Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Nur Khamidah

Sari

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas V dalam menulis puisi bebas. Hal ini disebabkan guru tidak menggunakan media pembelajaran yang dapat merangsang tumbuhnya ide/gagasan siswa saat menulis puisi. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti menggunakan media cerita bergambar dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan pelaksanaan aktivitas guru, hasil belajar siswa dalam menulis puisi, dan kendala serta solusinya dalam pembelajaran menulis puisi menggunakan media cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dan dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, tes dan catatan lapangan. Analisis data kualitatif dan kuantitatif dilakukan terhadap data aktivitas guru dan hasil tes belajar siswa, sedangkan catatan lapangn hanya sebagai data pendukung untuk merkam kejadian-kejadian selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada ketercapaian aktivitas guru maupun hasil belajar siswa di siklus II. Selain itu, kendala-kendala yang muncul saat pembelajaran berlangsung juga dapat teratasi sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cerita bergambar telah mampu meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V.

 Kata Kunci: media; cerita bergambar; kemampuan menulis puisi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ampera, Taufik. 2010. Pengajaran Satra (Teknik mengajar Sastra Anak Berbasis Aktivitas). Bandung: Widya Padjadjaran.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nur’aini Umri dan Indriyani. 2008. Bahasa indonesia untuk SD kelas V-A. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Riyadh, Sa’ad. 2011. Melatih Otak dan Komunikasi Anak (Meningkatkan Kecerdasan dan Kemampuan Anak Lewat Cerita). Jakarta: Akbar Media.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Subana dan Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, Berbagai Pendekatan Metode, Teknik dan Media Pengajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Action Classroom Research) Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2b.1059

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.