PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS PASUNDAN

Jaka Permana, Rina Indriani, Nurul Fazriyah, Siti Maryam Rohimah

Abstract

Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada Tahun Akademik 2021-2022 telah berjalan dengan beberapa program utama yaitu Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa, serta Magang Independen. Kegiatan ini adalah bentuk implementasi dari Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang didasari oleh Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Urgensi penelitian ini merupakan usaha perbaikan secara progresif menuju peningkatan mutu pelaksanaan program yang dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan. Metode Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan deskriptif analitis yang digunakan adalah survei angket kepada mahasiswa yang dilakukan untuk mengukur pemahaman mengenai program MBKM yang telah berjalan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebanyak 231 mahasiswa atau sekitar 53% mahasiswa menyiapkan diri dengan cara mempelajari panduan MBKM dan kurikulum yang memfasilitasi MBKM, sebanyak 117 mahasiswa atau sekitar 27% mahasiswa menyiapkan diri dengan mengikuti seleksi kegiatan dan menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan, dan sebanyak 86 mahasiswa atau sekitar 20% mahasiswa menyiapkan diri dengan cara Proaktif dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran yang sesuai. Kegiatan MBKM sangat bermanfaat untuk mahasiswa dalam pengembangan kompentensi/keterampilan sebagai bekal bekerja setelah lulus. 

References

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI. 2020. Buku Panduan Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Jakarta.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020. Jakarta.

Ruseffendi ET. 2010. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya (Edisi Cetak pertama). Bandung

Redhana, I Wayan. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 13 (1), pp. 2239-2253.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Wulandari, Dewi, dkk. 2021. Panduan Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen. Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknlogi. Jakarta, 2021, hlm. 1-12. Diakses dari https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/02/Panduan-Kerjasama- Kurikulum-dan-Implementasi-MBKM-Tahun-2021-Final.pd.

Ashari Hamzah, Rahma. (2021). Dedikasi, Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar Kemdikbud Di Sekolah Dasar. Jurnal dedikasi Juli 2021 volume 1, nomor 2 (1-8), Retrieved from http://www.jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JDPM/article/view/339/pdf

Nofa Nofia, Nensi. Analisis Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” Pada Perguruan Tinggi Islam Negeri Di Indonesia. PRODU: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 1, Nomor 2, Special Issue, Juni 2020 (61-68). Retrieved from https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/produ/article/view/3328/2114


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v6i2.11830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.