PENERAPAN STRATEGI LIPIRTUP BERBANTUAN MEDIA REALITY SHOW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MURID KELAS IV UPT SPF SD NEGERI KAKATUA

Aliem Bahri, Andi Paida, Abdul Muhsin

Sari

Abstrak:Penelitian ini bertujuan agar para guru sekolah dasar mendapatkan bimbingan/pelatihan mengenai penerapan strategi Lipirtup berbantuan media reality show dalam meningkatkan keterampilan menulis cepen. Sebagai alternatif sehingga guru tetap mampu melakukan proses pembelajaran dengan baik serta menjadi guru yang profesional, menjadikan guru yang kreatif dan inovatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah murid kelas IV UPT SPF SD Negeri Kakatua. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi lembar keterlaksanaan pembelajaran, tes tertulis dalam bentuk uraian dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individu dari 17 murid terdapat 7 murid atau 35%, dan 6 murid dengan atau 35% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal, dan terdapat 4 murid atau 2% belum memenuhi kriteria ketuntasan mininaml. Kemudian pada tahap Siklus II terdapat 12 murid atau 25% memenuhi (KKM)dengan kategori baik dan terdapat 5 murid atau 75% yang memenuhi KKM dengan kategori sangat baik Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa hasil keterampilan menulis cerpen Murid di UPT SPF SD Negeri Kakatua melalui penggunaan strategi Lipirtup berbantuan media reality show mengalami peningkatan.

 

 

Kata kunci: Strategi Lipirtup berbantuan media reality show, menulis cerpen.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Dari Buku

Ahmad, Susanto. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Anas Sudijono (2015), Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Amstrong, Thomas. (2014). Kecerdasan Jamak Dalam Membaca Dan Menulis,

Jakarta: Indeks

Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Gerlach, V.G dan Ely, D.F. (2012). Teaching and Media. A Systematic Approach. Englewwod Cliffs: Prantice-hall.

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Kisworo, M.W. (2016). Revolusi Mengajar (pembelajaran aktif, kreeatif, efektif, menyenangkan). Jakarta: Asik Generation.

Kurniawan, Heru dan Sutardi. (2014). Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Mashura. (2012). Peningktatan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Strategi Copy The Master Melalui Media Audio Visual. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(11): 237.

Meirina, Eka. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Strategi Lipirtup pada Siswa Kelas VIII G SMP 2 Gebog Kudus. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Mulyati, Yeti. (2007). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Poe Allan, Edgar. (2019). The Complete Short Story Collection. American Journal Writing with Power.

Sumardjo, Jakob. (2017). Masyarakat dan Sastra Indonesia. Jakarta: Nur Cahaya.

Suparno, dan Yunus Muhamad. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran (Teori dan Aplikasi). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Uno, H.B. (2012). Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif). Jakarta : Bumi Aksara.

Dari Jurnal

Pujiastuti, A.U & Novi Wulandari. (2019). Implementasi Metode Lipirtup Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada MuridSekolah Dasar Kelas IV SDN Ngino Ii Semanding. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 5(1): 39-40.

Dari Skripsi/Thesis/Disertasi

Yulianti, R.A., Sumartini. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Strategi Lipirtup Melalui Media Reality Show “My Trip My Adventure”. Universitas Negeri Semarang.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v6i1.11072

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.