Menghadapi Generasi Visual; Literasi Visual Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Dalam Proses Pembelajaran

Authors

  • Siti Nurannisaa P.B Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Tarumanagara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v1i2a.1043

Abstract

Berbagi macam literatur pendidikan menunjukkan bahwa penggunaan visual dalam proses pembelajaran menghasilkan tingkat belajar yang lebih optimal. Visual memiliki peran penting dalam membangun proses kognitif seseorang. Visual membuat pembelajar lebih mudah memahami konsep dan meningkatkan ingatan serta pemanggilan informasi. Premis dasar dari penelitian ini adalah konsep literasi visual, yang didefinisikan sebagai kemampuan untuk menafsirkan gambar sekaligus menghasilkan gambar untuk mengkomunikasikan ide dan konsep. Makalah ini memberikan pengantar tentang penggunaan literasi visual dan kajian mengenai pembutan instruksi yang menggabungkan berbagai komponen visual. Visual sebagai modalitas yang mendominasi sumber belajar perlu diperdalam lebih lanjut tentang bagaimana penggunaannya dalam proses pembelajaran. Pembuatan instruksional visual, dapat memudahkan pembelajar untuk mengidentifikasi, menseleksi, mengorganisasikan, atau membuat integrasi, kesimpulan atas sesuatu yang dipelajari. Tujuan kajian literatur ini adalah untuk merangsang minat dalam menggunakan perangkat visual dalam proses pembelajaran pengajaran dan pengembangan kemampuan literasi visual pembelajar. Seseorang perlu menggunakan keterampilan berpikir kritis, eksplorasi dan refleksi. Salah satu strategi untuk melatih keterampilan berpikir tersebut adalah mengaktifkan proses kognitif dari visual yang digunakan. Diperlukan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang visual, bagaimana penggunaan visual dapat membantu proses perkembangan kemampuan berpikir dalam pembelajaran.

Kata Kunci: berpikir, literasi, pembelajaran, visual.

References

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Braden, R.A. 1996. Visual Literacy. In D.H. Jonassen (Ed). Handbook of research for educational communications and technology. New York : Simon & Schuster.

Carey Jewitt. 2008. The visual in learning and creativity: a review of the literature . Arts Council England

Desmita.2006. Psikologi Perkembangan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

G. Salomon.1994. Interaction of media, cognition and learning. San Francisco, CA: Jossey-Bass. (Published again by Lawrence Erlbaum, 1994).

Kleinman, E. B., & Dwyer, F. M. 1999. Analysis of computerized visual skills: Relationships to intellectual skills and achievement. International Journal of Instructional Media, 26(1), 53-69. Retrieved December 26, 2001, from EBSCOhost database (Professional Development Collection).

Lohr, Linda L. 2003. Creating graphics for learning and performance : lesson in visual litetracy. New Jersey : Merrill Prentice Hall Levie, W. H., & Lentz, R. 1982. Effects of text illustrations: A review of research. Educational Communication & Technology Journal, 30(4), 195-232.

Puttnam, David. 2007. “In Class, I Have to Power Down.†The Guardian, May 8. http://www.guardian.co.uk/education/2007/may/08/elearning.schools. Diunduh tanggal 20 November 2017

P.S. Cowen. 1984. Film and Text: Order Effects in Recall and Social Inferences. Educational Communication and Technology.

Riddle, Johanna.2009. Engaging the eye generation: visual literacy strategies for the K-5 classroom. USA: Stenhouse Publishers

S. Pinker. 1997. How the Mind Works. New York: W. W. Nortan.

Suyono dan Hariyanto.2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

W. J. T. Mitchell. “Four Fundamental Concepts of Image Scienceâ€. James Elkins. Visual Literacy. New York : Taylor & Francis, 2009, h. 11-29

Published

2017-12-08

Issue

Section

Artikel