Meningkatkan Kognitif Anak Melalui Eksperimen Menanam Tomat Untuk Anak Kelompok B Di PAUD Melati Binaan SKB Parepare

Isi Artikel Utama

Novita Ashari
Tri Ayu Lestari
Ummul Khaeriyah
Ruzqiatil Hukm
Wiwi Aprianti
Sadjena Anjani
Hasmiati Hasmiati
Nurul Fatimah

Abstrak

Tujuan yang ada dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah eksperimen menanam tomat mampu meningkatkan kognitif anak Kelompok B di PAUD Melati Bianaan SKB parepare.. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data penelitian ini ialah peserta didik kelompok B usia 5-6 tahun di PAUD Melati Binaan SKB Parepare sebanyak 16 anak. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen pertanyaan atau pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan kognitif anak dari eksperimen menanam tomat. Seperti sebelum dilakukan eksperimen sebanyak 8 orang anak yang masih belum mengetahui langkah-langkah menanam tanaman tomat dan setelah eksperimen diberikan jumlah anak yang mengetahui langkah-langkah menanam tomat meningkat sebanyak 16 orang anak. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan eksperimen menanam tanaman tomat meningkatkan kognitif anak-anak kelompok B di PAUD Melati Binaan SKB Parepare.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Novita Ashari, IAIN Parepare

Fakultas Tarbiyah

Referensi

  1. Bui, F., Lelang, M. A., & Taolin, R. I. C. O. (2016). Pengaruh Komposisi Media Tanam dan Ukuran Polybag Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tomat (Licopercicum escelentum Mill). Savana Cendana, 1(01), 1–7. https://doi.org/10.32938/sc.v1i01.1
  2. Chairilsyah, D. (2018). Mengidentifikasi Indikator Kognitif Dan Membuat Instrumen Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. www.journal.uta45jakarta.ac.id
  3. Bui, F., Lelang, M. A., & Taolin, R. I. C. O. (2016). Pengaruh Komposisi Media Tanam dan Ukuran Polybag Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tomat (Licopercicum escelentum Mill). Savana Cendana, 1(01), 1–7. https://doi.org/10.32938/sc.v1i01.1
  4. Chairilsyah, D. (2018). Mengidentifikasi Indikator Kognitif Dan Membuat Instrumen Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. www.journal.uta45jakarta.ac.id
  5. Dewiastri, A. R., & Mulyana, E. H. (2020). Keterampilan Mengomunikasikan Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 50–70.
  6. Haryani, M. (2018). Penerapan Metode Eksperimen dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Gelora Mekar Tanjung Raya Lampung Barat. Raden Intan Repository. http://repository.radenintan.ac.id/5282/1/SKRIPSI MELI HARIYANI %284%29.pdf
  7. Ibda, F., & Pendahuluan, A. (2015). PERKEMBANGAN KOGNITIF : TEORI JEAN PIAGET. 3, 27–38.
  8. Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. ببب, 8(33), 37. http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf
  9. Nuraeni. (2013). Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA. Prisma Sains, 2(2), 4.
  10. Sri Sundari, Herviana, Marini, L. O. (2020). METODE PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF MELALUI MEDIA WHATSAPP GROUP DALAM PEMBELAJARAN KOGNITIF Sri Sundari 1 , Herviana 2 , Marini 3 , Lina Oktavianti 4 Abstrak.
  11. Studi, P., Islam, P., Usia, A., Pendidikan, J., Anak, I., Dini, U., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok B Di Kb-Tk Nurul Hikmah Kota Malang.
  12. Suarni, Haeruddin, D. A. I. D. (2016). Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Sifat Cahaya Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Balukang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(1), 16–32.
  13. Suminah. (1375). PENERAPAN BAHASA SANTUN TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI PAUD BUAH HATI KABUPATEN ACEH TENGAH. 1–26.
  14. Wahyu, K., Debita, D., & Rohmalina. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN METODE EKSPERIMEN BERCOCOK TANAM DI KELOMPOK B. Jurnal Ceria, 2(4), 115–121.