Isi Artikel Utama

Abstrak

Kelurahan Putat Jaya adalah salah satu kelurahan dengan jumlah penduduk sebanyak 2.300 Jiwa dengan 9 RT dan Lebih dari 680 Kepala Keluarga. Jumlah kasus positif Covid 19 pada tanggal 15 Juli 2020 sebanyak 9 orang Positif dan 1 Orang Meninggal, 22 orang ODP dan dinyatakan sembuhsejumlah 9 orang. Untuk di Kelurahan Putat Jaya ada permasalahan untuk sosialisasi didalam preventif terhadap pencegahan virus covid 19. Para penduduknya belum mengetahui preventif pencegahan covid 19 ,  cara penularannya dan penanganannya bila terkena Covid 19. Jumlah sasaran warga yang mengikuti sosialisasi adalah 680 kepala keluarga yang terdiri dari 9 RT. Kegiatan berlangsung mulai bulan juli 2020 sampai dengan november 2020. Metode penelitian menggunakan metode partisipatif. Metode pelaksanaan terdiri dari 4 tahap :  (1)  adalah memberikan peralatan pendukung preventive Covid 19, (2) sosialisasi melalui radio streaming fikom Universitas Ciputra dengan melibatkan tim medis,  (3) mengadakan Webinar Pelatihan Managemen keuangan keluarga dan digital marketing di era New Normal, (4) publikasi kegiatan abdimas via radio steraming vikom dan jurnal abdimas. Hasil pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan kontribusi preventive pencegahan penularan covid 19 bagi warga RW 7 berupa penyediaan peralatan dan sosialisasi penggunaan peralatan, memberikan ilmu didalam menghadapi masa new normal khususnya didalam mengatur keuangan keluarga dan digital marketing kepada warga RW 7 serta meningkatkan kemampuan Satgas Covid 19.

 

Kata Kunci: digital marketing; keuangan keluarga; kampung tangguh ; preventive Covid 19 ; radio streaming .

 

Implementation of Covid – 19 Preventive Socialization Strategies and Optimization of Family Finances during New Normal Conditions

ABSTRACT 

Putat Jaya Village is one of the villages with a population of 2,300 people with 9 RTs and more than 680 families. The number of positive cases of Covid 19 on July 15, 2020 was 9 positive people and 1 person died, 22 people were ODP and 9 people were declared cured. For the Putat Jaya Village, there are problems for socialization in prevention of the covid 19 virus prevention. The residents do not know the preventive measures against covid 19, how to transmit it and how to handle it when exposed to Covid 19. The target number of residents who participated in the socialization was 680 families consisting of 9 RT . The activity takes place from July 2020 to November 2020. The research method uses participatory methods .The implementation method consists of 4 stages: (1) is to provide Covid 19 preventive support equipment, (2) socialization via radio streaming fikom University of Ciputra involving the medical team, (3) holding a Training Webinar Family financial management and digital marketing in the New Normal era, (4) publication of abdimas activities via radio broadcasting vikom and abdimas journal. The results of the implementation of this activity are to provide a preventive contribution to preventing the transmission of covid 19 for RW 7 residents in the form of providing equipment and socializing the use of equipment, providing knowledge in dealing with the new normal period, especially in managing family finances and digital marketing to RW 7 residents and increasing the ability of the Covid 19 Task Force.

 

Key Words: digital marketing;family’s financial; tough neighbourhood; preventive Covid 19 ; radio streaming

Kata Kunci

digital marketing keuangan keluarga kampung tangguh preventive Covid 19 radio streaming fikom

Rincian Artikel

Referensi

  1. Apriyanti, T., Astuti, S., & Budi, I. S. (2021). Analisis faktor-faktor Yang MEMPENGARUHI TINGKAT LITERASI KEUANGAN MAHASISWA (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UPN “Veteran†Yogyakarta). Behavioral Accounting Journal, 4(1), 276-286. https://doi.org/10.33005/baj.v4i1.113
  2. Arifianto, E. Y., & Coiri, M. (2018). Pemanfaatan e-Commerce dalam pebelajaran manajemen usaha kecil Dan menengah. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 77. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.67
  3. Brillianti, F., & Kautsar, A. (2020). Apakah Literasi Keuangan Memengaruhi Kesejahteraan Rumah Tangga Di Indonesia? Kajian Ekonomi dan Keuangan, 4(2), 103-115. https://doi.org/10.31685/kek.v4i2.541
  4. Maulana, A. (2021). Pengaruh persepsi kualitas pelayanan e-Commerce terhadap kepuasan pelanggan, kepercayaan Dan loyalitas pada produk fashion. https://doi.org/10.31219/osf.io/65mcs
  5. Nurdin, D. I., & Hartati, D. S. (2019). Metodologi penelitian sosial. MEDIA SAHABAT CENDEKIA.
  6. Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
  7. Riski, T. R., Sulistianingsih, H., & ., M. (2019). Literasi Keuangan Dan Perilaku Keuangan. Manajemen dan Kewirausahaan, 10(1), 1. https://doi.org/10.31317/jmk.10.1.1-15.2019
  8. Special program - J3k wani jogo SUROBOYO. (n.d.). UC Fikom Radio. https://ucfikom.radiowebsite.co/podcasts/special-program-j3k-wani-jogo-suroboyo-35
  9. Sudin, S. (2019). APA ITU digital marketing: Pengertian, Teknik, Contoh, Dan job Seorang digital marketer. Sukri Sudin.
  10. Sumerta, I. K. (2019). Online consumer behavior on using social media on e-Commerce, based on the AISAS model approach. Case study; Bukalapak, Tokopedia and Blili.com. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, 8(1.5), 234-242. https://doi.org/10.30534/ijatcse/2019/4281.52019
  11. Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415
  12. Tata kelola penanganan COVID-19 Di Indonesia: Kajian awal. (2020).
  13. Van Doremalen, N., Bushmaker, T., Morris, D. H., Holbrook, M. G., Gamble, A., Williamson, B. N., Tamin, A., Harcourt, J. L., Thornburg, N. J., Gerber, S. I., Lloyd-Smith, J. O., De Wit, E., & Munster, V. J. (2020). Aerosol and surface stability of hcov-19 (SARS-Cov-2) compared to SARS-Cov-1. https://doi.org/10.1101/2020.03.09.20033217
  14. Webinar "Agar keuangan sehat Di masa pandemi". (2020, October 25). YouTube. https://youtu.be/IxyEy4LnlHE
  15. Website Resmi Penanganan COVID-19. (n.d.). covid19.go.id. https://www.covid19.go.id/

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.