Isi Artikel Utama

Abstrak

Kemampuan meneliti dan publikasi masih menjadi masalah bagi sebagian besar guru. Mengacu pada permasalahan tersebut, Program Doktor Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Semarang bersama MKKS Wilayah X Banyumas telah menyelenggarakan bimbingan teknis yang bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan kegiatan penelitian. (2) meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun artikel ilmiah hasil penelitian untuk dipublikasikan dalam jurnal ilmiah. Kegiatan dilakukan secara online dalam 4 tahap mulai 10 Juni 2021 hingga 6 November 2021. Sebanyak 110 guru SMA se-Banyumas Raya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah prinsip learning by doing, dilakukan secara klasikal melalui zoom cloud meeting untuk penyampaian materi secara teori dan pendampingan individu melalui WhatsApp Group dan email. Luaran dari program ini berupa proposal penelitian, dan artikel ilmiah untuk dipublikasikan. Antusiasme peserta dalam menyusun proposal penelitian dan menulis artikel untuk publikasi sangat tinggi dan mereka menginginkan pendampingan yang berkelanjutan untuk sukses melaksanakan penelitian dan mempublikasikan artikel ilmiah.

Kata Kunci

artikel ilmiah penelitian pendidikan kompetensi profesional guru

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Edy Cahyono, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Kiimia

Guru Besar

Pembina Utama Madya IVe

Woro Sumarni, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Kimia

Pembina Utama Muda IVc

Ani Rusilowati, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Fisika UNNES

Guru Besar

Gol IVc

Harjito, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Kimia

Referensi

  1. Ahmadi, F., Widihastrini, F., & Widhanarto, G. (2018). IBM Guru SD melalui pelatihan peningkatan keterampilan menulis artikel penelitian tindakan kelas. Abdimas 22(2), 137-142.
  2. Djariyo, Sulianto, J., Mudzanatun, Reffiane, F., & Purnamasari, I. (2016). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis bagi Guru Sekolah Dasar di Kota Semarang, (Online). (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=6.
  3. Duggan, M., Smith, T. F., & Thomsen, D. (2009). A monitoring and evaluation framework for transformative change for sustainability programs in secondary schools. . AARE 2009 Conference – DUG08218 Regional Sustainability Research Group University of the Sunshine Coast Maroochydore DC 4558.
  4. Fannies, S. A. (2016). Analisis Kesulitan Menulis Karya Ilmiah Sederhana Siswa Kelas IX SMPN 3 Singosari. Cendekia, 10(1), 19-28.
  5. Gunawan, I. (2015). Strategi Meningkatkan Kinerja Guru: Apa Program yang Ditawarkan oleh Kepala Sekolah? Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Karir Tenaga Pendidik Berbasis Karya Ilmiah (pp. 305-312). Universitas Negeri Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan.
  6. Hafiar, H., Damayanti, T., Subekti, P., & Fatma, D. (2015). Peningkatan Pendidikan dan Pengembangan Kompetensi Guru SMA Negeri 1 Ketapang melalui dalam publikasi akademis di media massa. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. 4(2) , 88 - 92.
  7. Huang, J. C. (2017). What do Subject Experts Teach about Writing Research Articles? An Exploratory Study. . Journal of English for Academic Purposes, 25, 18-29. http://dx.doi.org/10.1016/j.jeap.2016.10.004.
  8. Kennedy, A. (2011). Collaborative Continuing Professional Development (CPD) for Teacher in Scotland: Aspiration, Opportunities and Barriers. European Journal of Teacher Education, 34 (1), 25-41.
  9. Khasanah, A. (2017). Strategi Bangprosif Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Ber-PKB Guna Mendukung PPGP Di SMPN 4 Candipuro Tahun 2017 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 9-12 Mei 2017. Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Ditjen GTK, Kemdikbud.
  10. Noorjanah, L. (2014). (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung ,. Jurnal Humanity 10(1), 97-114.
  11. Rintaningrum, R. (2015). Mengapa Guru Tidak Menulis Karya Ilmiah: Perspektif Guru Prosiding . Seminar Nasional ‘Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Dalam Perspektif Masyarakat Ekonomi Asean. Universitas Trunojoyo, Madura: Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia.
  12. Saipurrahman. (2015). Mengapa Guru Kurang Mampu Melakukan PTK, (Online), (http:// www.lpmpkalsel.net/article-34-mengapa- guru-kurang-mampu melakukanptk.html), diakses 19 Februari 2018.
  13. Sumardjoko, & Murni. (2016). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru-guru SMK Muhammadiyah 3 dan 6 Gemolong, Sragen. Prosiding Konferensi Nasional ke-4 APPPTM. Volume 1 Pendidikan dan Pemikiran Islam. Jogjakarta: Pascasarjana UMY.
  14. Sumardjoko, B. (2017). Pemetaan Kemampuan Guru Dalam Penulisan Karya Ilmiah. The 5th Urecol Proceeding 18 February 2017. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
  15. Ulfatin, N. (2015). Guru: Pengembangan Karir ataukah pengembangan profesi? Seminar Nasional FIP (pp. 93-100). Malang : FIP Universitas Negeri Malang.