MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI

Isi Artikel Utama

Chumi Zahroul
Windy Nur A

Abstrak

Chumi Zahroul F dan Windy Nur A

Dosen FKIP Universitas Negeri Jember

email: chumizahroul@yahoo.co.id

 

ABSTRAK

Penelitian ini menjelaskan proses belajar mengajar dengan menggunakan teknik pembelajaran kooperatif untuk membuat pertandingan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil studi dalam ilmu sosial subyek pengembangan studi teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Secara umum masalah tersebut berhasil diidentifikasi dalam IPS dalam belajar SDN 01 Jember Kaliwining yaitu guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk secara aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran dapat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kelas tindakan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk kelas 4 dan SDN 01 Kaliwining Jember terdiri dari 46 siswa. Pelaksanaan tindakan yang dilakukan oleh para peneliti. Penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. teknik pembelajaran kooperatif untuk membuat pertandingan dari siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, bekerja sama untuk mencari tahu jawaban atas masalah yang diberikan serta semangat para siswa akan lebih besar karena keterlibatannya dalam kegiatan pembelajaran. Dengan kegiatan belajar terlibat langsung dalam hasil belajar siswa akan meningkat.

 

Kata Kunci: metode kooperatif, aktivitas pembelajaran, dan hasil belajar siswa

 

ABSTRACT

This study describes the process of teaching and learning using cooperative learning techniques to make a match to increase the activity and results of the study in social science subjects study development of production technology, communications and transportation. In general the problem is successfully identified in IPS in learning SDN 01 Jember Kaliwining i.e. guru less provides the opportunity to students to be actively involved in learning activities. This research was done using the research action class. This research is aimed at grade 4 and SDN 01 Kaliwining Jember consists of 46 students. Implementation of the actions carried out by the researchers. Research done by observation, interviews, tests, and documentation. Data were analyzed using qualitative analysis techniques. cooperative learning techniques to make a match of students can play an active role in the learning activities, work together to figure out the answer to the problem is given as well as the spirit of the students will be greater because of his involvement in learning activities. With the learning activities was directly involved in the learning outcomes students will increase.

 

Keywords : cooperative learning, student activities, result of the study

Rincian Artikel