EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK DI KELAS VI SD N 2 GIRIMARTO

Erma Surtikawati, Anatri Desstya, Achmad Fathoni

Sari

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan : 1) Proses pembelajaran tematik dengan menggunakan  model PBL materi KD 3.2 pada siswa Kelas VI SD N 2 Girimarto . 2) Peningkatan dari hasil belajar tematik setelah menggunakan model PBL materi KD 3.2 pada siswa Kelas VI SD N 2 Girimarto . Pada penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Kualitatif. Tekniknya dalam analisis data kualitatif dilakukan secara induktif. Langkah-langkahnya adalah diawali dengan mengumpulkan data melalui catatan observasi, hasil tes dan wawancara,Hasil dalam penelitian ini menunjukkan : 1)Proses pembelajaran dengan menggunakan model PBL materi menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi Bangsa Indonesia pada siswa kelas VI Semester 1 SD N 2 GIRIMARTO berjalan lancar sesuai dengan RPP yang disusun.  Pembelajaran lebih efektif dan meningkat hal ini dibuktikan dengan siswa yag antusias bertambah, aktif dan kerjasama dari kategori kurang baik menjadi baik. 2) Terdapat peningkatan proses pembelajaran dengan menerapkan model PBL dari pertemuan 1, pertemuan 2, sampai pertemuan 3. Rata-rata terdapat peningkatan pada pertemuan 1 yang semula  40 %, meningkat  menjadi 51 % pada pertemuan 2 dan terjadi peningkatan kembali pada pertemuan 3 menjadi 80 %. Peningkatan hasil belajar KI 3 dan KI 4 setelah diberikan model pembelajaran PBL. Peningkatan hasil belajar KI 3 sebesar 63 %. Dan hasil belajar KI 4 sebesar 51 %.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abdul Majid. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Bilqis Maulany,D.(2013). The Use Of Project-Based Learning In Improving The Students` Speaking Skill (A Classroom Action Research at One of Primary Schools in Bandung). Journal of English and Education, 1(1), 30-42.

Hidayat,G.(2014). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 1-14.

Hamdayana,J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Iasha,V.(2018). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Scientific di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 19-36.

Indrawan,E, Jalinus,N, & Syahril.(2018). Review Project Based Learning. International Journal of Science and Research (IJSR), 8(4), 1014-1018.

Ismuwardani,Z, Nuryatin,A, & Doyin,M.(2019). Implementation of Project Based Learning Model to Increased Creativity and Self-Reliance of Students on Poetry Writing Skills. Journal of Primary Education, 8(1), 51-58.

Jamal Ma’mur Asmani.2014. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Yogyakarta : DIVA Press.

Karwono & Mularsih,H. (2017). Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok : PT Raja Grafindo Persada.

Kemmis, S. and R McTaggart. 1988. Action Research - some ideas from The Action Research Planner, Third edition, ed. Deakin University.

Kokom Komalasari. 2014. Pembelajaran Kontekstual. Bandung : PT Refika Aditama.

Majid,A. (2015). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nofziarni,A, Hadiyanto, Fitria,Y, & Bentri,A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4) , 2016-2024.

Puji Lestari,Y, Slameto, & Hosein Radia,E. Penerapan Pbl(Problem Based Learning) Berbantuan Media Papan Catur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 4 Sd. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa , 4(1), 53-62.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar

Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari,I, & Zaiyasni.(2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Problem Solving Di Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 120-136.

Sumiyati & Asra, M. (2007). Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan . Sukoharjo : CV. Jasmine.

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Udin S dan Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Jakarta.

Windhasari,R.(2015). Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(2), 123-127.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v6i1.9177

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.