Isi Artikel Utama
Abstrak
Wonoasri Tempurejo Jember merupakan desa yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Meru Betiri, hutan lindung terbesar di Jawa Timur. Di Desa Wonoasri terdapat Koperasi Usaha Bersama (KUBE) bernama Meru Betiri yang beranggotakan 15 orang pembatik. Setiap bulan pengrajin batik menghasilkan 30 potong kain batik tulis pewarna alam dengan proses pengerjaan kain batik 3-7 hari per lembar kain batik. Penjualan batik tulis ini sangat rendah karena harga yang mahal sehingga pendapatan pengrajin batiknyapun rendah. Pengabdian kepada masyarakat desa Wonoasri ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk kain berpewarn alam dengan memanfaatkan potensi hayati desa Wonoasri. Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan pelatihan dan pendampingan pembuatan kain dengan pewarna alam dengan teknik ecoprint basic mirroring dan blanket. Dalam sosialisasi ini diajarkan untuk menentukan jenis bahan kain, memilih bahan alam diantaranya, daun yang mengandung tanin tinggi, bahan mordan, persiapan mordan kain, membuat pewarna alami, menata daun, dan proses pengukusan kain. Pelatihan dan pendampingan ini dapat meningkatkan keterampilan peserta untuk membuat kain ecoprint yang berkualitas hingga 100%. Adanya varian produk kain pewarna alam diharapkan dapat meningkatkan pendapatan pembatik desa Wonoasri karena kain ecoprint memiliki harga jual terjangkau dan proses pembuatan menggunakan tumbuhan yang ada di desa Wonoasri sehingga mampu mengurangi biaya pembeliaan bahan baku. Dengan produk yang bermutu tinggi perlu juga ditunjang dengan pengetahuan digital marketing untuk media promosi. Pelatihan pengenalan digital marketing telah dilaksanakan, dan masih perlu pendampingan untuk melakukan promosi produk melalui sosial media Instagram maupun menggunakan google my business.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh jurnal AKSIOLOGIYA
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Referensi
- Antika, E., & Ismailia, T. (2016). Pemanfaatan e-commerce untuk meningkatkan pemasaran produk UD Wahana Mandiri Sejahtera Jember. Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dana BOPTN Tahun 2016 (pp. 228-231). Jember: Politeknik Negeri Jember.
- Asmara, D. A., & Meilani, S. (2020). Penerapan Teknik Ecoprint Pada Dedaunan Menjadi Produk Bernilai Jual. Jurnal Pengabdian Seni, 16-26.
- Fauziah, R., Ratnamulyani, I., & Kusumadinata, A. (2018). Efektifitas Promosi Destinasi Wisata Rekreasi Gunung Pancar Melalui Postingan Instagram Media Sosial. Komunikatio, 27-40.
- Lidya Wati Evelina, F. H. (2018). Penggunaan Digital Influencer dalam Promosi Produk (Studi Kasus Akun Instagram @bylizzieparra). Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 71-82.
- Maharani, A. (2018). Motif dan Pewarnaan Tekstil fi Home Industry Kaine Art Fabrict "Ecoprint Natural Dye". Pend. Seni Kerajinan-S1 (e-Craft), 383-394.
- Nurimani, G. S., & Rachmawati, I. (2022). Strategi Promosi di Media Sosial dalam Menarik Minat Beli Produk Pakaian. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi Unisba Press, 59-62.
- Saptutyningsih, E., & Kamiel, B. P. (2019). Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pengembangan Ecoprint Dalam Mendukung Ekonomi Kreatif. Proseding Seminar Nasional Unimus (pp. 276-283). Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.
- Sedjati, D. P., & Sari, V. T. (2019). Mix teknik ecoprint dan teknik batik berbahan warna tumbuhan dalam penciptaan karya seni tekstil. Jurnal Seni Kriya , 1-11.
- Sifaunajah, A., Tulusiawati, C., & Af'idah, L. (2020). Pengembangan Kerajinan Batik dengan Teknik Ecoprint bersama Organisasi Karang Taruna dan IPNU-IPPNU Desa Barongsawahan. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BIDANG KEAGAMAAN, 16-20.
- Zharfaningrum, D., Hidayatullah, S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., & Waris, A. (2020). Determinan Keputusan Pembelian Online di Instagram: Perspektif Promosi, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 169-178.
Referensi
Antika, E., & Ismailia, T. (2016). Pemanfaatan e-commerce untuk meningkatkan pemasaran produk UD Wahana Mandiri Sejahtera Jember. Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dana BOPTN Tahun 2016 (pp. 228-231). Jember: Politeknik Negeri Jember.
Asmara, D. A., & Meilani, S. (2020). Penerapan Teknik Ecoprint Pada Dedaunan Menjadi Produk Bernilai Jual. Jurnal Pengabdian Seni, 16-26.
Fauziah, R., Ratnamulyani, I., & Kusumadinata, A. (2018). Efektifitas Promosi Destinasi Wisata Rekreasi Gunung Pancar Melalui Postingan Instagram Media Sosial. Komunikatio, 27-40.
Lidya Wati Evelina, F. H. (2018). Penggunaan Digital Influencer dalam Promosi Produk (Studi Kasus Akun Instagram @bylizzieparra). Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 71-82.
Maharani, A. (2018). Motif dan Pewarnaan Tekstil fi Home Industry Kaine Art Fabrict "Ecoprint Natural Dye". Pend. Seni Kerajinan-S1 (e-Craft), 383-394.
Nurimani, G. S., & Rachmawati, I. (2022). Strategi Promosi di Media Sosial dalam Menarik Minat Beli Produk Pakaian. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi Unisba Press, 59-62.
Saptutyningsih, E., & Kamiel, B. P. (2019). Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pengembangan Ecoprint Dalam Mendukung Ekonomi Kreatif. Proseding Seminar Nasional Unimus (pp. 276-283). Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.
Sedjati, D. P., & Sari, V. T. (2019). Mix teknik ecoprint dan teknik batik berbahan warna tumbuhan dalam penciptaan karya seni tekstil. Jurnal Seni Kriya , 1-11.
Sifaunajah, A., Tulusiawati, C., & Af'idah, L. (2020). Pengembangan Kerajinan Batik dengan Teknik Ecoprint bersama Organisasi Karang Taruna dan IPNU-IPPNU Desa Barongsawahan. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BIDANG KEAGAMAAN, 16-20.
Zharfaningrum, D., Hidayatullah, S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., & Waris, A. (2020). Determinan Keputusan Pembelian Online di Instagram: Perspektif Promosi, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 169-178.