Budaya Literasi Sebagai Upaya Pengembangan Karakter pada Siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota

Maya Kartika Sari, Vivi Rulviana, Suyanti Suyanti, Sri Budiartati, Rodiyatun Rodiyatun

Sari

Abstrak: Membudayakan Literasi di sekolah menjadi langkah paling penting untuk pengembangan kemampuan dan wawasan pada siswa. SD Muhammadiyah Bantul Kota telah berpartisipasi dalam membudayakan literasi. Oleh karena itulah penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi budaya literasi yang ada di SD Muhammadiyah Bantul Kota dan bagaimana budaya literasi dapat mengembangkan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data kepala sekolah, guru, pustakwan, siswa, dan komite sekolah. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yakni SD Muhammadiyah Bantul Kota telah membudayakan literasi dengan sangat optimal. Hal ini dibuktikan dengan tersedianya perpustakaan yang memadai dan nyaman untuk para siswa, adanya pagupon literasi dihalaman sekolah, dan pembuatan mading kelas setiap bulannya untuk membiasakan anak membaca dan mencari informasi. Pelaksanaan budaya literasi ini dapat menumbuhkan karakter pada anak yakni karakter tanggungjawab, peduli sosial, toleransi, saling menghargai teman, disiplin, gemar membaca, karakter menghargai prestasi, karakter rasa ingin tahu, karakter kerja keras, karakter kreatif, karakter bersahabat/komunikatif, karakter cinta damai dan peduli lingkungan. Budaya Literasi yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Bantul Kota dapat meningkatkan potensi, kualitas diri dan karakter positif pada siswa.   

Kata Kunci: Budaya Literasi, Karakter


Abstract: Culture literacy in schools is the most important step for the development of skills and insights in students. SD Muhammadiyah Bantul Kota has participated in culture literacy. Therefore, this research aims to describe the implementation of literacy culture in SD Muhammadiyah Bantul Kota and How culture literacy can develop the character of students. This study uses qualitative descriptive methode. Data sources of Principals, Teachers, Librarian, students, and School Committees. Data retrieval techniques using interviews and documentation. Data analysis techniques are data reduction, data feed, and conclusion. The results of the study is SD Muhammadiyah Bantul Kota has cultured literacy very optimally, this is evidenced by the availability of adequate and convenient libraries for students, the availability of literacy pagupon in the school yard, and the creation of mading classes every month to get used to children reading and looking for information. The implementation of this literacy culture can foster character in children namely character responsibility, social care, tolerance, mutual respect of friends, discipline, love of reading, character appreciate achievement, character curiosity, character hard work, creative character, friendly/communicative character, peace loving character and caring environment. Literacy culture implemented in SD Muhammadiyah Bantul Kota is expected to increase potential, self-quality and positive character in student.  

Keywords: Literacy Culture, Character

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Dari Buku:

Abdurrahman, Mulyono. 2011. Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remediasinya, Jakarta: Rineka Cipta

Dirjen Dikdasmen. 2016. Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Hasan, S. H., et al. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Nasional

Kemdikbud. 2016a. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah

Kesuma, Dharma. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Moleong, L. J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Zuchdi, D., Prasetya, Z. K., & Masruri, M. S. 2012. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah. Yogyakarta: UNY Press.

Dari Jurnal:

Ahmad, S., Kristiawan, M., Tobari, T., & Suhono, S. 2017. Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Iqra (Educational Journal), Volume 2 Nomer 2 hal :403-432.

I Made Ngurah Suragangga. 2017. Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Volume 3 Nomor 2 Agustus 2017

Kristiawan, M. 2016. Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai dan Berakhlak Mulia. Jurnal Ta'dib, Volume 18 Nomor 1 hal: 13-25.

Musfiroh,T & Listyorini, B. 2016. Konstruk Kompetensi Literasi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Litera volume 15 nomor 1.

Mansur, Umar. 2019. Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca. Disajikan Pada Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia II (Narasi II) Himaprodi FBS UNM 2019. Makasar : Menara Phinisi UNM

Wandasari, Yulisa. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan). Volume 1, No. 1

Zuliarso, E., & Februariyanti, H. 2013. Sistem Informasi Perpustakaan Buku Elektronik Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume 18 Nomor 1 Hal : 46–54


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v5i1.6382

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.