MEMBENTUK KOMUNIKASI YANG EFEKTIF PADA MASA PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Isi Artikel Utama

Panji Hermoyo

Abstrak

R. Panji Hermoyo

Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya

 

ABSTRAK

Komunikasi dilakukan oleh manusia dalam berbagai kegiatannya untuk mempermudah kehidupannya. Komunikasi sering dilakukan manusia yang sudah dewasa yang dianggap sudah mampu, pintar, dan cerdas. Komunikasi menitikberatkan pada komunikator dan komunikan dalam menyampaikan suatu pesan. Komunikasi untuk anak usia dini tentu berbeda dengan orang dewasa. Pada anak usia dini, komunikasi  harus selalu didampingi oleh orang tua ataupun orang dewasa. Hakikat Komunikasi  adalah proses pernyatan antarmanusia. Yang  dinyatakan itu adalah pikiran atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan  menggunakan bahasa sebagai penyalurnya. Pada anak usia dini, anak menjadi komunikator ketika sedang bertanya kepada orang tua, teman bahkan guru, isi pesan yang disampaikan anak didominasi oleh pikiran anak. Anak yang sering bertanya cenderung aktif dalam melihat atau mendengar sesuatu. Pada masa usia dini anak mengalami masa keemasan (the golden years) yang merupakan masa di mana anak mulai peka/sensitif untuk menerima berbagai rangsangan. Masa peka pada masing-masing anak berbeda, seiring dengan laju pertumbuhan dan perkembangan anak secara individual. Kata-kata pertama adalah ucapan seorang anak setelah mampu bicara dengan orang lain. Kata-kata pertama merupakan cara seorang anak untuk menyampaikan pesan kepada orang lain, biasanya dianggap sebagai proses perkembangan bahasa yang dipengaruhi oleh kematangan kecerdasan. Kematangan kecerdasan tersebut biasanya ditandai dengan kemampuan anak usia dini untuk menyusun kata dalam berbicara. Kemampuan ini akan terus berkembang jika anak usia dini sering berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Pada masa usia dini anak mengalami masa keemasan (the golden years) yang merupakan masa di mana anak mulai peka/sensitif untuk menerima berbagai rangsangan. Pada usia 0-2 tahun masa ini kemampuan anak terbatas pada gerak-gerak refleks, bahasa awal, waktu sekarang dan ruang yang dekat saja. Komunikasi yang efektif pada anak usia dini syaratnya antara lain; orang tua perlu memilih waktu yang tepat untuk berkomunikasi pada anak, bahasa yang digunakan harus bisa dimengerti oleh anak, sikap ketika berkomunikasi, jenis kelompok di mana komunikasi akan dilaksanakan.

 

Kata kunci: komunikasi, anak usia dini,  masa keemasan.

 

 

 

 

 

Abstract

Communication is done by humans in a variety of activities to facilitate life. Communication is often done adults who are considered capable, smart, and intelligent. Communication focuses on the communicator and communicant in conveying a message. Communication for early childhood is different from adults. In early childhood, communication must always be accompanied by a parent or an adult. Communication is the essence of human statement. It is one's minds or feelings to others by using language as distributors. In early childhood, children become communicators when being asked to parents, friends and teachers, the content of the message the child is dominated by a child's mind. Children are often asked tend to be active in seeing or hearing anything. At the early age children experience the golden age who is the child begins to sensitive to accept a variety of stimuli. Sensitive period for each child is different, along with the rate of growth and development of individual children. The first words are the words of a child after being able to talk with another person. The first words of a child are a way to deliver the message to others, usually considered as a process of language development is influenced by the maturity of intelligence. Maturity intelligences are usually characterized by the ability of young children to arrange words in speaking. These capabilities will continue to evolve if young children often communicate or interact with others. At the early age children experience the golden age is a period in which the child begins to receive sensitive to various stimuli. At the age of 0-2 years of a child's ability is limited to reflex movements, early language, time and space are now close it. Effective communication in early childhood condition, among others; parents need to choose the right time to communicate to the child, the language used should be understood by the child, an attitude when communicating, the type of group in which communication will be implemented.

 

Keywords: communication, early childhood, the golden age.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Andrianto, Dedy. Komunikasi Efektif Ortu Untuk Anak Usia Dini. Cahaya Ilmu. http://cahaya-ilmu.com/index.php/9-uncategorised/89-komunikasi-efekti-ortu-untuk-anak-usia-dini, diunduh 26 Februari 2014, pukul 11.15
  2. Academi, 1 Little. 2014. Komunikasi dengan anak. http://little1academy.com/File/N/Full/ 2226Komunikasi%20dengan%20Anak.pdf. diunduh 17 Mei 2014, pukul 11.11.
  3. Fiske, John. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
  4. Hayati, Nur. 2011. Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Belajar Psikologi. http://belajarpsikologi.com/aspek-aspek-perkembangan-anak-usia-dini/ diunduh 26 Februari 2014, pukul 11.17
  5. Uchjana E, Onong. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti