Peranan Budaya Lokal Dalam Materi Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA)

R. Panji Hermoyo, Suher M

Sari

Materi ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) masih sangat asing ditelinga sebagian masyarakat. Bahkan dikalangan akademik juga masih awam, karena mata kuliah ini masih baru dan belum banyak dikenal luas masyarakat. Buku ajar BIPA juga sangat terbatas, hanya kalangan tertentu saja yang memilikinya. Budaya lokal khususnya di Jawa Timur sangat beragam. Budaya lokal ini yang natinya bisa digunakan dalam materi ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing agar mahasiswa asing benar-benar seperti hidup dinegaranya sendiri. Tujuan penelitian ini adanya peranan budaya lokal yang dapat dijadikan materi BIPA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini tentang beberapa peranan budaya lokal Jawa Timur seperti; reog, karapan sapi, ludruk dan okol yang bisa dijadikan referensi pengenalan bahasa dan budaya Indonesia ke mahasiswa asing yang belajar di Indonesia. Sehingga dosen maupun guru yang mengajar mahasiswa asing lebih mudah mendidik dan mengenalkan  bahasa Indonesia.

KataKunci: budaya lokal, BIPA, materi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arwansyah, Bagas Yanuar, dkk. 2017. Revitalisasi Peran Budaya Lokal Dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/viewFile/1318/1025. Diakses 11 November 2017, pukul 13.00 WIB.

Brown, H. Douglas. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Pearson Educations, Inc.

Hermoyo, R. Panji. 2016. Register Pekerja Terminal Petikemas Surabaya. Stilistika. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Vol. 8, No. 1, Januari – Juni 2016. Halaman 48-67.

Izzak, Arif. 2009. Selayang Pandang BIPA Balai Bahasa Surabaya. Makalah disajikan pada Diskusi BIPA diselengarakan Universitas Muhammadiyah Surabaya, tanggal 9 September 2009.

Muliastuti, Liliana. 2016. Internasionalisasi Bahasa Indonesia melalui Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Makalah disajikan pada Konferensi BIPA Ke-1 diselengarakan Universitas Sebelas Maret, tanggal 14 Mei 2016.

Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.

Rahyono, F.X. 2009. Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta: Wedatama Widyasastra.

Suher dan Hermoyo, Panji. 2017. Pengembangan Materi Ajar BIPA Melalui Budaya Lokal Jawa Timur. ELSE (Elementary School Education Journal) Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Volume 1, Nomor 1, Oktober 2017. Halaman 48-56.

Sasha, 2016. Pengertian Budaya Lokal : Macam Macam dan Contohnya. http://artikel-az.com/pengertian-budaya-lokal/. , diakses 11 Nov 2017, pukul 15.45. WIB.

Widodo, Joko. 2016. Peran Budaya Dalam Membangun Bangsa Sangat Mendasar Karena Menyangkut Nilai-Nilai Kehidupan Yang Melandasi Sebuah Tatanan Masyarakat. Pidato Pawai Pesta Kesenian Bali ke-38 di Monumen Perjuangan Rakyat Bali. http://presidenri.go.id/berita-aktual/peran-budaya-dalam-membangun-bangsa.html, diakses 11 Nov 2017, pukul 15.15. WIB.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2b.1060

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.