Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah

Authors

  • Dyah Worowirastri Ekowati Universitas Muhammadiyah Malang
  • Yuni Puji Astuti Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ima Wahyu Putri Utami Universitas Muhammadiyah Malang
  • Innany Mukhlishina Universitas Muhammadiyah Malang
  • Beti Istanti Suwandayani Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) rancangan program literasi numerasi, (2) pelaksanaan program literasi numerasi, (3) upaya dalam mengatasi kendala pelaksanaan program literasi numerasi, (4) faktor pendukung dan (5) faktor penghambat pelaksaan program literasi numerasi. Jenis penelitian ini adalah deskripsif kualitatif. Hasil penelitian yaitu (1) rancangan literasi numerasi di SD Muhammadiyah 1 Kota Malang secara umum belum terprogram dan secara khusus menyesuaikan materi literasi numerasi pada pembelajaran matematika dan tema pada pembelajaran tematik kurikulum 2013. (2) Pelaksanaan program literasi numerasi telah sesuai dengan tiga tahapan program literasi sekolah yakni tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran, serta sesuai dengan lima indikator literasi numerasi. (3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala program literasi numerasi telah beracuan pada tujuan umum literasi di sekolah. (4) Faktor pendukung terdiri dari pemerintah dan sasaran program literasi numerasi. (5) Faktor penghambat beracuan pada tiga sasaran literasi numerasi. Sasaran literasi numerasi terdiri dari basis kelas, budaya sekolah, dan masyarakat.

Kata Kunci: Program, Literasi, Numerasi, Sekolah Dasar

Abstract: The purpose of this research is to describe : (1) plan of the numeracy literacy program in elementary school Muhammadiyah 1 Malang, (2) realize the numeracy literacy program in elementary school Muhammadiyah 1 Malang, (3) effort to solve problems in realizing the numeracy literacy program in elementary school Muhammadiyah 1 Malang, (4) proponent factor in realizing the numeracy literacy program in elementary school Muhammadiyah 1 Malang, (5) inhibiting factor in realizing the numeracy literacy program in elementary school Muhammadiyah 1 Malang. This research used a qualitative research approach by using descriptive type. The result of this research showed that (1) plan of the numeracy literacy program in elementary school Muhammadiyah 1 Malang is not in program list yet and in especially case, it still makes an adjustment with the numeracy literacy matter in learning mathematics and lesson topic 2013 curriculum. (2) The realization of this numeracy literacy program in elementary school Muhammadiyah 1 Malang is matched with the three steps of school literacy program, they are habitual, development and learning step it also conforms to five indicators of numeracy literacy. (3) The effort to solve problems in realizing the numeracy literacy program based on the general purpose of the literacy in school. (4) Government and numeracy literacy program’s object is included in proponent factor. (5) The inhibiting factor is aimed at three of numeracy literacy program’s objects. Numeracy literacy targets consist of the class base, school culture base, and community base.

Keywords: Program, Lliteracy, Numeracy, Elementary School

References

Abidin, Yunus, Tita Mulyati, Hana Yunansah. 2017. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta : Bumi Aksara

Australia Curriculum Assesment Reporting Authority. 2013. General Capabilities In The Australian Curriculum. Australia : Australian Curriculum

Buyung. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving daqn Kemampuan Numerik Terhadap Penguasaan Literasi Matematika Di SMP. 14 (1) : 2-3

Byers, William. 2010. How Mathematician Think Using, Ambiguity, Contradiction,and Paradox to Create Mathematics. Oxfordshire: Princenton University Press

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah .2016. Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Elfachmi, Amin Kuneifi. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Penerbit Erlangga

Faizah, Utama Dewi, Susanti Sufyadi, Lanny Anggraini, Waluyo, Sofie Dewayani, Wien Muldian dan Dwi Renya Roosaria. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Han Weilin, Dicky Susanto, Sofie Dewayani, Putri Pandora, Nur Hanifah, Miftahussururi, Meyda Noorthertya Nento dan Qori Syahriana Akbari. 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hendriana, Heris dan Utari Soemarmo. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : PT Rrfika Aditama

Heruman. 2013. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Ibrahim, Gufran Ali, Hurip Danu Ismaidi, Fairul Zabadi, Nur Belian Venus Ali, Mochammad Alipi, Billy Antoro, Nur Hanifah, Miftahussururi, Meyda Noorthertya, Qori Syahriana, Munafsin Aziz. 2017. Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Koesoema, Doni, Sutjipto, Diyon Iskandar, Nur Hanifah, Miftahussururi, Meyda Noorthertya dan Qori Syahriana.2017. Pedoman Penilaian dan Evaluasi Gerakan Literasi Nasional. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prihartini, Fitria Widi. 2017.Skripsi : Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pada Kelas Rendah di SDN Punten 1 Batu. Malang : FKIP UMM

Sugiyono.2015.Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: CV Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wiedarti, Pangesti, dkk.2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan

Published

2019-02-12

Issue

Section

Artikel