Membangun Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui 6 Kebajikan Positif Universal

Lita Ariyanti

Sari

Pendidikan merupakan pilar kokoh dalam negara. Kita sepakat bahwa pendidikan merupakan pilar atau pondasi penting bagi suatu negara, karena hanya dengan pendidikan kita dapat mengubah suatu negara menjadi lebih baik. Secara harfiah pendidikan dapat diartikan sebagai usaha untuk membentuk karakter melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter adalah suatu sistem yang meliputi pengetahuan, dan tindakan untuk melaksanakan penanaman nilai-nilai budi pekerti sehingga menjadi manusia yang memiliki budi pekerti yang baik seperti yang kita tau bahwa pendidikan karakter sangat ditekankan di Indonesia dan pendidikan karakter bukanlah hal baru dalam sistem pendidikan nasional Indonesia. Pendidikan karakter haruslah di mulai dari Sekolah Dasar karena jika karakter tidak terbentuk sejak dini akan sulit mengubah karakter seseorang. Pendidikan karakter di Sekolah Dasar dapat di galakkan melalui 6 kebajikan positif Universal yaitu (1) Kebijaksanaan - kekuatan untuk memperoleh dan menggunakan pengetahuan; (2) Keberanian - kekuatan untuk mencapai tujuan dalam menghadapi oposisi; (3) Kemanusiaan dan Cinta - kekuatan untuk berteman dan cenderung pada orang lain; (4) Keadilan - kekuatan yang membangun masyarakat; (5) Temperance - kekuatan yang melindungi dari kelebihan; (6) Transendensi - kekuatan yang menghubungkan kita ke alam semesta yang lebih besar. Dengan 6 kebajikan karakter positif Universal ini di harapkan dapat membangun karakter peserta didik khususnya di Sekolah Dasar.

Kata Kunci: karakter, positif, universal

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter. Jakarta: Indonesia Heritage Fondation.

Monks, F.J, dkk. 2002. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Yusuf, Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thomas Lickona. 2013. Pendidikan karakter panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Dr. Daniel Trussell and Danna Hallmark Rosana, 2012. 264 Character Building Activities for Kids.

AKH. Muwafik Saleh, 2012. Membangun karakter dengan hati nurani; Pendidikan karakter untuk Generasi Bangsa. Jakarta: Airlangga dengan Mac pro.

An Yunfeng, (2004), “Curriculum Materials Reviews,” Journal of Moral Education, Vol. 33, No. 4, December 2004: 625-629.

Arismantoro. (2008). Tinjauan Berbagai Aspek Charachter Building : Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter ?. Yogyakarta : Tiara Wacana.

Boggs, D. L. (1991) Civic Education : An Adult Education Imperative, in Rauner, M. (1999) Civic Education : An Annotated Bibliography, CIVNET

Miller, C 2003, ‘Social psychology and virtue ethics,’ The Journal of Ethics 7, pp. 365-392.

Peterson, C. & Seligman, M.E.P. (2004). Character Strengths and Virtues. Newyork. Oxpord University Press.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2b.1058

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.