PELAKSANAAN PENGENALAN MATEMATIKA DI TK ABA SONO

Isi Artikel Utama

Febritesna Nuraini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran matematika di TK ABA Sono Sleman Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif naturalistic. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian dapat di simpulkan bahwa ; (1) pelaksanaan pengenalan matematika di TK ABA Sono telah berjalan dengan baik dengan diterapkan nya langkah-langkah umum dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan proses pembelajaran guru menekankan pada pemahaman konsep melalui kegiatan bermain. Penggunaan media dan metode dalam proses pembelajaran belum mendukung kegiatan belajar  anak. (2) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran mengenalkan matematika seperti: a) anak terlihat tidak terlalu semangat, b) media yang tersedia masih terbatas. 

Kata Kunci: matematika, Taman Kanak-kanak 

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Febritesna Nuraini, Universitas Ahmad Dahlan

PGPAUD, FKIP Universitas Ahmad Dahlan 

Referensi

  1. Chalesworth Rosalind. (2005). Experiences In Math For Young Children, Fifth edition: Tomson.
  2. Diana Mutiah, 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
  3. Hadari Nawawi. 2001. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: gajah Mada university Press.
  4. H.A.R. Tilaar.2005. Manifesto pendidikan nasional. (tinjaun dari prespektif Postmodernisme dan studi kultural). Jakarta: Kompas.
  5. Mumpuniarti & Pujaningsih. (2016). Pembelajaran Akademik Fungsional Dalam Konteks Pendidikan Khusus Orentasi Budaya. UNY press: Yogyakarta
  6. Milles, M.B., & Huberman, A.M.1992. Analisis Data Kualitatif. (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press. (Buku asli terbit tahun 1992, Baverly Hils: sage Publications, Inc).
  7. Smith Susan Sperry. 2006. Early Childhood Mathematics Fourth edition. Pearson
  8. Sri Indah Pujiastuti, (2013). Pengembangan kemampuan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Seni. Jurnal PAUD UNJ