FKIP UMSurabaya

KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERKARAKTER LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KREATIF PRODUKTIF MELALUI LESSON STUDY

Sujinah -, Ngatmain -, Maria Endang Widyastuti, Pheni Cahya Kartika, Insani Wahyu Mubarok, R. Panji Hermoyo

Sari

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kreativitas dalam pembelajaran menulis puisi berkarakter lingkungan dengan menerapkan model kreatif produktif melalui lesson study mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Kreativitas yang dimaksud meliputi kreativitas dosen dalam pembelajaran, kreativitas mahasiswa dalam pembelajaran, dan kreativitas dalam puisi yang dihasilkan. Masing-masing kreativitas dilihat dengan menggunakan observasi, angket, penilaian produk. Penelitian ini dilakukan empat siklus. Kreativitas dosen dalam pembelajaran dari siklus ke siklus semakin meningkat, yang ditandai pada siklus 1 dosen bisa menghargai hasil pikiran kreatif siswa; pada siklus 2 dosen bisa membantu mahasiswa mengintegrasikan materi belajar kedalam situasi yang nyata; siklus 3 dosen lebih kreatif dalam pemanfaatan media belajar mereduksi hal-hal yang terlalu abstrak dalam materi belajar; dan siklus 4 dosen bisa membantu siswa
mengintegrasikan materi belajar ke dalam situasi yang nyata. Kreativitas mahasiswa dalam pembelajaran semakin meningkat yang ditandai dengan penggunaan media yang bervariasi dan adanya refleksi yang dilakukan pada setiap siklus dan kreativitas menulis puisi semakin meningkat, yang didominasi pada orisinal (tema, tipografi, gaya penulisan), kebaruan (tema, nama baru yang diciptakan sendiri, gaya penulisan), penggunaan imajinasi, emosi (kaya pengungkapan perasaan), simpati terhadap lingkungan, diksi, dan daya fantasi.
Kata kunci: kreativitas; kreatif produktif; menulis puisi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Basuki, A.M. Heru. “Pengembangan Kreativitas”. Makalah. http://sap.gunadarma.ac.id. Diunduh 19 September 2012.

Creswell, John W. 1994. Research Design: Qualitaive and Quantitative Approaches. Carlifornia: SAGE Publicatins.

Depdiknas. 2004. Pola Induk Pengembangan Sistem Penilaian. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007.“Pembelajaran Kreatif Produktif” . Makalah. Jakarta : Direktorat KetenagaanDirektorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Munandar, Utami. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Depdikbud dan Rineka Cipta.

Munandar, Utami. 1982. Pemanduan Anak Berbakat. Suatu Studi Penjajagan. Jakarta: CV Rajawali.

Mulyana, Slamet. 2007. “Lesson Study”. Makalah. Kuningan: LPMP Jawa Barat.

Nursisto. 2000. Kiat Menggali Kreativitas. Yogjakarta: Mitra Gama Widya.

Waluyo, Herman J. 2003. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia Pustaka.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v13i3.52

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.