Pembelajaran Menulis Kata dengan Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Tunagrahita Ringan

Syamsul Ghufron, Adi Irawan Toha, Markub Markub, Nafiah Nafiah

Sari

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis kata dengan media KKB pada anak tunagrahita ringan. Tujuan penelitian tersebut diperinci ke dalam beberapa tujuan khusus berikut: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis kata dengan media KKB, (2) mendeskripsikan respons siswa terhadap pembelajaran menulis kata dengan media KKB, dan (3) mendeskripsikan ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran menulis kata dengan media KKB pada anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini berupa pembelajaran menulis kata dengan media KKB yang meliputi (1) pelaksanaan pembelajaran, (2) respons siswa, dan (3) efektivitas pembelajaran menulis kata dengan media KKB. Semua data bersumber dari guru dan siswa di kelas 4 SLB Bina Harapan Desa Paji, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, teknik angket, dan teknik tes. Data tersebut dikumpulkan dengan instrumen berupa rubrik observasi, angket, dan soal tes. Data dianalisis secara desktiptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media KKB dapat membantu siswa dan sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kata. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa diperoleh rata-rata skor sebesar 88%, sedangkan dari hasil pengamatan terhadap aktivitas guru diperoleh skor sebesar 95%. Respons siswa terhadap pembelajaran menghasilkan skor rata-rata sebesar 88%. Ketuntasan belajar siswa menghasilkan  skor rata-rata sebesar 88%..

Kata kunci: pembelajaran, menulis kata, media KKB, tunagrahita ringan

 

Abstract: The purpose of this study is to describe the learning of word writing with KKB media in mildly retarded children. The research objectives are detailed into the following specific objectives: (1) describe the implementation of learning to write words with KKB media, (2) describe students 'responses to learning to write words with KKB media, and (3) describe students' mastery learning in learning to write words with KKB media for mildly retarded children. This study uses descriptive qualitative and quantitative methods. This research data in the form of learning to write words with KKB media which includes (1) the implementation of learning, (2) student responses, and (3) the effectiveness of learning to write words with KKB media. All data were sourced from teachers and students in grade 4 SLB Bina Harapan, Paji Village, Pucuk District, Lamongan Regency. The research data was collected by observation technique, questionnaire technique, and test technique. The data was collected with instruments in the form of observation rubrics, questionnaires, and test questions. Data were analyzed quantitatively and qualitatively. The results showed that the KKB media can help students and are very effectively used to improve students' ability to write words. This is evident from the results of observations of student activities obtained an average score of 88%, while the results of observations of teacher activities obtained a score of 95%. Student responses to learning produce an average score of 88%. Mastery learning students produce an average score of 88%.

Keywords: learning, word writing, KKB media, mild retardation

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Agustini, M. (2013). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata pada Anak Tunagrahita Ringan: Penelitian Eksperimen dengan Desain Single Subject Research pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV di SLB-B/C Bina Mandiri Bogor. Universitas Pendidikan Indonesia.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bachtiar, D. Y., Suhartiningsih, S., & Sihono, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar pada Siswa Kelas III SDI Al-Khairiyah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Edukasi, 25–28.

Heriantoko, B. C. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Permainan Maze pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas II di SLB/C TPA Jember. Jurnal Pendidikan Khusus, 1(1).

Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Febrisma, N. (2013). Upaya Meningkatkan Kosakata Melalui Metode Bermain Peran pada Anak Tunagrahita Ringan (PTK kelas DV di SLB Kartini Batam). E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1, 2–120.

Haryeti, E., Sopandi, A. A., & Iswari, M. (2013). Meningkatkan Keterampilan Membuat Palai Rinuak Melalui Metode Latihan pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(3).

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Kholipah, S. N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Media Kartu Kata Bergambar pada Kelas II MI Ma’arif Pranten Desa Seloprojo Kec. Ngablak Kab. Magelang Tahun Pelajaran 2018/20199. IAIN Salatiga.

Marzuqi, I. (2013). Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia: Teori dan Implementasi. Surabaya: CV Istana.

Melda, N. F. (2016). Kecakapan Sosial Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V di SLB Negeri 2 Yogyakarta. WIDIA ORTODIDAKTIKA, 5(1), 33–39.

Muhtar, N. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Siswa Kelas VIII A MTs Al-Ikhlas Pacet Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 11(1), 27–38.

Nurcahyani, Nita, Prima, E., & Lestari, P. I. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Permainan Menjepit Kartu Kata Bergambar pada Anak Kelompok B di TK Astiti Dharma. JEPUN: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1).

Pratiwi, Rukmana, Sutoyo, L. (2013). Peningkatan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan dengan Metode Bermain Kelompok Switcheroo di SDN Inklusi. Jurnal Pendidikan Khusus, 3(3).

Putri, N. (2012). Efektifitas penggunaan media video untuk meningkatkan pengenalan alat musik daerah pada pembelajaran IPS bagi anak tunagrahita ringan di SDLB 20 Kota Solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 318–328.

Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). Pengembangan pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan model pembelajaran problem base melalui lesson study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).

Awalia, H. R. (2016). Studi Deskriptif Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(1).

Safitri, S. R., Fauziyah, N., & Nugroho, A. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi melalui Media Kartu Kata Bergambar pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(2), 85–93.

Setiorini, M., Huda, A., & Saichudin, S. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Siswa Tunarungu. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 1(1), 42–47.

Siregar, G., Iswari, M., & Efendi, J. (2019). Pemberdayaan Tunagrahita Ringan Sebagai Tenaga Kerja Penjaga Kantin. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(1), 43–46.

Siswanti, D. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode VAKT Dengan Media Plastisin Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(3).

Somantri, T. S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2013). Metode Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Praktiknya.

Usti, A. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Bermain Pancing Angka bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 478–488.

Walgito, B. (2011). Teori-Teori Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v4i2.4493

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.