STUDI EKSPLORATIF TERHADAP PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Ratna Wahyu Wulandari Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Mufida Awalia Putri Universitas Alma Ata Yogyakarta
  • Johan Syahbrudin Universitas Pamulang Tangerang Selatan
  • Tursina Ratu Universitas Samawa NTB

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v5i2.8565

Abstract

Penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi memberikan tantangan baru bagi pendidikan pada level perguruan tinggi. Sehingga dilakukan sebuah penelitain untuk menganalisis dan mendeskripsikan permsalahan dan setrategi yang diguanakan oleh mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran di Program Studi PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) selama pandemi covid-19. Metode penelitian yang dipilih adalah metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa sebanyak 274 orang dan dosen sebanyak 12 orang. Setelah dilakukan analisis data dan pembahasan, maka ditemukan bahwa: (1) Aplikasi pembelajaran daring yang disukai oleh sebagian besar mahasiswa adalah Google Classroom, serta mahasiswa lebih menyukai pembelajaran tatap muka dari pada daring; (2) Kelebihan pembelajaran daring dapat dilihat dari sisi kemampuan menguasai teknologi, ekonomi, dan waktu; (3) Kendala pembelajaran daring dapat dilihat dari sisi keberadaan jaringan internet, harga kuota internet, dan teknik pembelajaran; (4) Harapan saat pembelajaran daring dapat dilihat dari sisi penugasan dan aplikasi baru yang lebih mumpuni; serta (5) Pihak dari prodi melakukan upaya semaksimal mungkin melalui koordinasi dengan pemangku jabatan di kampus.

References

Dari Buku

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Bandung: Nilacakra Publishing House.

Ahmad, I. (2017). Panduan Hibah Penyelenggaraan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA Indonesia 2017). Jakarta: Direktorat Pembelajaran & Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Kemendikbud. (2013). Panduan dan Penyelenggaraan Kuliah Daring Indonesia Terbuka & Terpadu. Jakarta: Direktorat Pembelajaran & Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Kosim, N., Turmudi, I., Maryani, N., & Hadi, A. (2020). Pembelajaran bahasa arab melalui daring: problematika, solusi, dan harapan. UIN Sunan Gunung Djati.

Meiza, A., Hanifah, F. S., Natanael, Y., & Nurdin, F. (2020). Analisis regresi ordinal untuk melihat pengaruh media pembelajaran daring terhadap mahasiswa era pandemi covid. UIN Sunan Gunung Djati.

Dari Jurnal

Abidin, Z., & Arizona, K. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging faculty needs for enhancing student engagement on a virtual platform. MedEdPublish. https://doi.org/10.15694/mep.2020.000075.1

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif hasil belajar pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring menurut gaya belajar mahasiswa. Jurnal MATRIK, 18(2), 339–346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411

Arango, C. (2020). Lesson learned from the coronavirus health crisis in madrid, spain: how covid-19 has changed our lives in the last 2 weeks. Biological Psychiatry, 88(7). https://doi.org/10.1016/j.biopsych.2020.04.003

Bao, W. (2020). Covid-19 and online teaching in higher education: a case study of peking university. Hum Behav & Emerg Tech, 2, 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to online education in schools during a sars-cov-2 coronavirus (covid-19) pandemic in georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937

Daniati, D., Ismanto, B., & Luhsasi, D. I. (2020). Upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa dengan penerapan model pembelajaran e-learning berbasis google classroom pada masa pandemi covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 601–608. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2642

Febrilia, B. R. A., Nissa, I. C., Pujilestari, P., & Setyawati, D. U. (2020). Analisis keterlibatan dan respon mahasiswa dalam pembelajaran daring menggunakan google classroom di masa pandemi covid-19. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 175–184. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.175-184

Greenstone, M., & Nigam, V. (2020). Does social distancing matter? University of Chicago Becker Friedman Institute for Economic Working Paper, 2020–26. http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3561244

Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of models and learning platforms for prospective teachers during the covid-19 pandemic period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70.

Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa pada masa pandemik covid-19. BAJ (Behavioral Accounting Journal), 3(1). https://doi.org/10.33005/baj.v3i1.57

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan hasil belajar matematika dengan penggunaan platform whatsapp group dan webinar zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942

Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus (covid-19): why global control is challenging? Public Health. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2020.02.001

Lynch, M. (2020). E-learning during a global pandemic. Asian Journal of Distance Education, 15(1), 189–195. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881785

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2). https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Qadafi, M. (2021). Pembelajaran bahasa inggris pada anak di sangkhom islam wittaya school saat pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 422–430. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.591

Rohmanu, A., Muafiah, E., Hakim, A. R., & Damayanti, V. Y. (2020). Kesiapan, kompleksitas dan harapan pembelajaran jarak jauh: persoektif mahasiswa iain ponorogo. At-JIP: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 221–241. https:doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7019

Sadikin, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2). https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Saifuddin, M. F. (2018). E-learning dalam persepsi mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Subagtio, M. E. (2020). Perspektif mahasiswa ips terhadap pembelajaran virtual pada masa pandemi covid-19. Socius: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(2). https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i2.8766

Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online. Nature Materials, 19(6). https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8

Verawardina, U., Asnur, L., Lubis, A. L., & Hendriyani, Y. (2020). Reviewing online learning facing the covid-19 outbreak. Journal of Talent Development and Excellence, 12(3s), 385–392.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas perkuliahan daring (online) pada mahasiswa pgsd di saat pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458

Published

2021-08-11

Issue

Section

Artikel