Isi Artikel Utama
Abstrak
Seorang guru dapat dikatakan profesional ketika ia dapat menyebarluaskan ilmu pengetahuan terkait bidangnya pada masyarakat luas melalui publikasi hasil penelitiannya. Tuntutan untuk mempublikasikan hasil penelitian juga menjadi wajib karena dibutuhkan untuk keperluan promosi karir profesional. Kegiatan lokakarya ini dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan ini khususnya bagi para guru Pendidikan Agama Kristen di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Selama tiga hari, mulai tanggal 23-25 Mei 2022, lokakarya ini berjalan dan melibatkan 20 guru SD, SMP, dan SMA se-Kabupaten Sumba Timur. Terdapat tiga sesi pelatihan yakni Penelitian Tindakan Kelas, Anatomi Artikel Jurnal Ilmiah, dan Mendeley. Peserta dibagi menjadi tujuh kelompok sehingga dihasilkan tujuh artikel ilmiah luaran Penelitian Tindakan Kelas. Selanjutnya, untuk menghitung peningkatan pengetahuan para guru setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini disebarkan soal tes awal dan tes akhir. Hasilnya diperoleh terjadi peningkatan nilai rerata dari hasil tes awal sebesar 66 (kategori rendah) menjadi 80 (kategori baik). Pelatihan ini berhasil berkontribusi terhadap bertambahnya aspek pengetahuan maupun praktek para peserta mengenai penulisan karya tulis ilmiah luaran Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh jurnal AKSIOLOGIYA
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Referensi
- Amaliyah. (2019). Program Kemitraan Masyarakat: Peningkatan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah dan Teknik Publikasi di Jurnal Internasional. Intervensi Komunitas, 1(1), 48–56.
- Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Bumi Aksara.
- Arta, K. S. (2019). Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi di Jurnal Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme Bagi Guru-Guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Acarya Pustaka, 5(2), 17–32. https://doi.org/10.23887/ap.v5i2.17410
- Cahnia, Z. A. (2021). Pemanfaatan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Bengkulu. Palimpsest: Jurnal Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 12(1), 48–54. https://doi.org/10.20473/pjil.v12i1.26471
- Efriani, A., Arifin, S., & Nery, R. S. (2022). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Guru Matematika di Masa Pandemi COVID 19. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 276. https://doi.org/10.30651/aks.v6i2.6141
- Fikra, H., & Darmalaksana, W. (2021). Model Pendampingan Mahasiswa Bidang Keagamaan Dalam Kepenulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Perspektif, 5(2 / Desember), 218–226.
- Firmansyah, A., Qadri, R. A., & Arham, A. (2020). Pelatihan melalui Web Seminar terkait Publikasi Artikel untuk Menembus Jurnal Sinta 2 dan Scopus. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2). https://doi.org/10.26905/abdimas.v5i2.4244
- Gunawan, Jufri, A. W., Sedijani, P., Hadiprayitno, G., & Bachtiar, I. (2019). Pelatihan Penulisan Pada Jurnal Internasional Bagi Dosen Dan Mahasiswa Magister Pendidikan Ipa Unram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 484–489.
- Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12–20.
- Krismanto, W. (2016). Publikasi ilmiah sebagai wujud profesionalisme guru. Diklat Literasi Guru: Dahsyatnya Menulis KTI Guru, 1–10.
- Marmoah, S., Istiyati, S., Hadiyah, & Mahfud, H. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 2156–2163.
- Mubarok, F. K. (2018). Manajemen Referensi Berbasis Aplikasi Mendeley untuk Jurnal Ilmiah. UIN Walisongo. https://febi.walisongo.ac.id/wp-content/uploads/2018/10/Modul-Aplilasi-Mendeley-FIX-Compress.pdf
- Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.
- Sueb, Setiawan, S., & Mustofa, A. (2020). Pengembangan profesi guru anggota mgmp bahasa inggris di bidang penelitian dan publikasi karya ilmiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 4(1), 43–49.
- Suyitno, I. (2011). Karya Tulis Ilmiah (KTI), Panduan, Teori, Perlatihan, dan Contoh. Refika Aditama.
- ZR, H., Syafruddin, S., & Muntari, M. (2020). Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA/MA di Kecamatan Narmada Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.514
Referensi
Amaliyah. (2019). Program Kemitraan Masyarakat: Peningkatan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah dan Teknik Publikasi di Jurnal Internasional. Intervensi Komunitas, 1(1), 48–56.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Bumi Aksara.
Arta, K. S. (2019). Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi di Jurnal Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme Bagi Guru-Guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Acarya Pustaka, 5(2), 17–32. https://doi.org/10.23887/ap.v5i2.17410
Cahnia, Z. A. (2021). Pemanfaatan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Bengkulu. Palimpsest: Jurnal Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 12(1), 48–54. https://doi.org/10.20473/pjil.v12i1.26471
Efriani, A., Arifin, S., & Nery, R. S. (2022). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Guru Matematika di Masa Pandemi COVID 19. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 276. https://doi.org/10.30651/aks.v6i2.6141
Fikra, H., & Darmalaksana, W. (2021). Model Pendampingan Mahasiswa Bidang Keagamaan Dalam Kepenulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Perspektif, 5(2 / Desember), 218–226.
Firmansyah, A., Qadri, R. A., & Arham, A. (2020). Pelatihan melalui Web Seminar terkait Publikasi Artikel untuk Menembus Jurnal Sinta 2 dan Scopus. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2). https://doi.org/10.26905/abdimas.v5i2.4244
Gunawan, Jufri, A. W., Sedijani, P., Hadiprayitno, G., & Bachtiar, I. (2019). Pelatihan Penulisan Pada Jurnal Internasional Bagi Dosen Dan Mahasiswa Magister Pendidikan Ipa Unram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 484–489.
Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12–20.
Krismanto, W. (2016). Publikasi ilmiah sebagai wujud profesionalisme guru. Diklat Literasi Guru: Dahsyatnya Menulis KTI Guru, 1–10.
Marmoah, S., Istiyati, S., Hadiyah, & Mahfud, H. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 2156–2163.
Mubarok, F. K. (2018). Manajemen Referensi Berbasis Aplikasi Mendeley untuk Jurnal Ilmiah. UIN Walisongo. https://febi.walisongo.ac.id/wp-content/uploads/2018/10/Modul-Aplilasi-Mendeley-FIX-Compress.pdf
Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.
Sueb, Setiawan, S., & Mustofa, A. (2020). Pengembangan profesi guru anggota mgmp bahasa inggris di bidang penelitian dan publikasi karya ilmiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 4(1), 43–49.
Suyitno, I. (2011). Karya Tulis Ilmiah (KTI), Panduan, Teori, Perlatihan, dan Contoh. Refika Aditama.
ZR, H., Syafruddin, S., & Muntari, M. (2020). Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA/MA di Kecamatan Narmada Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.514