Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan dari diadakan pelatihan dasar statistika menggunakan Software SPSS oleh tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang adalah untuk meningkatkan pengetahuan dasar statistika pada guru MGMP Ekonomi di Kabupaten Lamongan guna untuk mendapatkan output berupa karya ilmiah maupun artikel penelitian kuantitatif yang dapat menunjang karir guru ekonomi di Kabupaten Lamongan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan secara offline maupun onlin. Metode pelaksanaan pelatihan ini meliputi metode ceramah dilakukan dalam penyampaian materi, studi kasus dilakukan pada saat latihan pengolahan data serta interpretasi hasil pengolahan data, pendampingan kepada guru MGMP Ekonomi Lamongan dalam bentuk workshop dan metode penugasan untuk sebagai pengayaan kepada guru MGMP Ekonomi untuk memahami alur analisis data menggunakan SPSS. Seluruh peserta antusias mengikuti pelatihan baik online maupun offline. Harapannya terjalin kerjasama antara MGMP Ekonomi Lamongan dengan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Kata Kunci

pelatihan statistika dasar SPSS

Rincian Artikel

Referensi

  1. Creswell, W. John & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
  2. David, S. S., Pacheco, M. B., & Jiménez, R. T. (2019). Designing Translingual Pedagogies: Exploring Pedagogical Translation through a Classroom Teaching Experiment. Cognition and Instruction, 37(2), 252–275. https://doi.org/10.1080/07370008.2019.1580283
  3. Gogoi, P. (2020). Application of SPSS Programme in the Field of Social Science Research. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(5), 2424–2427. https://doi.org/10.35940/ijrte.d9260.018520
  4. Hustia, A., Arifai, A., Afrilliana, N., & Novianty, M. (2021). Pelatihan Pengolahan Data Statistik Menggunakan Spss Bagi Mahasiswa. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(4), 1–8.
  5. Mettetal, G., & University--south, I. (1998). Improving Teaching Through Classroom Action Research. The Professional & Organizational Development Network in Higher Education., October.
  6. Mukhlis, I., Yusida, E., Dwiputri, I. N., & Yunikawati, N. A. (2020). Pelatihan Metode Dasar Statistika Pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) Bidang Ekonomi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 28–34.
  7. Mustikawati, E., & Qomariah, N. (2020). The Effect of Education , Training and Competency on Teacher Performance. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 9(10), 14–20. https://doi.org/10.35629/8028-0910031420
  8. Panjaitan, D. J., & Aprilia, R. (2021). WORKSHOP PENGENALAN METODE PENELITIAN KUANTITATIF MELALUI SOFTWARE SPSS DALAM MENGHADAPI ERA NEW NORMAL DI SMK SWASTA AL WASHLIYAH 3 MEDAN , KOTA MEDAN , PROVINSI itu untuk penelitian maupun Covid-19 merupakan ancaman bagi berbagai sektor kehidupan . Sela. 5(1).
  9. Purwanto, A., Asbari, M., Santoso, T. I., Sunarsi, D., & Ilham, D. (2021). Education Research Quantitative Analysis for Little Respondents: Comparing of Lisrel, Tetrad, GSCA, Amos, SmartPLS, WarpPLS, and SPSS. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 335–350. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/1326
  10. Wijaya, T. (2020). Peningkatan Kemampuan Pengolahan Data Melalui Pelatihan Statistik dan Aplikasi Program SPSS bagi Guru-Guru SMA di DIY. To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 31. https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i1.293
  11. Yusnita, Y., Eriyanti, F., Engkizar, E., Anwar, F., Putri, N. E., Arifin, Z., & Syafril, S. (2018). The Effect of Professional Education and Training for Teachers (PLPG) in Improving Pedagogic Competence and Teacher Performance. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(2), 123. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i2.2701