikan adalah salah satu bidang di mana kemajuan dunia telah berubah secara signifikan sebagai hasil dari kemajuan komunikasi dan teknologi modern . Perkembangan pendidikan di In. 25(2), 303–314. https://doi.org/10.59672/widyadari.v25i2.4132

Marwa, Kresnadi, H., & Pranata, R. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V SD Mujahidin Pontianak. Journal on Education, 06(01), 6760–6769.

Mattawang, M. R., & Syarif, E. (2023). Dampak Penggunaan Kahoot Sebagai Platform Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran. Journal of Learning and Technology, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.33830/jlt.v2i1.5843

Pada, B., Pelajaran, M., Siswa, I. P. S., Viii, K., Smpn, D. I., Salim, H. N., Cyly, Z., Dalu, A., & Utama, A. H. (2022). 1 , 2 , 3 123. 3(2), 20–27.

Pramita, K. N. (2023). Evaluasi Pembelajaran Dalam Ranah Aspek Kognitif Pada Jenjang Pendidikan Dasarpada Mi Assalafiyah Timbangreja. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 403–411.

Rachmawati Prasetiani, D., & Sukirman, S. (2024). Analisis Penggunaan Kahoot! dalam Meningkatkan Keterlibatan, Efektivitas Pembelajaran, dan Pengalaman Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Journal on Education, 6(4), 20783–20794. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6185

Syelfia Dewimarni, Mishbah Ulhusna, & Laila Marhayati. (2022). Penerapan Aplikasi Kahoot Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Dikelas Vii Smp Negeri 38 Padang. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1935–1940. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.1024

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-10 — Diperbaharui pada 2025-03-10

Versi

Cara Mengutip

Hayati, N. (2025). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 3(3). https://doi.org/10.30651/jses.v3i3.24697