Pengaruh Media Pick Me Terhadap Perkembangan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini

Isi Artikel Utama

Nidia Mufidati
Ratno Abidin
Naili Sa'ida

Abstrak

Media pick me merupakan hasil pengembangan dari media gambar seri yang dikemas menarik menggunakan benda-benda replika yang berada disekitar anak, sehingga media pick me merupakan suatu inovasi media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pick me dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik (kemampuan bercerita), yang menjawab bagaimana pengaruh media pick me dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik (kemampuan bercerita) sebagai rumusan masalah dalam penelitian ini. Metodologi penelitian mengunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest posttest karena hanya menggunakan satu kelas sebagai sampel penelitian dan adanya tahapan pretest, posttest sebagai proses pemerolehan data. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon yang memiliki kriteria jika Thitung<Ttabel maka Hα diterima. Hasil analisis data memperoleh nilai T hitung 0 dan nilai T tabel 40, karena 0<40 maka hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pick me terhadap perkembangan kecerdasan verbal linguistik (kemampuan bercerita).

Rincian Artikel

Referensi

  1. Jasmine, J. (2007). Mengajar Dengan Metode Kecerdasan Majemuk Implementasi Multiple Intellegences, Bandung: Penerbit Nuansa.
  2. Mustafa. (2009). Mengurai Variabel Hingga Instrumentasi, Yogyakarta: Graha Ilmu.
  3. Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah, Jakarta: Kencana.
  4. Sugiyono. (2015). Statistik Nonparametris Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.
  5. Soeparno. (1987). Media Pengajaran Bahasa, Yogyakarta: PT. nsan Pariwara.