Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Siswa Kelas V SD

Authors

  • Baiq Niswatul Khair Universitas Mataram
  • Herawati Susilo Universitas Negeri Malang
  • Endang Suarsini Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1426

Abstract

Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar IPA berbasis inkuiri untuk kelas V SD. Bahan ajar ini berupa bahan ajar siswa dan pegangan guru berbasis inkuiri yang sahih atau valid, efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa dan praktis digunakan oleh siswa dan guru. Peneliti mengembangkan bahan ajar menggunakan model penelitian dan pengembangan modifikasi Borg and Gall (2003). Adapun tahapan yang dilalui terdiri dari 6 langkah, yakni: 1) studi pendahuluan; 2) perencanaan; 3) pengembangan; 4) validasi; 5) uji coba; 6) produk akhir.

Hasil validasi ahli bahan ajar IPA berbasis inkuiri mendapatkan perolehan sebesar 97.56% terhadap isi/materi, 92.39% terhadap bahasa, dan 81.25% terhadap desain bahan ajar. Hasil uji coba kelas terbatas menunjukkan perolehan hasil belajar siswa sebesar 88.7 dan 100% siswa telah mencapai KKM, serta persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 78.51%. Selain itu persentase kepraktisan yang diperoleh adalah 89.59% bagi siswa dan 92.85% bagi guru. Berdasarkan paparan data tersebut, bahan ajar IPA berbasis inkuiri layak digunakan karena telah dikategorikan sangat valid, efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses siswa, serta praktis digunakan dalam proses pembelajaran IPA pada kelas Vb di SDN 4 Praya.

Kata Kunci: bahan ajar, IPA, inkuiri, hasil belajar, keterampilan proses sains

Abstract: The aim of this research and development is to produce science’s teaching material based on inquiry which is valid and effective in improving student’s achievement and science’s process skill and also practically used for student and teacher. Researcher developed this instructional material by using a modified model of research and development by Borg and Gall (2003). The 6 phases of this model are: 1) preliminary study, 2) planning, 3) development, 4) validation, 5) trials and 6) final product. The results of the expert validation acquired 97.56% for the contents/material, 92.39% for the language, and 81.25% for the design. The trial results of limited class shown student learning outcomes at 88.7 and 100% of students achieved KKM, and also the percentage of student’s science process skills is 78.51%. In addition, the percentage of practicality for students is 89.59% and 92.85% for teachers. Based on data, science’s teaching material based on inquiry effective in improving student achievement and science process skills and also practical use in the process of learning science at class Vb SDN 4 Praya.

Keywords: teaching materials, science, inquiry, learning, science process skills

References

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bass, J. E., Contant, T. L. & Carin, A. A. 2009. Teaching Science as Inquiry Eleventh Edition. USA: Pearson.

Borg &Gall. 2003. Educational Research an Introduction (Seventh Edition). USA: Pearson Education.

Hartanto, Yuli. 2012. Penerapan Strategi Inkuiri Melalui Implementasi Kaji Pembelajaran (Lesson Study) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kepanjen Kab.Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Jufri, A. W. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Mataram: Arga Puji Press.

Karyatin. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII-4 di SMPN 1 Probolinggo. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Kusuma, T. C., 2012. Gambaran tentang Peranan Kegiatan Bernyanyi dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Budi Mulia. Pesona PAUD, 1 (1): 1-12.

Mustafa, S. 2010. Penerapan Strategi Inkuiri Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 4 Parepare. Tesis tidak untuk diterbitkan. Malang: PPS UM.

NRC. 2002. Inquiry and the National Science Education Standars. Washington, D. C: National Academy Press.

Suwono, H. 2012. Penilaian Hasil Belajar IPA. Malang: Bayumedia Publishing.

Untari, S., Hakim, S. A., Astawa, K. D. &Rochmadi, N. W. 2008. Pengembangan Bahan Ajar dan Lembar Kegiatan Siswa Mata Pelajaran PKn dengan Pendekatan Deep Dialoquel Critical Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berdialog dan Berpikir Kritis Siswa SMA di Jawa Timur. Jurnal Penelitian Kependidikan, 18 (1): 154-177.

Published

2018-02-21

Issue

Section

Artikel