Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar

Kukuh Andri Aka

Sari

Pada dunia pendidikan Indonesia, globalisasi memberi dampak keharusan perubahan pada cara mengajar guru yang dulunya bersifat tradisional berbasis paper menjadi kini berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Fungsi TIK bagi guru antara lain, pertama, TIK dapat digunakan untuk membantu pekerjaan administratif (Word processor & Kebutuhan Wajib Tingkat Dasar, Spreadsheet). Kedua, TIK dapat digunakan untuk membantu mengemas bahan ajar (Multimedia). Ketiga, TIK dapat digunakan untuk membantu proses manajemen pembelajaran. Keempat, TIK dapat digunakan untuk dukungan teknis dan meningkatkan pengetahuan agar dapat mewujudkan self running creation (antivirus, tools, jaringan, , internet, dll). Beberapa jenis sumber dan media pembelajaran berbasis TIK yang dapat dimanfaatkan guru di sekolah dasar, antara lain adalah Komputer atau laptop, LCD (Liquid Crystal Display), Smart Television, Jaringan Internet, E-mail (electronic mail), Presentasi Power Point, CD pembelajaran, dan Smart phone. Untuk meningkatkan kemampuan kemampuan dalam memanfaatkan TIK, guru perlu terus melatih dan mebiasakan sesering mungkin pembelajarannya berbasis pada TIK, disamping itu, guru perlu mengikuti pelatihan-pelatihan guna meningkatkan pengetahuannya di bidang TIK ini.

Kata Kunci: teknologi informasi dan komunikasi, sumber belajar, sekolah dasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aka, Kukuh Andri. 2012. Problematika Pembelajaran PKn Pada Kelas IV SDN Segugus IV Kecamatan Kedungkandang Malang. SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Aka, Kukuh Andri. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Berorientasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial (Studi pada siswa kelas V SDN Sawojajar 02 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Arief, F. 2017. Globalisasi Pendidikan, (Online), (https://www.kompasiana.com/akrie_style/globalisasi-pendidikan_5500dc29a333117c6f512447), diakses 18 November 2017

Idrus, Ali. 2009. Manajemen Pendidikan Global, Jakarta: GP Press.

The Nielsen Company (US). The Nielsen Total Audience Report: Q1 2017, (online) http://www.nielsen.com/us/en/insights/reports/2017/the-nielsen-total-audience-report-q1-2017.html, diakses 18 November 2017

Hardianto, D. 2013. Telaah Kritis Pemanfaatan Teknologi Komputer Dalam Pembelajaran,(Online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Deni/Hardianto/ M.Pd./Telaah/Kritis/Pemanfaatan/Teknologi/Komputer/Dalam/Pembelajaran.pdf), diakses 11 April 2013

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Mugara, R. 2011. Meningkatkan kompetensi guru melalui penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Prodi Pengembangan Kurikulum. Universitas Pendidikan Indonesia.

Mulysa. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Smaldino, S. E. dkk. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar (edisi 9) (Triwibowo B.S, Ed.). Terjemahan Arif Rahman. 2011. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wardiana, Wawan. 2002. Perkembangan teknologi informasi di indonesia,” (makalah Seminar dan Pameran Teknologi Informasi FT Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Wijayanti, Inggit Dyaning .2011. Peningkatan Pendidikan Berbasis ICT. UIN Sunan Kalijaga: Yogyakarta


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2a.1041

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.