Inovasi Model Quantum Learning Menggunakan Teori Apersepsi Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Pendidikan IPS SD

Fitria Dwi Prasetyaningtyas

Sari

Abstrak: Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan inovasi model pembelajaran dengan mengembangkan Model Pembelajaran Quantum Learning Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS SD. Penelitian ini adalah campuran antara penelitian kulaitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif dipilih untuk mendeskripsikan penerapan model quantum learning menggunakan teori apersepsi berbasis karakter untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matakuliah pendidikan IPS SD. Penelitian kuantitatif yang berupa pre eksperimental design yaitu one –group pretest-postest design, untuk melihat pemahaman mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan model. Pengembangan model menggunakan desain pembelajaran ADDIE. Simpulan penelitian adalah 1). Pengembangan Model Quantum Learning Menggunakan Teori Apersepsi Berbasis Karakter menggunakan tahapan TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan) dimana dalam tahapan memiliki alokasi waktu yang berbeda-beda. 2). Kelayakan Model Quantum Learning Menggunakan Teori Apersepsi Berbasis Karakter pada kategori sangat layak untuk diuji cobakan dengan data jumlah skor 15 dengan nilai rata-rata 90 dan persentase sebanyak 93,75 % , 3). Model  Quantum Learning Menggunakan Teori Apersepsi mata kuliah Pendidikan IPS SD dapat menumbuhkan Karakter mahasiswa karakter inspiratif mahasiswa sudah terlihat melalui kegiatan pengamatan, dengan jumlah skor 8,82 dengan rata-rata skor 2,94 pada kategori mulai berkembang. Saran dari penelitian ini adalah Pelaksanaan model kedepannya diharapkan perlu untuk  merencanakan setiap kegiatan pembelajaran dan alokasi waktu pembelajaran dengan baik serta menggunakan media pembelajaran yang relevan agar semua tahapan bisa dilaksanakan.

Kata Kunci: Model Quantum Learning, Teori Apersepsi, Karakter, IPS

Abstract: The aim of the research is to produce innovative learning models by developing Character Based Quantum Learning Models to Improve the Quality of Social Studies Learning in Elementary Schools. This research is a mixture of qualitative and quantitative research. Qualitative research was chosen to describe the application of quantum learning models using character-based apperception theory to improve the quality of learning in social studies elementary school subjects. Quantitative research in the form of pre-experimental design is one-group pretest-posttest design, to see student understanding before and after applying the model. Model development using ADDIE learning design. The conclusions of the study are 1). The Development of Quantum Learning Model Using Character-Based Apperception Theory uses TANDUR stages (Grow, Natural, Named, Demonstrate, Repeat and Celebrate) where the stages have different time allocations. 2). The Feasibility of Quantum Learning Model Using Character Based Apperception Theory in the category is very feasible to try with data on the total score of 15 with an average value of 90 and percentage as much as 93.75%, 3). The Quantum Learning Model Using Apperception Theory of Social Sciences Elementary Education courses can foster student character. Students' inspirational characters have been seen through observation activities, with a total score of 8.82 with an average score of 2.94 in the category starting to develop. Suggestions from this research are that in the future implementation of the model is expected to be necessary to plan each learning activity and allocation of learning time properly and to use relevant learning media so that all stages can be carried out.

Keywords: Quantum Learning Model, Apperception Theory, Character, Social Sciences


Teks Lengkap:

PDF

Referensi

BSNP. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: CV.Mini Jaya Abadi.

De Porter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.

De Porter, Bobbi. Dkk. 2010. Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Leraning di Ruang-ruang Kelas. Terjemahan Nilandri. Bandung: Kaifa.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Poerwanti, Endang. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Wibowo, Mungin Eddy dkk. 2017. Tiga Pilar Konservasi: Penopang Rumah Ilmu Pengembang Peradaban Unggul. Semarang: Unnes Press.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v3i2.2682

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.