Isi Artikel Utama
Abstrak
Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas dusun Sidomulyo adalah salah satu lembaga pendidikan sekolah dasar yang berbasis agama. Mengaji atau membaca Al-Qur’an dan pengetahuan tentang Islam sudah menjadi bagian dari pelajaran mereka. Tetapi terjadi penurunan minat untuk membaca Al-Quran dan belum fasih melafalkan huruf Hijaiyah begitu juga dengan pengetahuan mereka tentang doa doa yang ada dalam Islam. Penurunan ini terjadi akibat dampak negatif dari teknologi yaitu smartphone, ketersediaan game online yang ada di smartphone mempengaruhi minat serta pengetahuan peserta didik dalam belajar Al-Qur’an. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membangkitkan kembali minat dan pengetahuan peserta didik untuk membaca Al-Qur’an dan pengetahuan tentang Islam. Penggunaan aplikasi Marbel Mengaji sebagai media pembelajaran audio visual merupakan tindakan yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini. Adapun metode pengabdian ini menggunakan metode ceramah dan metode tanya jawab, sedangkan kegiatan pengabdian ini melalui beberapa tahapan. Berdasarkan hasil dari kegiatan pengabdian telah terjadi peningkatan dari 8,3% menjadi 62,5% dari total semua peserta kegiatan pengabdian, maka dari itu tujuan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan minat belajar mengaji dan pengetahuan tentang Islam telah berhasil karena telah terjadi peningkatan
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak cipta artikel dimiliki oleh jurnal AKSIOLOGIYA
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Referensi
- Arifin, Z. (2019). Pemanfaatan Media Game Monopoli Ayo Mengaji Dalam Meningkatkan Gemar Mengaji Al-Qur ` an. Jurnal Penelitian IAIN Kudus, 13(2), 197–214. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/6239
- Dan, M., & Khair, M. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Taman Pengajian Al-Qur’an Nurul. Jurnal Inspiration, 6(2), 165–172. https://jurnal.akba.ac.id/index.php/inspiration/article/view/2426
- Djollong, A. F. (2016). Pentingnya Pengetahuan Ajaran Agama Islam Dan Aplikasinya Terhadap Remaja. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, IV(September), 67–78. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/269
- Informatika, D. M., Teknik, F., Surabaya, U. N., Informatika, J. T., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2018). Aplikasi Belajar Mengaji Berbasis Android Melya Nur Yati Naim Rochmawati. Jurnal Manajemen Informatika, 8(2), 89–97. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/24587
- Pangestu, A. R., & Purwanto, A. (2021). Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Iqro untuk Anak Berbasis Android. EJECTS : E-Journal Computer, Technology and Informations System LPPM Universitas Darwan Ali, 01(01), 1–6. http://jurnal.unda.ac.id/index.php/ejects/article/view/170
- Saadah, R. (2015). Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Jenjang Iqro Pada Mobile Phone. Repository UIN Raden Fatah Palembang, 1–94. http://repository.radenfatah.ac.id/4679/
- Simanjorang, E. F. S., Siahaan, L. R., Hutagaol, H. R., & Limbong, B. (2021). Pendampingan Anak Didik Agar Tetap Ceria dan Sehat di Era. 5(3), 338–346. https://doi.org/10.37729/abdimas.v5i3.1245
- Siregar, M., Ilyas, S., Bimbingan, J., Fakultas, I., Adab, U., & Agama, I. (2020). Metode Bimbingan Islami dalam Membentuk Akhlak Anak. Syifaul Qulub : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 1–10. http://dx.doi.org/-/syifaulqulub
- Siregar, N., & Sutabri, T. (2019). Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Mengaji Dengan Metode Belajar Albarqi Dasar pada Yayasan Marhamatur Ridho Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informatika & Komputer, 5(1), 45–50. http://journal.thamrin.ac.id/index.php/jtik/article/view/245
- Triyadi, S. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(2), 231–236. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/215
Referensi
Arifin, Z. (2019). Pemanfaatan Media Game Monopoli Ayo Mengaji Dalam Meningkatkan Gemar Mengaji Al-Qur ` an. Jurnal Penelitian IAIN Kudus, 13(2), 197–214. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/6239
Dan, M., & Khair, M. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Taman Pengajian Al-Qur’an Nurul. Jurnal Inspiration, 6(2), 165–172. https://jurnal.akba.ac.id/index.php/inspiration/article/view/2426
Djollong, A. F. (2016). Pentingnya Pengetahuan Ajaran Agama Islam Dan Aplikasinya Terhadap Remaja. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, IV(September), 67–78. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/269
Informatika, D. M., Teknik, F., Surabaya, U. N., Informatika, J. T., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2018). Aplikasi Belajar Mengaji Berbasis Android Melya Nur Yati Naim Rochmawati. Jurnal Manajemen Informatika, 8(2), 89–97. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/24587
Pangestu, A. R., & Purwanto, A. (2021). Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Iqro untuk Anak Berbasis Android. EJECTS : E-Journal Computer, Technology and Informations System LPPM Universitas Darwan Ali, 01(01), 1–6. http://jurnal.unda.ac.id/index.php/ejects/article/view/170
Saadah, R. (2015). Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Jenjang Iqro Pada Mobile Phone. Repository UIN Raden Fatah Palembang, 1–94. http://repository.radenfatah.ac.id/4679/
Simanjorang, E. F. S., Siahaan, L. R., Hutagaol, H. R., & Limbong, B. (2021). Pendampingan Anak Didik Agar Tetap Ceria dan Sehat di Era. 5(3), 338–346. https://doi.org/10.37729/abdimas.v5i3.1245
Siregar, M., Ilyas, S., Bimbingan, J., Fakultas, I., Adab, U., & Agama, I. (2020). Metode Bimbingan Islami dalam Membentuk Akhlak Anak. Syifaul Qulub : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 1–10. http://dx.doi.org/-/syifaulqulub
Siregar, N., & Sutabri, T. (2019). Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Mengaji Dengan Metode Belajar Albarqi Dasar pada Yayasan Marhamatur Ridho Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informatika & Komputer, 5(1), 45–50. http://journal.thamrin.ac.id/index.php/jtik/article/view/245
Triyadi, S. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(2), 231–236. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/215